{7 Wonders} Hipotermia dengan Pesona BROMO

Tangga Menuju Puncak Bromo - Tetep Bercelana Pendek
Bromo -  “Bodoh atau Bego” mungkin itu kata yang tepat mengambarkan diri ku saat itu. Sudah tau mau ke gunung tp malah ngak bawa perlengkapan tambahan, HELLO .... kita bukan ke pantai tapi mau ke GUNUNG BROMO dan kedatangan kita di bulan JULI - Agustus yang menurut orang sana merupakan puncak angin sehingga suhu udara akan berada di titik terendah alias DUINGIN BUANGET J.
Indah nya Karunia Tuhan
Bromo merupakan gunung yang masuk di 4 kabupaten yaitu Probolinggo, Malang, Pasuruan serta Lumajang dengan ketinggian 2.392 mdpl. Yang menarik dari Gunung Bromo ini yaitu diselengarakan nya upacara Yadnya Kasada atau banyak yg menyebutnya “UPACARA KASODO” yang berlangsung setiap bulan purnama antara tgl 14-16 dibulan kesepuluh penanggalan jawa.
Upacara berlangsung di Pura yg berada di kaki gunung bromo dilaksanakan malam hari dan upacara ini bertujuan untuk memberikan sesembahan atau sesajen untuk Sang Hyang Widhi dan para leluhur serta pemilihan kepala adat suku tengger.
Pura Tempat Upacara Kasodo
Dari Atas Pucak Bromo
Banyak pesona yang di tawarkan oleh Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) ini dan menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan termasuk gw yg keren ini #lebay. Kalo ngak salah sudah 5x datang ke Bromo dan selalu salah kostum yang membuat gw akhir nya mengigil kedinginan tak berdaya #halahhh J. Entah setan dari mana yang muncul sehingga setiap packing ke bromo selalu celana pendek dan kaos tipis yg di masukin ke dalam ransel #tragisss L.
Celana Pendek OK tp Mengigil
Puncak Bromo
Saat siang hari angin semilir memanjakan tubuh dengan desahan nya, tapi dimalam hari sukses bikin gw menggigil sampai pala pusing dan rasa nya mau pingsan. Udah diselimutin tapi tetep aja mengigil dan langsung teringat lagu nya Gita Gutawa yang “Hipotermia di Kutub Utara” tapi ini gw di Bromo cuyyyyy J. Hipotermia sendiri merupakan suatu kondisi dimana mekanisme pengaturan suhu kesulitan mengatasi tekanan suhu dingin, dan itu juga yang gw rasakan terhadap bromo. Gw kesulitan banget mengatasi mesti apa yg harus di ungkap kan ttg keindahan bromo .... SEMUA NYA JUARA.
Menuju Bukit Teletabis
Bukit Teletabis
Selain puncak bromo yang wajib di datangin, juga ada puncak pananjakan untuk melihat Sunrise yang bisa di akses mengunakan mobil Jeep sewaan sekitar Rp. 350.000. Pesona sunset nya begitu mengoda dengan penampakan Gunung Bromo sebagai point utama nya dan gunung arjuno + gunung welirang + gung semeru dari belakang samar2 memamerkan kemegahan, bener2 kebesaran Tuhan dengan segala karunia Nya.
Bikin Hipotermia Keindahan nya
Sunrise Pananjakan
Disana juga ada lautan pasir, bukit teletabis, padang savana dan pesona2 lain nya yang membuat gw beneran jadi makin mengila hipotermia mengagumi keindahanya J #maksa hehehe. Bisa mengunakan jasa ojek untuk bisa keliling2 di seputaran bromo yang banyak di tawarkan di desa cemoro lawang sebagai desa terakhir sebelum sampai di kawasan TNBTS. Penginapan juga banyak disana, mulai dari rumah penduduk sampai hotel pun juga ada yang berkisar antara 100k-500k/malam.
Lautan Pasir Dan Celana Pedek Terlihat Menawan #prett
Padang Savana
Oh yaa untuk sampai ke Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) cara nya mudah banget, kalo dari surabaya bisa melalui Terminal Bungurasih trus naik Bus jurusan Probolinggo/Jember/Banyuwangi (Rp. 27.000,-/Patas atau Rp. 17.000,-/Reguler) nanti turun di terminal probolinggo trus lanjut naik BISON atau Elf (Rp. 30.000,-) menuju desa Cemoro Lawang sebagai pintu gerbang nya TNBTS.
View Dari Desa Cemoro Lawang

95 comments:

  1. Bromo kalau malam sampai pagi jam 6 saja dinginya, jam 7 ke atas naik ke kawah badan sudah ngos-ngosan panas keringetan hahaha...

    gudlak, semoga menang :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dingin nya bikin gw mau pingsan ... makasih kakak atas doa nya :)

      Delete
    2. bromo oh bromo kopi panas bisa jadi kopi dingin :D

      Delete
    3. Tapi keren banget mmg bromo

      Delete
    4. wihhh om cumi cewe nya banyak yaa

      Delete
    5. dia playboy kak wkwkwkwkkw

      Delete
  2. Salam

    Berbagi Kisah, Informasi dan Foto

    Tentang Indahnya INDONESIA

    http://www.jelajah-nesia.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mari terus share ttg Indonesia :) .....

      Delete
    2. Ayukk kak, sebarkan infomasi tempat wisata indonesia

      Delete
  3. Hahahaha mantap banget dah berani pake kaos tipis sama celana pendek... kemarin aku lepas kaos tangan aja rasanya mau beku tuh tangan....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Beneran mengigil ampe pala pusing dan susah nafas. Lain kali mesti bawa perlengkapan tempur yg mumpuni ;-)

      Delete
  4. Anonymous14:23:00

    Wajar hipotermia lah wong mas cum cuman memakai kaos oblong sama sendal jepit winks3x

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untung cuman semalam, dah dihangatkan oleh sentuhan2 sesuatu hahaha

      Delete
  5. wowww..kmrn kesana pake double double dari kaki sampe kepala aja tetep menggigil...apa lagi kaos doank mas cum, wuiss top dah....

    ReplyDelete
    Replies
    1. TOP ampe mau pingsan menahan dingin nya ;-)

      Delete
  6. Bunuh diri kalo hanya bercelana pendek dan kaos tipis, kowe kok ono2 wae tho mas cum

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah untung ngak sampai bunuh diri kok #ngelanturrrr

      Delete
  7. ya iya lah hipotermia ke bromo pake celana pendek hahahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha ... Tapi keren kan :-> meskipun akhir nya mati rasa

      Delete
  8. Lah... kok ga ngajak Om Jaya Suprana sekalian mas. Sapa tau ke Bromo pake Celana Pendek itu dimasupin Rekor Muri

    ˘ ºˇ ώκώЌώκ ˚•☺•˚ώκώЌώk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sekalian ajak Bob Sadino yaaa, biar sekalian pake celan apendek massal hahaha.

      Delete
  9. Waktu ke Pananjakan nunggu sunrise sejak jam 4, suhunya sampe nol derajat. Udah pake jaket tebel saja masih menggigil, apalagi celana pendek. Nyari penyakit :)) Alhamdulillah masih selamat ya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah masih selamat dan makin keren, beneran mmg cari penyakit kalo celana pendekan ke bromo. Tuch pada pusing nya minta ampun kayak mau di pukul palu, susah merem dan mengigil banget.

      Delete
  10. Anonymous02:08:00

    Masih untung mas tdk sampai mimisan karena kedinginan. Lain kali mesti lengkap perlengkapan ke gunungnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah masih di beri keselamatan, iya lain kali mesti prepare yg lengkap dan ngak asal2an

      Delete
  11. Gak kebayang deh gimana dinginnya waktu pagi di sana yaa...

    ReplyDelete
    Replies
    1. DUINGIN BUANGET beneran menggigil bikin pala pusing waktu itu. Mesti pake sarung tangan jaket tebel dll

      Delete
  12. sudah kesekian kali saya ke jawa timur namun belum juga sempat ke Bromo, bikin ngiler nih tulisan. kapan-kapan saya minta kontak warga setempat agar mudah komunikasinya yah yah :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waduh sayang sekali, padahal tinggal selangkah lagi. Ayo kapan mau di laksanakan ??? hahaha Btw jgn pake celana pendek yaaa :)Kalo mau contact nya nanti kabari aja, pasti saya kasih

      Delete
  13. Wau...... keren Sob, berani banget pakai kaos tipis sama celana pendek di Bromo. Saya saja sampai pakai sarung tangan dan topi kolpo waktu di Bromo. Semoga potensi setipa wilayah Indonesia yang terangkat dari setiap sudut pandang para penulis dapat mebuat wilayah Indonesia dapat lebih dikenal dengan beragam keunikan dan keindahannya.

    Salam wisata

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amien ... semoga makin banyak yg bisa menikmati karunia Allah tapi dengan tetep menjaga nya tanpa merusak nya.

      Delete
  14. loe emang rada sinting, nekat tapi tdk perhitungan. Kalo kamu mati kan aku kehilangan dan bersedih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang penting aku selamat dan cintaku hanya untuk mu #ressssss

      Delete
  15. aku mupeng, belum sempet ke bromo. huhuhu.
    sukses untuk kontesnya ya ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo di atur waktunya buat ke bromo, btw makasih ....

      Delete
  16. Mantap mas cum, kapan mau ke bromo lagi ??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kapan2 ... kita bertemu lagi, kapan2 ... kita berjumpa lagi. Lw nanya mulu tp ngak perna mau ikutan #banyakalasan

      Delete
    2. Jutek amat mas, lagi mens yaa

      Delete
    3. Lagi deres2nya hari pertama .... PUASSS ???

      Delete
  17. Anonymous18:01:00

    heheh lucu foto naik kudanya :)

    kunjungan balik mas cumi, trims sudah mampir ya :)

    salam
    /kayka

    pasanganjerindo.com

    ReplyDelete
  18. Wah, untung rada montok, jadi Ada pelapis tambahan....hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jadi malu, tapi biar ada pelapis nya tapi tetep sexy kan ??? hahahaha

      Delete
  19. mantaps mas Adhi skrg jadi duta Pariwisata Indonesia, ampe tersohor ke Jerman, uhuuiii

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kak ulay jadi lebay dech hua10x, kok bisa sampai tersohor ke jerman ????

      Delete
  20. Gileee bener di bromo pake kaos tipis dan celana pendek...heroik banget mas haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Heroik .... Tp mengigil ampe pala pusing beneran hahahaha

      Delete
  21. mantap mas cumi perjalanannya..
    saya jadi teringat dulu waktu jaman kuliah.
    jalan-jalan kebromo.naik sepeda motor dari yogya kebromo.
    udah niat pengen menjelajah bromo malah mabuk perjalanan pas naik mobil hartopnya..
    sukses terus mas cumi jalan - jalannya...kapan kapan saya ikut ya..hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayuk kapan mau join, eh ke jogja boleh mampir ngak ??? pingin deh liat pembuatan oleh2 nya. Ntar aku ulas di blog hehehe

      Delete
    2. mau lihat pembuatan oleh - oleh apa mas cumi?monggo silahkan ke yogya..
      nanti klo senggang saya temanin mas cumi deh..jalan jalan keyogyanya

      Delete
    3. Aku sempet merapat ke blog nya, ternyata bikin cindramata dari kayu yaa ???? menarik sekali, pingin tau proses nya soal nya keren2 hasil nya

      Delete
  22. weh, kuat banget ke bromo pake celana pendek :| gak kedinginan itu mas cumi?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sedikit menggigil dan bikin pala pusing :)

      Delete
  23. ooo.... begini toh cara oom cumi pesugihan...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hua hua hua ... kalo cari pesugihan mesti ke gunung kawi ;-8

      Delete
  24. mas cumayyyyy.....aku tuh koq yah selalu terhibur berkat foto2mu :) bersama gank "gila" mu itu haha. pasti kalo ikut dalam tripmu aku sakit perut karena ngakak trus yaaa.......but i miss u "kolor" biru dipake pas naik kudaaaa hahahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaha .... padahal aku suka marah2 lho, tp alhamdulillah banyak yg nempel kemanapun aku pergi hehehe.
      Alhamdulillah kalo semua terhibur :-) yang celana pendek biru itu harus nya kita ke pantai yaaa, bukan ke gunung :(

      Delete
  25. Foto nya bagus2 banget Kak cum...apalagi yang pertama paling atas itu..
    liat keindahan bromo itu selalu bikin dag dig dug duehhhh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih ... Bromo mmg mempesona, bolak balik ke sini tp ngak perna bosan.

      Delete
  26. aih ini bromo cuma 3 kali ku datengin, lebih sering semeru deh, ga kehitung udah berapa kali.. dulu tiap 2 bulan pasti ke semeru.. abisnya bromo kog jadi "rame kaya pasar" banget ya gunungnya.. mogamoga ga banyak sampah..
    semoga menang mas cumi..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku mau ke semeruuuuuu tp sampai danau nya aja, pingin nongkrong2 ngak jelas di ranu kumbolo hehehe. Harus terealisasi tahun ini atau paling lambat awal tahun depan hehehe

      Delete
  27. Merasa malu jadi org Malang tapi ke Bromo baru sekali doank :(
    Itu poto2nya keren bangeeeeet!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jadi kapan ke bromo lagi ??? hahahaha, Btw makasih dah disanjung hehehe :)

      Delete
  28. Mas aku ngubek2 blog mu, sungguh luar biasa perjalanan-perjalananmu! :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hua hua hua ... aku malu di sanjung begitu #kedip2mata, Makasih dah sempetin mampir kesini :)

      Delete
  29. Replies
    1. Ember .... ayuk kapan jalan lagi ????

      Delete
  30. sy rencana tgl 12 agt ini ke sana, minta share no kontak sewa jeep donk? kan musim libur lebaran takut susah ato mahal. thx

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waduh aku ngak save no nya. Cuman banyak kok jeep nya, ada yg koordinir ;-)

      Kalo mmg ngak kebagian jeep bisa ngojek, cuman ngak sampai yg pananjakan 1.

      Delete
  31. keren reviewnya cukup bermanfaat nih buat para traveler indonesia yang ingin lebih mengenal banyaknya keindahan alam di negeri kita ini. Permisi saya juga mau share info tujuan wisata lainnya nih , di mohon komentarnya yang membangun. http://resturamadhandream.blogspot.com/2013/08/7-wonders-plengkung-alas-purwo.html

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih dah mampir ke cumilebay, yuk sama2 ikut mempromosikan pariwisata indonesia ;-)

      Delete
  32. Aku doain mas cum, semoga JUARA seperti yang kau bilang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih doa nya, lope lope deh

      Delete
  33. waaa kereeeen foto2 dan tulisannya.
    Hihi bikin saya jadi ikutan berlomba juga niiiih....tapi dah minder duluan soalnya yang ini mantap banget blognya huuhuhuhu T_T

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo ikutan juga, siapa tau beruntung. Lumayan kan hadiah nya hahah

      Delete
  34. bromo - bromo seakan menjadi teras rumah, karena seringnya kesana

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha ... kebetulan kalo mudik ke jatim kan deket. Dan juga temen2 suka maksa ngajak ke sini :)

      Delete
  35. Mas Adhi selamat ya masuk nominasi. Saya juga masuk (di no urut 2). Besok dateng kan ke Jiexpo? Mudah2an ketemu ya. Biar skalian kenalan :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, selamat juga buat kamu :) besok kalo datang pasti ketemu lah, kan tempat nya sama hahaha.
      Bismillah mudah2an Allah memberikan yg terbaik buat kita, apapun hasil nya itu Jalan Allah amien

      Delete
  36. Halo Cumii, salam kenal!
    Sayang yah kamu ndak lolos. kalo lolos, kita bisa gokil2an bareng di Terios7Wonders..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ihik ihik ihik ... Aku gagal wawancara kakak, sedihhhhh peluk aku #kepo

      Btw salam kenal juga, kapan kita bersua ??? Ajak aku jalan2 yaa kakak

      Delete
  37. Foto & ceritanya keren ...
    Semoga menang Cum ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Udah kelar, cuman masuk finalis aja hehehe

      Delete
  38. pesona Bromo emang bikin kangen.....

    ReplyDelete
  39. Baru 2 minggu kemarin ke bromo bareng temen2 seangkatan, dingin banget. Tapi emang oke sih, bikin ketagihan. Hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah kan bener, bromo mumpunyai daya pikat khusus hingga banyak yg jatuh cinta dan kembali lagi hehehe

      Delete
    2. bener2 keren, nice foto

      Salam,,



      magang jepang

      Delete
  40. DUHHH jadi ga sabar pengen kesono..untung baca ini dulu biar ga salah kostum :D thanks mas Cumi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jadi kapan mau kesono ??? jangan lupa ajak2 yaaa, ntar aku tunjukin tempat2nya hahaha

      Delete
  41. Hal yang wajib kalau ke bromo
    1. Jaket tebal. Sebaiknya dibalik jaket masih pake kaos lengan panjang, dan dibalik kaos lengan panjang masih ada singlet

    2. Sarung tangan. Bisa beli di Bromo, ada banyak penjualnya

    3. Kupluk. Seperti sarung tangan, juga banyak penjualnya

    4. Syal. Kalo ini agak opsional

    5. Kaos kaki. Biar kaki ga kedinginan.

    Kurang dari satu aja, BRRRRRRR deh. wkwk

    ReplyDelete
  42. rekeasi yang menantang
    wisata bromo the adventure tour
    makasih infonya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama2 makasih sudah berkunjung :-)

      Delete
  43. Yaaa Ampuunnn.... Mas, kesono cuma pake clana pendek??? Wkwkwkw

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya terus pusing kedinginan hahaha

      Delete

- Silahkan Tinggalkan Komen Yang Merangsang. Siapa Tau Kita Berjodoh, Nanti Aku Juga Kunjungi Kamu, Iyaaa Kamuuuuu

- Mau Ngobrol2 Seputar Dunia Nyata & Khayalan atau Kerjasama ??? Bisa Email ke toro2305@gmail.com


Jangan lupa follow IG & Twitter : @CumilebayCom

Best Regards
@CumilebayCom
toro2305@gmail.com