Sambel Wader yang bikin KELIMPUNGAN

Sambel nya Bikin Kelojotan
Sambel Wader Trowulan –  Obrolan ngak jelas bareng @alidabdul di twitter akhir nya sampai pada kuliner khas Trowulan Mojokerto Jawa Timur  yaitu sambel wader. Jadi teringat kelayapan 4th yang lalu bareng @tikupiku yang akhir nya membawa kita bertengger di Kolam Segara Trowulan dan kelaparan. Hasil reportase dengan masyarakat setempat mewajibkan kami untuk mencicipi masakan khas nya yaitu Sambel Wader.
Lokasi nya Dijalan Raya, Sebrang Kolam Segara
Kami merapat di salah satu deretan warung sambel wader di seberang Kolam Segara, pilihan jatuh pada “Warung Cak Mat Sambel wader & Botok”. Kedatangan kami yg terlalu pagi sekitar jam 8 disambut hangat oleh istri nya Cak Mat J yang sumringah melihat pelanggan pertama akhir nya datang juga hahaha. Langsung kami pesan 4 porsi sambel wader dan numpang ikutan ke dapur bantuin masak #jiwapembantunyakeluar atau mau mencuri resep ??????
Tika Nyobain Langsung Ikan Wader
Sambel nya Dibikin Langsung Jadi Fresh
Wader merupakan ikan kecil, kalo ngak salah nama nya ikan bilis yg hidup di air tawar atau sungai. Sejak dulu zaman majapahit warga trowulan menangkap ikan wader ini di Kolam Segara untuk dijadikan santapan lauk sehari-hari. Biasa nya ikan wader di goreng kering dan disajikan bersama sambel tomat tetapi sebelum di goreng, ikan akan di bersihkan dan di rendam dengan campuran bumbu2 warisan :-)
Ikan Wader Sebelum Di Goreng .. (foto dari blog nya www.anisahnurfajar.wordpress.com)
Ikan nya Mirip Teri Tapi Lebih Besar .. (foto dari www.bejubel.com)
Sambel Wader tergolong segar dan mengairahkan karena sambel nya langsung di uleg saat mau disantap, terdiri dari cabe rawit, bawang putih, bawang merah dan tomat kalo ngak salah pake terasi dikit. Oh yaa paling enak makan sambel wader ini bareng dengan belut goreng biar makin lengkap nikmat nya. Rasa ikan nya sendiri terasa gurih, renyah, ringan dan tentu nya tulang kecil nya bisa ikutan dimakan. Jadi bisa tuch kita kunyah atau telen ikan ini seutuh nya tanpa perlu takut kena duri layak nya kita makan ikan teri saja.
Rakus Banget Mas Cum !!!!
Wader & Sambal Perpaduan Yang Mengairahkan 
Saat pesanan kami pun datang, langsung kami santap dengan nasi yg panas #hmmmYUMMY dan ternyata nikmat banget bikin ngos-ngosan sambel nya. Blm kelar makan, langsung spontan mulut teriak “Mbak Mat nambah 3porsi lagi”. Ini nama nya kemaruk serakah tapi serius nich sambel + ikan nya bikin kelimpungan kelojotan dibibir saking Makjleb Endess. Dan harga nya pun lumayan murah, seinget ku cuman Rp. 8000,-/porsi (sorry dah 4th yg lalu jadi rada lupa). So Kalo ke berkunjung ke Trowulan menikmati sisa2 kerajaan Mojopahit, jangan lupa Sambel Wader Sebagai Pelengkap.

48 comments:

  1. Anonymous15:55:00

    Sama kayak ikan di danau singkarak bukan ??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kayak nya sama deh, bentuk n penampakan nya mmg kayak gitu. Coba yang orang padang mana suara nya ?????

      Delete
    2. Memamng Maknyus kita diajak sopir mampir waktu ke Majapahit Sept 2015 enak tenan jgn lupa pesen ikan gabus juga gurih nikmat .lupa mertua lewat

      Delete
    3. Ikan gabus juga enak kalo di goreng kering trus pake sambel makyusssss

      Delete
  2. akuuu mauuuuh :) astagaaa jadi kangen pengen wader

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku juga mau, sambel nya itu lho bikin nafsu banget. Apalagi ikan nya bisa langsung dimakan tanpa perlu mikirin durinya :)

      Delete
  3. Murah bener yak, seporsi hanya 8ribu. Itu mas cum masih minta diskon yaa ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mmg murah meriah dan aku ngak minta diskon lho hahaha btw mmg muka gw muka diskon ???? Kamu ngak sopan yeeee :)

      Delete
  4. Anonymous16:16:00

    koyoke enak mas, lek wong jowo pasti demen seng koyok ngene.

    salam kenal cah mojokerto

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal dari gresik :)
      Nich sambel mmg enak gila

      Delete
  5. Aaaaaahhh jadi pengeeeeen makan di Trowulan deh uhuuyyy,,, sekarang 10rb cak porsinya, entah BBM naik ikutan naik apa kagak hikssss....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo cuman 10ribu berarti masih murah, btw ajak gw dong kalo kesana hehehe

      Delete
  6. Anonymous17:06:00

    Saya pikir trowulan itu jawa tengah, ternyata mojokerto.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe ... rata2 mikir kalo peninggalan yg berupa candi2 pasti ke jateng. Padahal di jatim banyak banget lho :)

      Delete
  7. Haduh, malem2 jadi laper deh liat yg beginian..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku waktu milih foto buat posting ini juga langsung ngeces laper hehehe

      Delete
  8. Ohhhh ternyata bgitu penampakan ikan wader,krn ada temen hamil dan ngidam mkn ini ikan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ikan nya lucu imut kayak aku lho hahaha

      Delete
  9. ngecesss abis...siyal :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaha ... bikin sendiri aja di belgi sana. Btw di belgi ada yg jual terasi ngak ??? :-)

      Delete
  10. Replies
    1. Bagus kakak, banyak peninggalan mojopahit berupa candi2 yg terbuat dari batu bata merah. Yaaa banyangin aja kalo kita lagi keliling di Bagan Myanmar hahaha :)

      Delete
  11. Ooo 4 thn lalu, kalau di dobelin harganya tetap aja masih murah. Ngiler liat sambelnya :).

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya nich dah cerita usang yaa hahaha, tapi kata nya sekarang cuman 10ribu/porsi :)

      Delete
  12. Mas, kata nya mau pulang gresik yo ??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Insya Allah ntar puasa, lw mau kasih sponsor tiket pesawat ????

      Delete
  13. Cum, lw kan juga jago bikin sambel. Yuk masak2 kita

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayuk aja, kapan dan dimana ??? seklaian gw masakin shabu2

      Delete
  14. Pedesnya kira2 level berapa yah hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa diatur atau malah "ngak ngak ngak level" #7icon hehe

      Delete
  15. cepetlah datang Desember ^o^ Ga sabar ke Jawa Timur .....!!!nyobain smua makanan2 pedes ini ;p

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yuk mari, ditunggu kedatangan nya. Rencana mau kemana aja di jatim ???

      Delete
    2. blm banyak browsing sih.. tp yg pasti ke batu..trs mampir bntr ke bromo... ama gresik tempat tante.. dan sisanya, KULINER ^o^

      Delete
    3. kalo dah ke bromo mesti ke ranu kumbolo sekalian mbak, bisa naik ojek lho murah meriah hahaha. Kalo ke gresik jangan lupa sebut temen nya anak bupati hahaha :)

      Delete
  16. waah... tulisannya provokatif banget... ngilerr... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Marijo kita makan ba sambal wader ini, lezat nya tiado tara nya :-)

      Delete
  17. Kesukaanku wader inih. Dulu sewaktu gawe di Jember kami selalu nyari warung makan yang jual wader, enak joss gandosss.

    Ikan wader beda dengan ikan bilis. Ikan wader kalo bahasa sunda disebut ikan benteur.Nama ilmiah ikan wader/benteur adalah Rasbora argyrotaenia. Sedangkan ikan bilis bernama ilmiah Mystacoleucus padangensis.

    *horeee..gue pintar

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kamu ini kok muter2 yaaa,padang jember, pandawa dll ... aku jadi pusing kowe iki asli endi hahahaha. Tapi wader mmg enak dengan sambelpedes + nasi anget. Kqao ikan bilis di danau singkarak yee enak nya hua hua

      Delete
  18. Ya memang kerjanya dulu muter-muter. Sekarang aja gak muter, karena lagi job seeking. Aslinya aku? 100% Padang kota tercinta tiada duanya, jos gandos keren badai.
    Cumi udah pernah makan gulai kepala ikan karang? Kalo nyasar lagi ke Padang minta antar sama partner disana ke Bungus cari gulai kepala ikan karang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gulai kepala ikan mah dah sering makan tapi kalo yg di bungus blm pernah. Ajak aku kesana dong dong dong

      Delete
  19. wah....mantap tuh sambalnya.bikin keringetan aja.hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dan yang pasti juga bikin ketagihan ;-)

      Delete
  20. Manteep, bikin laper, sambelnya kelihatan maknyus n ikannya keliatan kriuk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sambel wader mmg beneran makyusssss juara

      Delete
  21. Terima kasih atas informasinya :)

    ReplyDelete
  22. wah, enak banget sambelnya bisa nambah nambah terus nih nasinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sambel nya juara banget dan beneran nambah nasi mulu hehehe

      Delete

- Silahkan Tinggalkan Komen Yang Merangsang. Siapa Tau Kita Berjodoh, Nanti Aku Juga Kunjungi Kamu, Iyaaa Kamuuuuu

- Mau Ngobrol2 Seputar Dunia Nyata & Khayalan atau Kerjasama ??? Bisa Email ke toro2305@gmail.com


Jangan lupa follow IG & Twitter : @CumilebayCom

Best Regards
@CumilebayCom
toro2305@gmail.com