Kupergi Hanya untuk SD Muhammadiyah Gantung

Replika SD Muhammadiyah Gantong
Laskar Pelangi Belitung Timur – Dulu mungkin belitung timur ataupun SD Muhammadiyah Gantung tidak lah punya arti di mata masyarakat dan juga tidak lah seterkenal sekarang. Tapi seiring ngetop nya dan menjadi BOX OFFICE film “LASKAR PELANGI” yang mengambil setting disana, maka akhir nya Kota Gantung di Belitung Timur ini menjadi daya tarik wisatawan yang cukup mumpuni, bahkan kota tetangga nya Manggar juga ikutan terkenal dengan julukan 1001 warung kopi.
Jl. Laskar Pelangi
Ada Petunjuk Arah

















Jujur gw ngak begitu suka wisata kayak beginian contoh ke museum atau bisa di bilang wisata sejarah karena gw demen nya bengong2 ngak jelas di pinggir pantai, tapi karena gw di lahirkan dan di besarkan di lingkungan Muhammadiyah. Akhir nya gw rela ikhlasss nyetir dari bandara tanjung pandang sampai menuju Gantung hanya pingin melihat replika SD Muhammadiyah Gantung yg tersohor karena film “Laskar Pelangi”. 
Dibelakang Gw,  Inilah Lokasi Sesungguh nya 
Sekarang Jadi MTs Muhammadiyah
Sekolah SD Muhammadiyah Gantung ini tempat penulis novel “Laskar Pelangi” Andrea Hirata menuntut ilmu masa kecil nya. Dilokasi dulu SD Muhammadiyah Gantung ini, sekarang berdiri Madrasah Tsanawiyah (MTs) Muhammadiyah Gantung. Oh yaa di jalan menuju Replika SD Muhammadiyah ini ada petunjuk nama jalan yang juga tertera beberapa kalimat yang sangat mengena.
Gw tertarik banget dengan kata2 berikut “Laskar Pelangi menandai jejak-jejak perjuangan pendidikan anak-anak Indonesia” trus dilanjutkan “Jejak itu di mulai dijalan ini, jalan yang menjadi saksi bahwa anak-anak indonesia bukanlah anak yang mudah menyerah”.
Diatas Bukit Berpasir Putih
Ada Danau diSebelah Kanan Gedung Sekolah
Dan yang bikin gw ngakak jumpalitan sambil koprol kayang adalah ada nya tulisan di paling bawah “PENULIS LASKAR PELANGI, ANDREA HIRATA TINGGAL DI JALAN INI”. HELLOOOOOO ..... kayak nya penting banget yaa sekarang orang buat eksis sampai perlu di tulis begitu hahahaha J. Gw juga ngak mau kalah ah, mau bikin tulisan di Mall Ambasador, rencana nya mau nulis "Hai ... Anak Bupati Gresik Suka Makan Siang Disini"

Replika SD Muhammadiyah Gantung sekarang berdiri diatas bukit tanah lapang berpasir putih dan di samping danau yg menawan. Bentuk bangunan nya sangat memprihatinkan, terdiri dari dua ruang kelas yg pada ancur dengan banyak coretan liar. Sisi kanan luar dinding nya di topang kayu penyangga agar tidak roboh karena sudah doyong peyot J. Didepan ruang kelas yang terbuka terdapat papan yang bertuliskan SD LASKAR PELANGI serta papan nama bercat hijau bertulis “SD MUHAMMADIYAH GANTONG”.
Berantakan
Disanggah Kayu Biar Ngak Roboh
Jujur miris banget, melihat replika ini yg di biarkan tak terawat. Padahal karena replika inilah yang mengawali daya tarik wisatawan untuk berkunjung ke Belitung Timur. Harus nya pihak masyarakat atau Pemda nya menjaga aset ini agar daya tarik wisatawan nya juga makin nyaman dan meningkat, kalo replika ini dibiarkan hancur dan roboh maka orang juga akan males datang ke belitung timur.
Foto Keluarga "Cumi Dugong Kelayapan"
Semoga Dipelihara Dengan Baik

52 comments:

  1. Dont know what to comment tp belitung termasuk rapi n bersih jalanannya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yap, bersih nya di gantung ini bikin nyaman meskipun sepi banget hahaha

      Delete
  2. Hebat, ih, menyetir sampai ke Gantung.

    -@p49it-

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku kebetulan demen banget road trip gini, kapan lalu ke toraja juga nyetir dari makasar bareng temen2. Trus perna ke bromo dari jakarta nyetir :)

      Delete
  3. duhh miris banget kayu nya sampe musti ditopang begitu ya om cum

    ReplyDelete
    Replies
    1. Asli nya juga mmg dah miris berantakan, seperti saat film nya laskar pelangi juga keliatan kalo semi2 ancur.

      Tapi sekarang kok yaa makin berantakan n makin ancur. Kalo bisa yaa di pelihara, kan lumayan buat daya tarik wisatawan nya. Mungkin masyarakat setempat ngak merasakan dampak nya, tapi setidak nya pemerintah yg ikut andil :-)

      Delete
  4. Anonymous00:57:00

    Seandainya mas cum bukan muhammadiyah, kira-kira mau kesini tidak ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mikir 1000x, kalo ngak ada tawaran yg asyik yaa pasti malessss hahaha

      Delete
  5. Mas, besok aku cari di mall ambas ttg tulisan anak bupati nya. Mau foto disana he1001x

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hadehhhh ... kamu itu yoooo

      Delete
  6. Cumi, nafsu kalo liat Muhammadiyah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaha ... jadi malu :)Maklum gw punya tanggung jawab moral untuk ikut serta membesarkan Muhammadiyah waks3x #kaburrrr

      Delete
    2. Jawabanmu diplomatik banget, cocok mmg jadi anakbupati

      Delete
    3. Alhamdulillah yeee, semua orang mengakui kalo gw anak bupati hahaha

      Delete
  7. Itu foto keluarga "Laskar Mendung"...wkwkwkw

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha .... Iya nich. Saat kita disana awan nya malu2 mendung tak jelas :)

      Delete
  8. Replies
    1. Foto kamu lagi di singapore atau bangkok ???? hahahaha

      Delete
  9. keadaan seperti itu begitu menjual untuk dijadikan novel, film, atau apalah yang membuat org terenyuh. pertanyaanya, dari sekian kisah tentang keadaaan di sekolah ini, apkah yang sudah dikontribusikan pihak yang telah mengkormersilkannya. hmm..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini juga yang jadi pertanyaan kami kmrn, apakah ada konstribusi nya terhadap sekolahan MTs Muhammadiyah sekarang !!! Kami sempet berkunjung ke Mts nya tapi ngak menemukan orang yg bisa kami tanyai karena jam pelajaran lagi berlangsung.

      Delete
  10. Mas, aku suka sama kaos nya. Beli dimana ??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ambil aja punya gw, keren kan bekas anak nya bupati gresik. Aku lego cuman 1jt aja hahaha

      Delete
  11. Gantung itu bukan kota geh Bang. Masih kampung koq
    wkwkwk

    Oya, emang replikanya sengaja dibuat begitu, biar dramatis *digaprok kayu penyangga

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waduh bukan kota yaaa hehehe, maaf kalo salah :D

      Delete
  12. Sayang banget itu bangunan disia-siakan.., seharusnya dirawat yang baik dan dijadikan obyek wisata kan keren..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener sekali mas, aku aja liat nya miris banget.

      Delete
  13. Duh salut sama mas ini :D ajak-ajak atuh mas hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahah ... ayuk kapan ada waktu, kita jalan bareng :)

      Delete
    2. Jangan percaya, aku lho tdk perna diajak #kaburr

      Delete
    3. @Bram : Kamu bawel n banyak permintaan jadi males ngajak nya. Anak kecil kok demen nya ribet aja

      Delete
  14. haloo anak bupati gresik, hahahaa LOL!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai hai .... Knp manggil2 ??? Blm dapat jatah RASKIN yaaa ??? Hahaha

      Delete
  15. mas mas serius kamu anak bupati gresik
    anak pejabat neh
    ciyee

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jangan di pertegas lah, kau kan bisa liat dari pancaran aura ku hahahha :-D

      Delete
  16. Quote : "Hai ... Anak Bupati Gresik Suka Makan Siang Disini" <----------- oke, emphasis artikel yang luar biasa bro! congats ._.

    huahahahahah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bagaimana mas dimas ???? keren kan anak bupati hahahha

      Delete
  17. Ngences kepikiran ke belitung tapi belum kesampaian hahaha,,, berharap ada direct flight dari surabaya ke belitung hahahaha *ngareppppp*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dari jakarta aja ngak papa, ntar mampir ke cumilebay dulu hahaha :)

      Delete
  18. Wah, sayang sekali ya
    emg slalu bkin miris negeri ini

    btw artikelnya sangat menarik ni dbca ndan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mudah2an akan ada kesadaran dari kita semua untuk ikut melestarikan apapun yg memang pantas di lestarikan heheh.

      Btw makasih dah berkunjung ....

      Delete
  19. wah dijadikan musium juga ya bekas maen pelmnya heheh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yap ... mudah2an aja terawat

      Delete
  20. pengeeeeennn kesanaaah :cry: :cry: :cry:

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo bunda berangkat, ajak si kecil juga hehe

      Delete
  21. Anonymous11:49:00

    Benar terharu ngeliat SD Muhammadiyah ini . yang terbayang di aku adalah semangat dan kemauan tinggi anak-anak Muhammadiyah Laskar pelangi yang bisa bikin dunia buka mata .....
    Inilah penerus KHA. Dahlan sejati

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yap penerus Kh Achamad Dahlan, "Besar2kan lah Muhammadiyah tapi jangan cari penghidupan di muhmmadiyah"

      Delete
  22. ngakak pas baca: “PENULIS LASKAR PELANGI, ANDREA HIRATA TINGGAL DI JALAN INI”. HELLOOOOOO ..... kayak nya penting banget yaa sekarang orang buat eksis sampai perlu di tulis begitu hahahaha" <--- zaman sekarang mah penting banget mas yang eksis kayak ginian :D . ayo jangan mau ketinggalan mas Cumi :D masak cuma mereka yg bisa :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku ntar bikin tandingan nya kak, tunggu aja yaaa bakal bikin patung yg keren ganteng ttg cumilebay di bunderan HI hahaha

      Delete
  23. Gw percaya cumilebay anak bupati, bupati ngeres lan asik, wkwkwk...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kok ngeres ?? kalo ngeres yaa disapu dulu biar bersih hahaha

      Delete
  24. Sekarang banyak kumbangnya, eh kumbang apa tawon ya, yang melubangi kayu2 di replika ini, so kudu bilang pait.. pait.. pait.. eh manis (soalnya disebelah ada cewe manis) hahahai...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jadi sipakah ce manis itu ??? akankah kau ajak kepelaminan ??? #kepo

      Delete

- Silahkan Tinggalkan Komen Yang Merangsang. Siapa Tau Kita Berjodoh, Nanti Aku Juga Kunjungi Kamu, Iyaaa Kamuuuuu

- Mau Ngobrol2 Seputar Dunia Nyata & Khayalan atau Kerjasama ??? Bisa Email ke toro2305@gmail.com


Jangan lupa follow IG & Twitter : @CumilebayCom

Best Regards
@CumilebayCom
toro2305@gmail.com