Banyak Kata di MUSEUM Andre Hirata

Sangat Menginspirasi
Museum Kata Belitung – Seiring terkenal dan fenomenal nya film “Laskar Pelangi” akhir nya membawa dampak terkenal pulau Belitung dan khususnya Belitung Timur tempat film ini di buat. Dan sang novelis “Andre Hirata” yang merupakan penduduk asli Desa Langgeng, Gantung Belitung Timur juga akhir nya makin kreatif dengan membangun sebuah MUSEUM KATA-KATA atau MUSEUM ANDRE HIRATA, untuk melengkapi kunjungan budaya wisatawan yang ingin melihat replika sekolahan SD Muhammadiyah Gantung yang menjadi latar belakang film “Laskar Pelangi”.
Rumah Yang Dijadikan Museum
Wajid Dikunjungi











Lokasi nya di Jl. Laskar Pelangi No. 7 Gantung Belitung Timur, sekitar 1,5 jam dari kota Tanjung Pandan Belitung. Dekat dengan lokasi asli SD Muhammadiyah Gantung berdiri sampai sekarang ini, yang merupakan tempat Andre Hirata dulu menimba ilmu. Lokasi nya di depan mesjid, dan dikenakan biaya masuk cuman Rp. 2.000-/orang. Kita bisa puas membaca atau menikmati foto-foto yang terpasang di dinding-dinding rumah.
Ruang Tamu

Banyak guratan sang empu yang menurut gw sangat keren, menginspirasi, bijak ..... pokoke Te O Pe Be Ge Te. Antara lain nich :
  1. Sembarang orang yang merogohkan tangannya disembarang tempat kedalam tanah dangkal aluvial, akan mendapatkan lengannya berkilau seperti sisik ikan bulan, timah !! Harta Karun Raja Brana !!
  2. Saat itu aku menyadari bahwa kami sesungguhnya adalah kumpulan persaudaraan cahaya dan api. Kami berjanji setia dibawah halilintar yang menyambar –nyambar dan angin topan yang menerbangkan gunung-gunung. Janji kami tertulis pada tujuh tingkatan langit, disaksikan naga-naga siluman ang menguasai laut cina selatan. Kami adalah lapisan-lapisan pelangi terindah yang perna diciptakan Tuhan.
  3. Jika kau tidak berani bermimpi, hidup sama dengan mati.
  4. Sekolah adalah kesempatan, berkah dan kegembiraan.
  5. Bermimpilah karena Tuhan akan memeluk mimpi-mimpi mu.
Ruang Tengah
Sekolah Adalah Kesempatan, Berkah Dan Kegembiraan
Dan masih banyak lagi kata2 dan foto yang di pamerkan di Museum Kata-Kata Andre Hirata. Museum yang di dominasi warna putih dan terbuat dari kayu ini terdiri beberapa ruangan, antara lain ruang tamu, ruang tengah, 2 kamar yang di ubah jadi ruang pamer juga, dan dapur yang di isi benda2 kuno seperti meja, kursi, gitar dll.
Inspirasi
Museum Kata ini di dedikasikan Andre Hirata untuh ayah dan ibu nya yaitu N.A Masturah Seman dan Seman Said Narun. Oh yaaa museum ini diharapkan tidak hanya menjadi museum kata-kata tapi menjadi museum budaya untuk masyarakat Belitung.
Ruang Belakang
Ruang Belajar
Dapur

34 comments:

  1. anak kampung yg jadi orang besar. Andrea Hirata memang inspirasional banget x)

    http://febrinasilalahi-piakacangitem.blogspot.com/

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yap bener sekali, meskipun rada narsis hahahaha :)

      Delete
    2. Narsis kayak mas cumi yaa

      Delete
    3. Alhamdulillah narsis gw kan sesuatu :-)

      Delete
  2. Anonymous23:51:00

    Oh potongan foto-foto film nya terangkum semua di museum ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yap kayak nya begitu, banyak pengalan2 film nya ada di sini

      Delete
  3. ckckckc..keren banget sampe punya museum di andre hirata.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Turis Cantik kapan kira2 punya museum sendiri ???? hahaha

      Delete
  4. Andrea Hirata saking menginspirasinya sampe ada kloningannya juga ya...mas cum gag foto sih sama kloningannya...hehehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tragis banget tuch co, sampai penampilan nya aja di bikin mirip andrea hirata. Bener2 ngak punya jati diri ... Manusia oh Manusia

      Delete
  5. Anonymous13:39:00

    Lokasinya di sekolahan muhammadiyah ??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Diseputaran situ, kebetulan gantung itu kan kecamatan kecil jd hanpir semua orang tau kok lokasi nya

      Delete
  6. Dahulu kala masih belum ada museum nya waktu aku datang kemari

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini masih baru, zaman lw kesana blm ada. Tp ngak perlu kok datang lagi hehehe, soal nya cuman gitu doang #halahhhhhhh

      Delete
  7. Tiket masuknya murah sekali, ga yakin bisa menutupi biaya perawatan museumnya, semoga pemerintah setempat mensupport juga :).

    ReplyDelete
    Replies
    1. Retribusi nya untuk biaya kebersihan nya aja. Kayak nya untuk lain2 nya disupport ama andrea hirata nya #mungkin

      Delete
  8. Museum yang unik dengan kata-kata yang keren ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yap, banyak kata2 yg bermakna bagus :)

      Delete
  9. agak narsis sih..cuma wajar ya secara dia donatur utama gitu loh..:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe ... kayak nya zaman sekarang narsis itu di wajibkan yaa mbak :-)

      Delete
    2. Anonymous00:16:00

      Narsis perlu asal jangan sampai najis kan mas ??

      Delete
    3. Kalo najis kayak nya kamu aja dech hahahaha

      Delete
  10. Gue nonton film ini justru di TV Nasional Belanda, yg kebetulan channelnya bisa gw akses di Belgia. Lucunya udah di dubbing ke bahasa Belanda :-)

    never been in Belitung but i will :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku juga nonton di tipi dan itupun ngak sampai selesai ;-)

      Ayuk kalo ke indo lagi, wajib ke belitung. Btw dah balik kan ???

      Delete
  11. Museum kata-kata...ide yang unik...gak kepikiran ada kayak gitu :)

    ReplyDelete
  12. Ini salah satu bucket listku :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga cepet terlaksana Amien :)

      Delete
  13. sampe ada museumnya gini ya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. yap sebagai pendukung wisata nya :)

      Delete
  14. Kalo di tempat beginian, mas cum pasti buru2 mau pulang alias kagak betah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha ... tau aja lw, gw masuk bentar trus ke mesjid di sebrang museum ini

      Delete
  15. pengen bangettttt kesini :((((

    ReplyDelete

- Silahkan Tinggalkan Komen Yang Merangsang. Siapa Tau Kita Berjodoh, Nanti Aku Juga Kunjungi Kamu, Iyaaa Kamuuuuu

- Mau Ngobrol2 Seputar Dunia Nyata & Khayalan atau Kerjasama ??? Bisa Email ke toro2305@gmail.com


Jangan lupa follow IG & Twitter : @CumilebayCom

Best Regards
@CumilebayCom
toro2305@gmail.com