Sekejap Mata di TONDANO

Indah nya Tondano
Danau Tondano – Hampir saja terlupakan kalo gw perna kelayapan sampai ke danau terbesar di Sulawesi Utara yaitu Danau Tondano yang luas nya mencapai 4.278 hektar. Sampai akhir nya uprek2 folder foto dan nemu beberapa foto ttg tondano ini. Jadi inget kelayapan ama “Bebekelana” aka Swarie berduaan keliling ke Waruga, Tondano dan Tangkoko dll. 
Selamat Datang di Tondano
Dipertigaan Patung Korengkeng Sarapung Menuju Tondano
Untuk bisa sampai ke Danau Tondano ini cara nya cukup mudah sekali, bisa melalui Tomohon atau ambil arah ke Bitung. Kebetulan kami ambil arah ke Bitung karena mau sekaligus mengunjungin Waruga di Air Madidi. 
Jadi dari kota manado ambil arah ke Bitung sejauh 15 Km nanti ketemu pertigaan Air Madidi belok ke kanan lurus setelah ± 7km akan ketemu Objek Wisata Waruga nanti lurus lagi ± 15km akan ketemu Kota Tondano, nah danau nya ngak jauh dari kota ini di kelilingin perbukitan dan sawah2 yang sangat elok dan berhawa sejuk.
Damai & Tenang


Gadis Tondano Cantik 















Danau Tondano berada di ketinggian 600 Mdpl sehingga hawanya bener2 terasa sejuk dan di kelilingin pegunungan yang rata2 memiliki ketinggian 700 meter sehingga bentuk nya kalo diliat secara menyeluruh akan mirip seperti BASKOM BESAR. Pegunungan yang mengapit nya antara lain Pegunungan Lembean, Gunung Kaweng, Bukit Tampusu dan Gunung Masarang.
"Bebekelana" aka Swarie
Dikelilingin Bukit & Gunung
Kami hanya sekejap mata dan tak kurang dari 30 menit mengunjungin tondano, karena terburu2 mengejar waktu untuk cabut ke Nusa Lembeh dan Tangkoko di daerah Bitung. Tapi persinggahan kami yang sekejap bisa melihat kalo Ce Tondano putih2 dan cantik2 J #resssss, mungkin karena hawa daerah nya yang dingin dan sinar matahari yg malu2 jadi mereka bisa putih2 hahahaha #ngasal.
Rumah di Tepian Tondano
Mirip di Belanda
Rumah nya Ada Cerobong Asap
Yang paling bikin gw takjub sech saat melihat 2 rumah kalo diliat dari penampilan nya mirip banget seperti rumah di negara belanda #soktau di tepian danau tondano, karena rumah nya mempunyai cerobong asap rumah ini keren bener terbuat dari kayu dengan 2 tingkat dan di kelilingin semacam kolam air dan di sekitar nya nampak sawah2 yg menguning jadi semakin menambah KEREN nich rumah J. Rasa nya pingin numpang nginep yaa 2 malam aja tapi gratis hahahaha J, next time kalo kesana lagi akan kita coba tanya apa rumah nya disewakan buat pejalan seperti gue + swa ini.
Banyak Keramba
Oh yaa di pingiran danau tondano juga banyak terdapat restoran serta penginapan yang disewakan, rumah2 penduduk yg mengelola keramba budidaya ikan tawar seperti ikan mujaer, ikan mas dll dan juga ada budidaya eceng gondok yang tumbuh subur disana. 
Rasa nya wajib kalo berkunjung lagi ke tondano untuk santai menikmati secangkir kopi hangat dan cemilan ringan sambil menikmati sejuk nya hawa dingin di pinggiran danau tondano yang sangat elok ini.
Budidaya Ikan Mujaer

30 comments:

  1. Anonymous13:04:00

    Gadis tondano putih2 dan orang manado menyebutnya gadis gunung

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha ... tapi mereka cantik2 lho :)

      Delete
  2. Anonymous13:12:00

    Salam kenal dari Bitung Sulut

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal juga dari jakarta :)

      Delete
  3. Mas cum, itu mbak swa asli nya tondano atau bandung ??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kasih tau ngak yaaaa ???? hahahaha Swa yaa asli palembang jawa

      Delete
  4. Cumi, kapan ajak kita ke manado ??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku ngikut aja, kaulah bikin trip nya :)

      Delete
  5. Makcum .. ane kagak sempet ke tondano, nafsu ke lembeh nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe ... mesti ngulang lagi lho

      Delete
  6. emang kaya baskom besar yaa? :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kayak nya sech begitu hahaha #maksa

      Delete
  7. wow .. jadi kebayang nginep di di dekat danaunya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak, aku pingin nginep di rumah belanda nya.Suasana nya tenang dan damai :)

      Delete
  8. itu yang jaket coklat asli tondano ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jaket coklat peranakan jawa palembang hahaha

      Delete
  9. Mas cum, kalo mau ke rumah belanda nanti aye ikutan dong

    ReplyDelete
    Replies
    1. Males ngajakin lw, biang kerok lw nya :)

      Delete
  10. Replies
    1. Iya rumah nya kayak rumah panggung yang terapung

      Delete
  11. pasti udaranya sejuk disitu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sejuk banget + terasa damai :)

      Delete
  12. Sejuk bngt ya...mudah-mudahan aku bisa ke sana ya mas cum...aminnn

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jangan lupa ajak anak bupati gresik kalo mau kesana yaaaa :)

      Delete
  13. suka sama si rumahhh.....tanyain mas bisa nginep disitu ato engga... #eh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cius mbak, aku suka banget dan pingin nginep disitu. Ntar kita kesan bareng yaaa hahahaha

      Delete
  14. Mungkin karena di Danau Tondano itu dingin ya, makanya di rumah-rumah penduduk ada perapian segala.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kayak nya sech begitu, tapi serius nich keren banget 2 rumah itu :)

      Delete
  15. Saya pernah melewati dan mampir, walau sejenak,....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang penting udah pernah lewat yaaa hehehe

      Delete

- Silahkan Tinggalkan Komen Yang Merangsang. Siapa Tau Kita Berjodoh, Nanti Aku Juga Kunjungi Kamu, Iyaaa Kamuuuuu

- Mau Ngobrol2 Seputar Dunia Nyata & Khayalan atau Kerjasama ??? Bisa Email ke toro2305@gmail.com


Jangan lupa follow IG & Twitter : @CumilebayCom

Best Regards
@CumilebayCom
toro2305@gmail.com