Miris & Tragissss di Danau KAOLIN yang Memukau

Indah tapi MIRISSSS
Danau Kaolin Belitung  -  Saat pesawat Citilink yang gue tumpangin memasuki pulau belitung, kami melihat dari atas pesawat terdapat banyak lubang-lubang mengangga bekas galian tambang kaolin maupun timah yg menurut gue sangat tragis dan miris banget. Rasa nya sedih melihat Tanah Indonesia hancur lebur untuk memperkaya orang2 tertentu L dan di tinggalkan begitu saja tanpa ada nya proses reklamasi atau pengembalihan lahan seperti sedia kala.
Timbunan Kaolin
Dan apa yang gue liat dari atas pesawat, akhir nya kami buktikan saat mendarat di Tanjung Pandan atau Belitung. Kami singgah di salah satu lokasi penambangan kaolin di Jl. Murai (sekitar 10 km dari Bandara HAS Hananjoedin arah kota Tanjung Pandan, posisi sebelah kanan dan masuk ke Jl. Murai sekitar 0,5 km). Lokasi ini penambangan terbuka jadi siapa saja bisa melihat danau kaolin ini, lokasi nya persis dipingir jalan jadi tinggal berhenti di pingir jalan dan foto2 J.
Bekas Galian Dibiarkan Terbuka Tanpa Ada Reklamasi
Kaolin sendiri berasal dari kata Gao-lin yang merupakan sebuah bukit di Jingdezhen Provinsi Jiangxi Cina, disana kaolin di gunakan untuk bahan dasar keramik cina. Kaolin di manfaatkan sebagai mineral, dimulai sekitar 1867 di Sungai Jari aliran Sungai Amazon Brazil. Kaolin sendiri sekarang di gunakan sebagai bahan industri seperti kertas, kosmetik, pasta gigi, makanan, cat dll. Kaolin di sukai karena sifat nya yang halus, bersih, putih, kuat serta daya hantar listrik + daya hantar panas yang rendah.
Menanti Mentari di Kaolin
Jujur dalam hati gue menjerit melihat banyak banget lubang2 bekas penambangan ini di biarkan saja tanpa ada proses mengembalikan nya menjadi hijau. Ada nya penambangan kaolin memang membuka lapangan pekerjaan buat masyarakat sekitar dan meningkatkan perekonomian. Hutan kita di babat gundul dan tanah nya di keruk buat tambang kaolin. Tapi apa jadi nya kalo akhir nya lubang bekas penambangan itu di biarkan begitu saja ???? Apakah ini yang akan kita wariskan buat anak cucu kita nanti ????
Sekilas Nampak Seperti Gunung Bromo
Saat kami mengunjungin danau ini mmg terlihat sangat cantik, berwarna hijau tosca di terangin langit yang biru menyala. Menambah pesona Danau Kaolin ini, kami foto2 narsis sampai hitam terbakar matahari J, sebagai objek foto mmg tempat ini juara banget  TETAPI TIDAK sebagai kekayaan alam yang akan kita warisan buat anak cucu kita ihik100x L. 
Menawan Tapi Tragissss
Gue cuman berharap ada tanggung jawab dari para pengusaha penambangan ini untuk mengembalikan bekas tambang yang mereka buka agar di hijaukan kembali daerah sekitar seperti sedia kala serta hewan2 yang dulu ada di sekitar nya juga di kembalikan ke habitat nya sesuai peruntukan nya. Gw sadar banget kalo lubang bekas galian tambang ini ngak mungkin lagi di tutup di kembalikan menjadi hutan seperti dulu tapi setidak nya ada usaha dari pengelola untuk tidak membiarkan saja itu menjadi semacam kubangan. MARI LESTARIKAN ALAM INDONESIA.

58 comments:

  1. Replies
    1. Mari "Save Belitong" dan selamatkan Bumi Indonesia hahaha :)

      Delete
  2. Cantik tapi sedih ihiks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yap, miris banget liat kondisi tanah2 penuh lubang dan dibiarka begitu saja :(

      Delete
  3. olala langitnya keren ya cum cuman sayang kondisinya udah ngak terjaga too bad ;(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lokasi yg kita datengin ini masih di tambang lho, tragis banget bumi kita ancur. Pertambangan itu penting tp kelestarian alam wajib hukumnya.

      Jadi ke 2 nya mesti seimbang, silahkan kelola kekayaan alam tp lestarikan juga :)

      Delete
  4. Coba lo tweet ini lo punya artikel towel pak Ahok suruh towel ke temen2nya di belitung sana mak cum

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku takuttttt .... Takut ntar aku di suruh jadi Bupati Belitung :) hahahaha

      Delete
  5. Replies
    1. Mas Cumi mmg selalu keren lho hahaha .... Makasih Dek Io :)

      Delete
  6. btw, kalimantan lebih parah lagi kerusakannya gara2 tambang, mau jadi apa negeri ini masa depan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya itu lah mental orang kita, mau nya mengeruk keuntungan sebesar2nya tanpa memikirkan nanti kedepan nya mau di jadikan apa negeri ini :(

      Delete
  7. foto nya bagus kok cum. tapi gak ada orangnya. ngambilnya dari mana mas cum? :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ngambil di pasar jatinegara, beli 3 kg aja kok :) #PUAS ??? hahahaha

      Delete
  8. Mirip sama Bangka. pas gue ke sana dari atas udah kayak bekas cacar..bolong-bolong gitu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener2 miris .... sedih rasa nya :(

      Delete
  9. Replies
    1. Bener apa nya ????? yg jelas kalo ngomong :)

      Delete
  10. Rada waras otak loe cum ??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hmmmm ... mmg selama ini gw ngak waras ??? yg bener yee kalo ngomong #murka

      Delete
  11. Replies
    1. Satajuuu apaan toch kak ??? hahaha

      Delete
  12. Viewnya emeng keren...tapi sayang..ckckck

    ReplyDelete
  13. awannya keren tapi miris denger ceritanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener2 miris kalo ampe alam kita rusak karena pertambangan yg tak bertanggung jawab :(

      Delete
  14. Di Jogja, ada pemandangan yang tak jauh beda Kang

    http://hidup.mblusuk.com/341-Bukitku-Tak-Lagi-Tinggi.html


    Ini dampak nyata dari penambangan. Kalau bumi terus ditambang, so pasti bakal hancurrrr...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Penambangan mmg tidak bisa di hindarkan untuk menunjang kehidupan kita, tinggal bagaimana melaksanakan tambang itu secara bertanggung jawab :)

      Delete
  15. Beneran tragis mas, kalo alam kita rusak

    ReplyDelete
  16. Landscape jadi bagus, tapi bikin bagusnya merusak alam dan ga ada perbaikan. Sama juga boong jadinya ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yap, miris banget karen aharus ada yg di korbankan :(

      Delete
  17. fotonya oke oke...two thumbs.. jd pengen segera ke sana...btw bener bener miris.com kondisi alamnya :( kapan ya baru pada sadar dan mau menjaga harta alam di bumi Indonesia??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo buruan berangkat, sebelum danau ini berubah jadi kubangan hahaha

      Delete
  18. tempatnya memang indah sekali .. tapi sayang yaa kalo di buat area pertambangan ..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yap tempat nya mmg keren banget tapi panas nya juara bikin gosong :-)

      Delete
  19. menyedihkan melihat lingkungan rusak.. kapan pembangunan memperhatikan kelestarian lingkungan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah kah ... itu juga yg sama dalm pikiran ku, kapan pemerintah konsen terhadap lingkungan macam nich ????? Tapi harusnya para pengusaha juga sadar akan dampak yg di timbulkan

      Delete
  20. indah ya kak tapi rusak... kaya perempuan2 yg mangkal di pinggir jalan *eeh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wakssss ... itu perempuan kagak rusak, cuman nakal aja hehehe

      Delete
  21. uhhh mas Cumiyy kece pake hati ahay ha hay.. mantap dah favorit saya emang pejalan tak berujung inih hehehe... mas torri jadi duta lestarikan hijau lgi daahh... eningnya bikin pengen teriaakk Ayo Jaga Indonesiaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Duch jadi lebay deh kamu hua hua hua ... Yuk ikut lestarikan indonesia :-)

      Delete
  22. Indahnya Indonesia, saya suka saya suka.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Indonesia mmg cakep, mari sama2 jaga keindahan nya :-)

      Delete
  23. sungguh miris dan tragis :v

    ReplyDelete
  24. Sungguh tragis.
    Kalau di Bandung, ini tuh semacam Kawah Putih ya bang?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo kawah putihkan alami, kalo ini buatan manusia menghancurkan hehehe

      Delete
  25. Save Belitung... Save Indonesia

    ReplyDelete
  26. Itu gunungnya sekilas kayak bromo ya? Keren. :)

    ReplyDelete
  27. Sedih..tapi keren,,,jadi harusnya gimana Om Cumi? harus kita benerin lagi ato gimana ? aku tetep penesaran kesini..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Keren banget tempat nya tp terlalu banyak lubang2 yg di biarkan mengangga begitu saja. Harus nya ada proses reklamasi atau apalah gitu hehe

      Delete
  28. Awal melihat foto danau Kaolin, kukira danau di negara bersalju. Ternyata ini di INDONESIA :)

    ReplyDelete
  29. wahhh deket rumahku itu ,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ntar mampir yaa kalo ke belitung hahaha

      Delete

- Silahkan Tinggalkan Komen Yang Merangsang. Siapa Tau Kita Berjodoh, Nanti Aku Juga Kunjungi Kamu, Iyaaa Kamuuuuu

- Mau Ngobrol2 Seputar Dunia Nyata & Khayalan atau Kerjasama ??? Bisa Email ke toro2305@gmail.com


Jangan lupa follow IG & Twitter : @CumilebayCom

Best Regards
@CumilebayCom
toro2305@gmail.com