Gangan Ketarap di Rindu PANTAI

Gangan Ketarap
Gangan Ketarap – Berkunjung ke daerah di Bumi Indonesia ini, rasa nya tak lengkap tanpa mencicipi kuliner khas lokal nya. Begitu juga ke Belitung, ada masakan lokal yang sangat nikmat dan khas sekali yaitu GANGAN KETARAP atau lebih mirip SOP IKAN. Kami mencoba menelusuri warung-warung di Pantai Tanjung Tinggi atas refrensi dari Mas Rudi pemilik Kelayang Cottage tempat kami menginap.
RM. Rindu Pantai 
Pilih Ikan nya Dulu
Dan sepulang hopping island dari pulau lengkuas, akhir nya kami singgah ke RM. Rindu Pantai yang lokasi nya di depan PantaiTanjung Tinggi untuk mencicipi Gangan Ketarap, eh rm rindu pantai ini merupakan warung penjual makanan seafood jadi berbagai masakan seafood ada disini tapi yg khas belitung yaa gangan ketarap karena yang lain cuman cumi saos tiram, udang goreng tepung, ikan bakar dll.
Mari Potooooo
Gangan Ketarap ini terbuat dari Kepala Ikan Ketarap, harga nya bisa mencapai Rp. 125.000,-/kg, oh yaa daging dari badan ikan ketarap biasa nya di gunakan untuk bakso ikan atau somay ikan, sedangkan kepala nya di gunakan untuk memasak gangan ketarap ini. Secara keseluruhan sech bisa di bilang mirip banget sama Sop Kepala Ikan yang di sajikan di RM Padang J tapi rasa nya beda lebih segar, pedas dan lebih berbumbu.
Sambel nya Manisssss
Rp. 40.000,- untuk Cumi 1 Porsi
Bumbu-bumbu untuk membuat gangan ketarap juga mudah banget di dapat, bumbu nya antara lain kunyit, asem jawa, gula merah, serai, lengkuas, kemiri, terasi, bawang merah, bawang putih. Coba aja bikin sendiri pasti rasa nya ancur hahahaha J, tapi jujur secara pribadi gw kurang begitu sreg ama rasa nya karena terlalu berat cita rasa nya sedangkan gw demen nya masakan yang ringan bumbu dan pedas.
Gangan Ketarap - Terlihat Kepala Ikan nya
Ikan Bakar nya Rp. 90.000,-
Kami juga memesan cumi saos tiram, ikan bakar bumbu, cah kangkung dan cah genjer. Secara keseluruhan makanan nya sech habis tapi ngak juara banget, rasa nya terlalu berani buat kami semisal kunyit nya bener2 terasa dominan sehingga rada2 bikin gw mual J. Tapi buat kalian yg berani bumbu mungkin masakan ini enak banget, maaf yaaa selera kami berbeda L.  
Cah Kangkung - Rp. 15.000,-

Cah Genjer - Rp. 15.000,-


Untuk harga yang di bandrol di RM. Rindu Pantai ini lumayan rada mahal di bandingkan tempat seafood langganan gw yaitu Seafood Kalimati atau Seafood Santa 68. Semisal aja nich untuk Gangan Kepala Ketarap 0.9 kg harga nya Rp. 120.000,- Ikan Bakar 0,6 kg seharga Rp. 90.000,- sedangkan Cumi Saos Tiram Rp. 40.000,-/porsi, untuk cah kangkung Rp. 15.000,-/porsi dan cak genjer Rp. 15.000,-/porsi.
Makan dan Habiskan

Lokasi nya di Pantai Tanjung Tinggi

29 comments:

  1. Langsung ngiler kangkung

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kebanyakan makan kangkung bikin ngantuk hahaha :)

      Delete
  2. aku kemari juga, tp makan indomie hahahahaa...
    abis makan seafood mahal wkwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha .... enakan makan indomie nya :)

      Delete
  3. duhh mahal amat makanannya cum ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. mahal itu relatif hahahaha

      Delete
  4. Mas Cum .. Knp kalo makanan tdk pedas pasti selalu di bilang kurang JUARA ??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Suka2 gw lah, mau suka apa aja .... demen banget ngurusin orang hi1000x #kabursambilkayang

      Delete
  5. Untung kita cuma pesan 1 kepala ikan, pdhl rencana nya 2 yaa. Bisa tdk habis kalo 2 mangkok.

    Rasa nya mmg kurang begitu :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untung banget ... rasanya kurang sesuai di lidah

      Delete
    2. Dan juga MAHALLLL :(

      Delete
    3. Mahal itu relatif kan mbak ???? #kaburrr

      Delete
  6. Untung waktu kesana tdk cobain masakan ini jadi tdk menyesal hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tapi wajib dicoba lho sebagai wujud pelestarian kuliner nusantara :G

      Delete
    2. Bener mas, harus dilestarikan kuliner kita dari pada nanti hilang

      Delete
  7. Anonymous11:48:00

    Rasa nya mmg kayak gitu mas, tiap daerah kan pasti beda bumbu dan seleranya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya semua nya mmg selera yg berbeda tapi ada temen ku yg bilang enak juga kok :-)

      Delete
  8. Q aja yg masak.. Lebih enak dr rindu pantai.. Hahahaa..
    Kangen sama Gangan.. Cm di setu bekasi susah nyari ikanNya.. :'(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Serius bisa masak ??? hahahaha .... yuk kita makan2 xixiixx

      Delete
  9. Enakan makan sambel SS yaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh iya kita makan di SS, kayak nya perlu di review disini nich hahaha

      Delete
  10. mantap mas cum kuliner nya

    ReplyDelete
  11. Do you ever go to Belitung Island? If not, then try it. It is very beautiful, peaceful. For more informations about Belitung Island, you are welcome to belitunginfo.com.

    ReplyDelete
  12. i like gangan
    i like lempah kuning
    Rasa e Muanteeepppp

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo aku lebih suka rasa yg lebih light, gangan ini terlalu berempah jadi agak sedikit eneg hahaha #BedaSelera

      Delete
  13. Anonymous20:06:00

    wah iya inih inget pas ke belitung sama pacar, doi suka banget makan ini makanan. klw ane kurang suka, masih setia sama pecel ayam dimanapun dan kapanpun berada.
    kopi manggar nya baru luarbiasaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wakssss selara mu jawa banget demen nya pwcel ayam hahaha

      Delete

- Silahkan Tinggalkan Komen Yang Merangsang. Siapa Tau Kita Berjodoh, Nanti Aku Juga Kunjungi Kamu, Iyaaa Kamuuuuu

- Mau Ngobrol2 Seputar Dunia Nyata & Khayalan atau Kerjasama ??? Bisa Email ke toro2305@gmail.com


Jangan lupa follow IG & Twitter : @CumilebayCom

Best Regards
@CumilebayCom
toro2305@gmail.com