Sempat ter TUNDA ke POSTPONE Island

Kalo Ngak Mau Kepanasan, Bisa Berenang Sambil Berpayung
Pulau Tunda – Tak tanggung-tanggung butuh waktu 5 th yang akhir nya membawa gw dan rombongan Cumi Dugong Kelayapan sampai ke sini. Yaaa tahun 2008 sempet punya niatan berkunjung, tapi karena sibuk trus lanjut kelayapan ngak jelas + tak berujung akhir nya pulau ini terlupakan. Padahal jarak nya tidak begitu jauh dari Ibu Kota Jakarta, yaaa Pulau Tunda atau banyak yang menyebut POSTPONE ini hanya 2 jam perjalanan laut dari Kota Serang Banten.
Pelabuhan Karangantu Serang
Perjalanan diMulai Pukul 24.15 dari Pelabuhan Karangantu
Pulau Tunda merupakan pulau kecil yang luas nya sekitar ±300 heaktar dengan 3500 jiwa penduduk yang terdiri dari 1 desa yaitu Desa Wargasara yang meliputi 2 dusun (Kampung Barat & Kampung Timur). Kebanyakan penduduk nya sebagai nelayan, bercocok tanam palawija. Disana hanya ada sekolahan SD, SMP dan Madrasah dalam 1 atap, sedangkan  untuk SMU kebanyakan penduduk setempat milih melanjutkan pendidikan ke Kota Serang.
Selamat Datang di Postpone Island

Pelabuhan Pulau Tunda

Tempat Kita Nebeng Nginap

Dan akhir nya rombongan Cumi Dugong (21 manusia standart + 1 Anak Bupati Gresik aka Cumi) menginjakan kaki juga di Pulau Tunda, di bantu oleh jasa besar nya Mas Anshor Ronaldo (keren bener nich nama, beliau ini putra asli penduduk pulau tunda). Untuk bisa sampai ke pulau tunda cara nya lumayan gampang, dari kota serang bisa naik angkutan umum menuju ke Pelabuhan Karangantu tarif nya cuman Rp. 3.000,- di lanjut mengunakan kapal umum rute Karangantu – Pulau Tunda dengan tarif Rp. 15.000,- yang jadwal keberangkatan nya setiap senin, rabu dan sabtu, pukul 14.00 dari Karangantu dan pukul 08.00 dari Pulau Tunda. Tapi kelayapan kami kali ini mengunakan kapal motor sewaan milik Mas Anshor Ronald selama 2 hari, sekalian untuk snorkling keliling pulau tunda.
Mas Cumi Yang Keren Hahahaha
Aku lah Sang Lumba-Lumba



SiLUmba-Lumba Yang Unyu









Yang membuat gw tertarik untuk datang ke pulau ini sebenarnya pingin melihat keindahan bawah laut nya yang keren dan masih terawat,  plus banyak ikan sehingga banyak  wisatawan yang hobby mancing singgah di pulau ini trus di tambah menurut cerita kalo pulau ini merupakan lintasan lumba2 jadi kemungkinan besar ketemu lumba2 itu sangat besar. So ...... Kita buktikan apa yang kami dapat dan rasakan disana !!!!!!
Lautnya Tenang Jadi Enak Buat Snorkling
Keren & Utuh 
Ternyata bener, seharian kami berkeliling pulau untuk snorkling di 6 spot yang berbeda dan Alhamdulillah semua nya keren, karang nya utuh meskipun ada sedikit yang rusak.  Dan menurut gw, ini merupakan bawah laut paling bagus yang perna gw liat di sekitar pulau seribu. Banyak terdapat karang meja yang besar2, ikan nya banyak bervariasi + soft koral nya lucu dan unyu hehehe J eh kami sempet ketemu kerang besar sepeti dalam film Jinny Oh Jinny. Yang agak sedikit di sayang kan yaitu visibility air nya agak rada kurang bagus, mungkin karena cuaca angin dan ombak sehingga pasir nya keangkat, padahal selama kita jumpalitan di laut kondisi ombak nya tenang.
Ayo Nyebur !!!!!!!
Karang Meja nya Besar
Dan yang paling membuat kami bener2 berteriak kegirangan adalah kami ketemu beberapa gerombolan lumba-lumba yang menari-nari dari jarak ±50 meter kapal kita dan itu berlangsung lama. Saat kami turun snorkling pun, lumba-lumba ini menemani kami dari kejauhan. Thanks God atas semua karunia dan segala keindahan yang Kau ciptakan J.

Mercusuar
Padang Rumput
Diatas Mercusuar "Nuniek, Maukah Kau Jadi Selingkuhanku ???"
Pulau Tunda ini masih belum begitu terjamah akan pariwisata, padahal 1 jam perjalanan dengan kapal motor dari pulau ini, kita akan sampai ke pulau tidung. Dimana tidung sudah ramai dan bener2 menjelma menjadi pulau tujuan wisata. Kami berharap pulau tunda ini juga akan berkembang menjadi tujuan wisata seperti pulau2 di kepulauan seribu lain nya. Banyak potensi yang bisa di kembangkan di pulau ini è ada mercusuar, garis pantai yang panjang meskipun kondisi nya sekarang kurang begitu mengairahkan (apabila di kelola  dengan baik mungkin bisa menjadi seperti Pantai Pasir Perawan nya Pulau Pari), alam bawah laut yang mengoda indah nya serta atraksi lumba2 dll J.
Kerang Jinny oh Jinny
Btw thanks banget buat keluarga besar Mas Anshor Ronald dkk yang mau kita repotin, rumah nya kami jadikan tempat menginap J plus numpang makan + minum + mandi dll serta mau nganterin kami keliling pulau untuk kelayapan ngak jelas hahahaha (jangan kapok yeee kalo kita datang lagi J), mudah2an setelah kami datang ini PULAU TUNDA makin rame di datangin wisatawan seperti obrolan kita saat main kartu UNO.
Dan temen2 Cumi Dugong Kelayapan yang join è Delisa, Tikka, Randi, Yanni Rachkee, Nuniek, Marlina, Tarsis, Moko, Tejo, Arief, Denny, Iyus, Ade, Yanni KW, Teddy, Intan, Eva, Esther, Juju, Desi ...... Thanks u So Much & Lope Lope J.
Tampak Hamparan Pasir Melingkari Pulau


81 comments:

  1. Replies
    1. Pusing milih foto nya, nich foto semua nya ancur ngak ada yg OK punya :(

      Delete
  2. Oh emang kaga ada ya..gw pikir komputer gw yg rusak...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha ... sengaja nich blm pilih2 foto, sabar yaaaa :)

      Delete
  3. Lagi dan lagi aku tidak di ikut sertakan #nangis

    ReplyDelete
    Replies
    1. Males ngajakin lw, kebanyakan mikir mulu

      Delete
    2. Ah mas cum bilang aja kalo sirik kala pamor ama aku

      Delete
    3. Hadehhhhhhhh .....

      Delete
  4. Juara banget Pulau Tunda ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah ... semua ada berkah. Bukan begitu mbak nuniek ????

      Delete
    2. Btw itu maksud pasang foto gw ama arief apaan ??? trus knp jadi selingkuhan ???

      Delete
    3. hmmmm ... lw mau nya jadian beneran ?? ayo jawab jujur.

      Delete
    4. Eh bu dokter jadian ama temen nya tarsis ya ??

      Delete
    5. Nich anak kecil ngekor aja demen nya

      Delete
    6. Aduh kok makin panjang, ane pilih NO COMMENT aja lah

      Delete
    7. bram tursad mo aku kenalin ke arif...??

      Delete
    8. Ayuk ... ajak ketemuan aja, mau di Bakmi Meong atau Mia Ayam Roxy ????

      Delete
  5. itu cumi blagu yg berenang doang aja pake payung?...:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha ... iseng banget pake payung :)

      Delete
  6. eh baru denger tentang pulau ini.
    keren keren! :D

    http://febrinasilalahi-piakacangitem.blogspot.com/

    ReplyDelete
    Replies
    1. Keren banget, seru ketemu lumba2 nya :)

      Delete
  7. dulu nyaris bgt kepulau tunda dan tertunda juga kesananya, ternyata bagus bgt pulaunya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo buruan berangkat, jangan sampai 5 th lagi kesana nya hahaha :)

      Delete
  8. Anonymous09:19:00

    Ga pa@ Standart....tapi standart nya Presiden kaaaannnnn......

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kok namaku ga muncul????huhuhuh

      Delete
    2. Tuch dah muncul, btw standart anak pak RT aja yee :)

      Delete
  9. aku jg baru tau gara2 postingan ini
    hihihi
    *malu*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo di segerakan ke pulau tunda nya :)

      Delete
  10. keren banget underwaternya...apalagi foto yang snorkelling pake payung...#aneh bin nyleneh binti unikk...hahahahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hua hua hua hua ... ya aku kan hanya menghibur biar kalian bahagia #prettttt

      Delete
  11. hahahah pake payung ni yee

    ReplyDelete
    Replies
    1. Biar ngak kebakar, maklum anak bupati hahaha

      Delete
  12. Tempatnya indah sekali, berombongan pastinya lebih asik dan menyenangkan. terasa seru.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pasti nya seru kalo rame2 hahaha, bareng sahabat2 :)

      Delete
  13. Boleh pinjam payungnya kagak bang ? :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waduh .... mesti bilang yg punya dulu :) soal nya aku juga pinjem hahaha

      Delete
  14. Mas cumi yang keren, tolong ya itu berenang sambil payungan bikin aku ketawa ngakak huhahaha.
    matt pas aku kasih liat cekikikan dan bilang mau save fotonya, pengen kasih liat temennya :)
    you rock deh !

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha .... Orang iseng tuch mbak + rada stresss.

      Delete
  15. Ya ampun, lumba2 yg bawa payung lucu banget ya..hahahaha
    LoL

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha .. aku mmg selalu lucu lho :) #ngakak

      Delete
    2. kira2 dsn aja lobster atau abalone ga mas?
      sempet nanya ke penduduk lokal gak?

      Delete
    3. Kmrn lagi ngak ada hasil tangkapan, angin lagi kenceng jadi nelayan jarang yang melaut.

      Delete
  16. ya ampyunnn...ada LUMBA LUMBA??? histeris gw mauuuukkk

    mas, foto lo juara deh tuh yang pake payung...!!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. yuk ikut aku ke kiluan mbak, kita lihat lumba2 disana hahaha.
      Berenang pake payung itu sesuatu banget dech hahaha :)

      Delete
    2. mas cumi kalo ke kiluan kabar2i yaaaaa.... aku mau ikut jugaaaa.. liat lumba2.. mau ngebandingin cakepan lumba2 apa om cumi hahah

      Delete
    3. Yang pasti cakepan mas cumi yg imut ini hahaha

      Delete
  17. hahahaha foto pertama idenya keren berenang pake payung hahahahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaha ... ide ngak jelas dari orang ngak jelas juga :)

      Delete
  18. Ngak Ada Gw Ngak Rame kan cum ??

    ReplyDelete
  19. Ya Allah itu payung mana kembang-kembang lagi..Thank's atas inonya yah mas...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaha .... makasih dah berkunjung :)

      Delete
  20. Mas Cumi benar-benar lebay, berenang aja pake payung. Tapi kocak gayanya... :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lebay nya over nich jadi kayak gitu hahahaha :)

      Delete
  21. IHHHH!!! akhir tahun 2012 aku kesana tapi ga ketemu lumba2. IRIIII!! :'(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yo wes ayo ngulang lagi ke postpone hahaha :)

      Delete
  22. Hi, salam kenal.. Boleh minta contact person / nomor tlp mas Anshor Ronald? Rencana mau ke Pulau Tunda akhir Juni nanti.

    Trims.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kirim email aja, baca di contact cumi :)

      Delete
    2. nikka : kapaaaaaan?? iiiihhh mau ikuttttt.. ini aku jg mau kesanaaah, aku tinggal di serang

      Delete
    3. Ayo buruan kesana, mumpung ngakpake paspor hahaha

      Delete
  23. om cumiiiiii... nginepnya nebeng dimana?? iiihh aku orang banten norak amat gatau ada pulau sekece ini *gagal jadi bolang*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tragisss yaaaa hahaha. Kalo gw gagal jadi bolang dan langsung nyebur ke laut #kaburrrrrr :-)

      Delete
  24. hallo..boleh minta noomer mas Anshor Ronald nya atau nomer orang sana???
    makasi.

    keren! keep posting! :')

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kirim email aja, baca di "Contact Cumi"
      Makasih

      Delete
  25. Anonymous14:04:00

    Agan Igin sekalian, numpang tanya.....
    Bisa info nomer Kang Anshor Ronaldo yang namanya keren itu?
    ada rencana mau ke sana setelah liat2 n FR agan igin

    Trims
    Firman

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kirim email aja dulu mas, baca contact cumi

      Delete
  26. Aku juga abis dari sini minggu lalu. Tapi gak nemu lumba2.. Eyaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Harus nya nyebut nama "Cumi" sebanyak 1001x dan dijamin lumba2 nya muncul haha

      Delete
  27. Wooow ada dolphin keren banget sih :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah selalu ketemu lumba2 :-)

      Delete
  28. Anonymous23:44:00

    tarif sewa kapal seharian brp gan??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seingetku yaaa sekitar 1,5 - 1,8 juta untuk 2 hari

      Delete
  29. ANGRAIC16:18:00

    Minggu ini saya mau kesana, bener2 penasaran sm pulau Tunda

    ReplyDelete
  30. Hai salam kenal. Boleh minta no hp Mas Anshor Ronald & info soal homestay di sana ya. Rencana saya dkk mau ke sana nih dalam waktu dekat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo mau nanya cp langsung email aja atau baca dulu contact cumilebay

      Delete
  31. halo mas.... woow banget ngebolangnya!
    ada rencana mw kesana, kira2 untuk sewa kapal berapa ya mas biayannya?
    thanks and salam bolang :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seingetku sewa kapalnya 2 jutaan untuk 2 hari dan bisa muat sampai 20 an orang jadi pergi nya rame2 aja :-)

      Delete
  32. Permisi gan, boleh tanya-tanya sedikit ga???

    ReplyDelete

- Silahkan Tinggalkan Komen Yang Merangsang. Siapa Tau Kita Berjodoh, Nanti Aku Juga Kunjungi Kamu, Iyaaa Kamuuuuu

- Mau Ngobrol2 Seputar Dunia Nyata & Khayalan atau Kerjasama ??? Bisa Email ke toro2305@gmail.com


Jangan lupa follow IG & Twitter : @CumilebayCom

Best Regards
@CumilebayCom
toro2305@gmail.com