Nomer SIJI Warisan Kuliner GRESIK

Sego Krawu Yang Melegenda
Sego Krawu Gresik – Menu wajib kalo lagi mudik ke Gresik untuk sarapan ini, banyak tempat yg menjual makanan khas gresik ini dan mungkin tersebar di berbagai pelosok Kota Gresik. Mulai dari Buk Tiban, Buk Marjani, Buk Mus, Buk Rika dll, tapi yg mengena dan menjadi langganan yaitu Nasi Krawu Buk Zaenab. Karena lokasi nya deket sama rumah dan masakan nya enak gilaaaaa J + hanya buka di pagi hari jadi makanan nya fresh. Sekedar info saja, kalo Mas Cumi paling alergi ama warung yg buka 24 jam semisal warteg L.

Bu Zaenab Jadi Langganan
Nasi Krawu atau Sego Krawu asal muasal nya merupakan nasi untuk para kuli pelabuhan gresik pada zaman dahulu kala saat jahiliah #lebayyyy+ngasal. Para kuli ini kan duit nya minim, jadi daging di suwir kecil2 dan di tambah parutan kelapa serta di bungkus dengan daun pisang biar awet tahan lama. Nah karena daging nya suwir tipis2 maka nya harga nya murah dan cocok untuk para kuli pelabuhan gresik.
Jadi karena sudah terkenal sejak jama dahulu kala dan sampai sekarang pun juga masih berjaya, maka nasi krawu ini menjadi andalan NO 1 (nomor siji) makanan khas warga gresik. Meskipun selain Sego Krawu juga masih ada yang lain seperti Pudak, Otak2 Bandeng, Jubung dll.
Sego krawu + Masak Bali Welot
Sego Mener + Masak Bali Welot
Original Sego Krawu tanpa Topping
Penjual nasi krawu biasanya merupakan warga Keturunan Madura, kalo bukan keturunan madura biasa nya rasa nya kurang mengairahkan J. Nasi krawu terdiri dari nasi liwet yg hangat + daging suwir + serundeng kelapa + sambal, ini original nya. Dan yang bikin makyuss endes gendess tentu serundeng kelapa dan sambal nya yang memang mengunakan ramuan madura hahaha.
Tetapi sesuai perkembangan akhir nya ada yg menambahin dengan semur usus + babat atau dengan belut/welot atau tahu di bumbu merah yg di gresik dikenal dengan nama MASAK BALI WELOT atau TAHU.
Bangun Tidur Tak Usah Mandi tp Langsung Sego Krawu
Dipenjual nasi krawu biasa nya juga terdapat Sego Mener yaitu nasi dengan kuah sayur bening yg menyegarkan + sambal mangga yg asem dan pedas.
Masak Bali Welot + Tahu
Oh yaa kalo di Buk Zaenab (lokasi nya 100 meter di sebrang Komplek Perguruan Muhammadiyah Gresik) untuk 1 porsi nasi krawu di bandrol Rp. 9.000,- tapi saya yakin kalo makan 1 porsi ngak bakalan kenyang hehehe, biasa nya saya kalo makan pasti 2 porsi. Dimana porsi ke 2 selalu saya ganti dengan Nasi Mener + Masak Bali Welot atau Tahu. Paling enak menikmati sensasi nikmat nya nasi krawu ini pagi hari untuk sarapan, dahulu kala juga penjual nasi krawu ini mmg di pagi hari tapi sekarang malah ada yg buka 24 jam. 
Ini Daging Suwir nya

44 comments:

  1. wadewww .. aku akalu berkunjung ke sini sellau dibikin ngiler dan lapar .. sungguh terlalu :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayuk mbak, kita makan bareng. Aku traktir dech kalo nasi krawu hahaha :)

      Delete
  2. Nasi Krawu sekarang lauknya sudah bertambah banyak ya Mas. Suwiran dagingnya kayaknya juga banyak..Ini pantas disebut Sego Krawu moderen :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, banyak tambahan nya. Ada masak bali welot dan tahu, trus ada juga empal daging babat paru dll.

      Delete
  3. Rasanya di jamin enak tu, bikin ngiler saja.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pasti enak, jaminan mutu :)

      Delete
  4. Uenak iki, cuma porsi nya kecil sekali :-<

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maka nya makan 2 porsi, tapi lauk nya beda biar merasakan semua nya :)

      Delete
  5. Merapat cari tiket promo !!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hmmmm .... sekalian aja ntar cari nasi krawu yg promo :)

      Delete
  6. enakkk nih kayaknya.. kalo mao pesen gimana nih bang :) hehhe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo mau mesen, harus datang langsung ke kota gresik hahahaha

      Delete
  7. wooo sego meneer bali welut buk zaenab gak nahannn......

    ReplyDelete
    Replies
    1. Enak banget, seger mengairahkan sambel nya

      Delete
  8. Asli nasi krawu enak nya nampol

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah mmg enak banget :)

      Delete
  9. lafarrrrrr liat fotonya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini makanan paling enak di gresik :)

      Delete
  10. di jakarta ada loh warung nasi krawu, yang jual emang orang madura, jadi ini kuliner madura apa gresik ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dijakarta ny adimana ???? aku mauuuuuu
      Btw ini kuliner asli gresik meskipun yg bikin orang madura yg lagi merantau ke gresik #maksa :)

      Delete
    2. ada di jalan nipah, deket walikota jakarta selatan, pernah makan disitu..
      di pluit ada, di kelapa gading ada, di bintaro juga ada, tapi lupa tepatnya, kebanyak di mall udah banyak ada nasi krawu kan di foodcourtnya..
      emang tinggal di jkt?

      Delete
    3. Kebetulan aku tinggal di jakarta, tp lahir di gresik hehehe. Udah perna nyobain yg di TMII ama condet tapi rasa nya kurang sedikit mengairahkan :)

      Delete
  11. Anonymous20:36:00

    oalah jadi kepengen ikut mencicipi juga.

    salam
    /kayka

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo di coba, silahkan datang ke gresik

      Delete
  12. Anonymous21:01:00

    Yg dijln nipah bukanya jm brp y mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Biasa nya sego krawu ini enak nya di santap pagi hari. Jadi kalo di jawab ngasal, mungkin dari pagi sampai siang hari hahahah #maafbelumpernanyobain

      Delete
  13. ahhhhh ini kesukaanku...Tiap tante pulang k Gresik, psti titipan dari aku Sego Krawu ini.. ga tau sih dari penjual yg mana...yg jelas sambelnya itu loh...nagihhhhh..Pedes Enakkkk...

    Desember aku j Jatim, hrs singgah ksini kyknya mas....*CatetSemuaKulinernya ^o^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku minggu ini balik ke gresik mbak, mau nyekar ke makam bokap dan pasti nya makan nasi krawu hehehe ..... mau mau mau ????

      Delete
    2. Agghhh kompor nih ;p Tapi bener de mas, dari semua makanan di Jawa, cuma kuliner Jawa Timur yang aku SUKA, SUKA, SUKAAAA bangettt ^o^ Pedeess enak sih ;)

      Delete
    3. Iya nich jatim tergolong berani cabe, beda ama jateng jabar yg rada2 manis.

      Tp karena kebanyakan cabe, banyak karakter orang jatim rada keras2 hahahaha #termasukygngomongini

      Delete
  14. Anonymous11:16:00

    Buk zainab ini sebelah mana sih mas cum, saya sebagai penggemar nasi krawu kok malah belom pernah ke bu zainab ini, padahal nasi krawu di seantero gresik udah saya cobain semua, haha
    Ini di daerah Kroman ya mas cum

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini daerah kemuteran, deket warnet yg masuk gang nya TK Aisyah. Lurusan nya gerbang nya perguruan muhammadiyah. ayo di cobain dan jangan lupa sebut nama cumi 3x pasti di kasih murah hahaha

      Delete
    2. Anonymous15:18:00

      Langsung meluncur deh weekend besok, udah ngiler nih sama bali welut nya

      Delete
    3. Asek .... Kmrn aku ngak sempet makan nasi krawu, coz nyokap masak jadi ngak kemana2 :-)

      Delete
    4. Anonymous11:13:00

      Akhirnya misi terlaksana weekend kemarin, 2 porsi Nasi krawu + Bali welut + Semur usus sukses mendarat di perut...hehehe

      Delete
    5. Gimana rasa dan harga nya ??? semoga puas ampe orgasme :-)

      Delete
  15. Sego krawu + Masak Bali Welot, pedas pedas...aku suka
    yuk nyari nasi krawu di Jakarta

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di jakarta ngak ada yg enak ... di taman mini atau condet sebenarnya juga ada

      Delete
  16. Ahhhhhhhhhh I Loveeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeee IT. Aku baca ini kok Nangis ya ..... dah kangen berat sama Gresik. Sudah coba semua nasi Krawu ditempat itu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jiah nanggis kangen kampung yessss. Aku kalo mudik, nongkrong sarapan nya ditempat ini hehehe

      Delete
  17. sama mas broooo, aku jg penggemar krawu bu zainab, krawu+semuuurrr nya ciamik soroo :D' setuju bu zainab nomer siji

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aish jadi kangen nasi krawu bu zainab ihik ihik

      Delete
  18. kalau makan ini kenyang 2 hari pasti :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo makan nya 1 gerobak kayak nya sech iya hahaha

      Delete

- Silahkan Tinggalkan Komen Yang Merangsang. Siapa Tau Kita Berjodoh, Nanti Aku Juga Kunjungi Kamu, Iyaaa Kamuuuuu

- Mau Ngobrol2 Seputar Dunia Nyata & Khayalan atau Kerjasama ??? Bisa Email ke toro2305@gmail.com


Jangan lupa follow IG & Twitter : @CumilebayCom

Best Regards
@CumilebayCom
toro2305@gmail.com