Ternyata Tak Hanya TARSIUS di TANGKOKO

Tarsius ... Monyet Terkecil Didunia
Cagar Alam Gunung Tangkoko – Saat Gw & Swa nganterin rombongan bootcamp untuk balik ke Jakarta, di Bandara Sam Ratulangi sempet ngobrol ama Barry Kusuma dan dia bilang "Cum, lw wajib ke tangkoko melihat tarsius yang imut, lucu, unyu dan merupakan monyet terkecil di dunia". Dalam agenda gw + swa extend ini sebenar nya ngak ada rencana kesana, tapi akhir nya kami sempetin juga sampai di Cagar Alam Tangkoko setelah berkunjung ke Waruga Airmadidi dan Danau Tondano.
Gerbang Tangkoko
Jalan Kaki Masuk Hutan 2 - 3 km
Cagar Alam Tangkoko seluas 615 hektar dan hanya ±60 km dari kota Manado. Lokasi persis nya di Kelurahan Batu Putih Bawah, Kecamatan Ranowulu, Kabupaten Bitung Sulawesi Utara. Untuk sampai ke sini cukup arah kan kendaraan ke Kota Bitung lanjut ke Batu Putih ± 20km dari bitung. Kalo mau naik umum bisa mengunakan bus dari manado ke terminal girian bitung lanjut omprengan ke batu putih. Jalanan yg cukup mulus, beraspal dan sepi sekali L, jgn perna bertanya di mana tangkoko ??? karena semua orang tau nya tangkoko itu terminal didaerah bitung. Kalo mau tanya Cagar Alam Tangkoko cukup bilang Batu Putih tempat TARSIUS yang banyak BULE nya.
Yaki .... Monyet Hitam Sulawesi
Kutemukan Babi 
Disini menyimpan banyak kekayaan flora dan fauna tapi yang paling NGETOP yaaa sebagai tempat perlindungan bagi hewan yang di lindungi serta hampir punah yaitu TARSIUS (Tarsius Spectrum) sekarang hanya terdapat di Indonesia + Filipina, dan Yaki atau Macaca Tongkeana (Monyet Hitam Sulawesi). Tarsius merupakan moyet terkecil di dunia dan kepala nya bisa muter sampai 180º, Ukuran nya kecil banget hanya sekitar 10cm dan selalu berada di pohon beringin. Tarsius ini merupakan binatang malam, jadi kalo siang akan tidur dan malam berkeliaran mencari makan berupa serangga. Dalam 1 group tarsius hanya terdiri 4-6 ekor, selebih nya akan memisah dan membuat group baru.
Pohon Beringin ini Terdapat Tarsius 
Kuping nya Mirip Kelelawar

Saat kami datang sebenar nya tujuan nya hanya tarsius yg menjadi incaran, tapi oleh guide kami di tunjukan babi hutan dan yaki. Untuk mencari yaki, kami mesti jalan kaki menanjak bukit sekitar 2-3km di tengah hutan yang sepi J dan menanti cukup lama di semak2 pohon. Akhir nya kami melihat rombongan yaki lagi santai, bahkan ada yang lagi kawin hehehe. Menurut Pak Zakaria (Guide) kalo monyet kawin 9x, baru orgasme J, duch senang nya liat yang lagi ML hahaha. Disana kami juga melihat banyak burung berkicau, menurut cerita sech ada Rangkong juga tapi kami tunggu tak kunjung datang tuch rangkong.
Monyet Itu Kawin 
Lucu & Unyu












Untuk masuk kawasan cagar alam tangkoko ini cukup murah, kalo ngak salah inget cuman Rp. 3.500,-/wisatawan dan disediakan Guide sebagai penunjuk jalan menuju tarsius, biaya guidenya Rp. 70.000,-/wisatawan. Selain masuk hutan, di tangkoko juga ada pantai berpasir hitam yang sangat cantik. Oh yaaa Pangeran Albert dari Inggris juga perna datang kesini lho dan sempet menanam pohon beringin.

Sunyi & Sepi 
Wow ... Pantat Kamu Sexy











Eh kalo mau berkunjung ke tangkoko, sebaik nya pagi hari sebelum jam 8 pagi. Saat tarsius kembali ke sarang nya maka tarsius akan mengeluarkan suara yang sangat nyaring dan indah. Atau sore sekitar jam 4 wita saat tarsius bersiap2 untuk berkelana mencari makanan. 

Setelah puas berkelana masuk hutan menikmati Tarsius dan Yaki, kami putuskan balik ke manado karena waktu sudah menunjukan pukul 18.00 wita, matahari sudah tengelam dan tersisa hanya kami ber 3 (Cumi, Swa, Pak Zakaria) didalam hutan ini, padahal dari tadi juga ber 3 dan tak ada wisataawan yang lain selain Cumi + Swa hahaha. Kami sempet mendapat pesan dari guide kami "Kalo nyetir mobil ati2 jangan sampai nabrak anjing karena anjing harga nya mahal disini hehehehe". Eh sekedar info kalo dari bitung ini, kita bisa menyebrang ke Nusa Lembeh.
Pantai Berpasir Hitam 
Beringin Pangeran Albert



43 comments:

  1. soal nabrak hewan itu jd inget cerita bapak sopir waktu melintasi Painan, Sumbar. sebisa mungkin jgn nabrak itik/ayam ntar bakal panjang ceritanya. hihihi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener mas bro, kata nya kita bisa perkara panjang dan besar kalo nabrak hewan disekitar desa :)

      Delete
  2. favorit gw itu tulisan lo yang warna orens cum hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ih kak rani yaaaa ..... suka nya yg begituan

      Delete
  3. wakakak itu monyet kawin kocak bgt..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jadi pingin ikutan kawin juga ngak ??? :)

      Delete
    2. hmmm.. mungkin kalo sepi hahahah :p

      Delete
    3. Hayooooo mau ama onyet yaaaa hahaha

      Delete
    4. hadeeh enggak deh ama orang maksudnya :p

      Delete
  4. saya pernah menyaksikan monyet terkecil itu, ya ya..makannya serangga. Memang lucu dan uyu-uyu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yap lucu banget dan agak pemalu :)

      Delete
    2. hampir mirip seperti hewan kalong tapi kalau kalong makannya buah-buahan.

      Delete
    3. Bener mas, rada mirip kalong :)

      Delete
  5. benerean baru tahu ada hewan ini..lucu dan imut yo.. .ckkkk
    eh, slam kenal mas cumi...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih sekali kalo aku di bilang lucu & imut hahaha :)

      Salam kenal juga & makasih dah mampir.

      Delete
  6. Tarsius ini kayaknya terdapat dalam mata rantai teori evolusi darwin deh..Mungkin namanya mirip..Tapi hewannya sendiri imut ya, monyet kecil dengan suara nyaring dan mata tajam..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lucu banget, kecil sekali dan agak malu2 mata nya melotot

      Delete
  7. kalo gak baca postingn ini gak bakalan tau kalo di sulawesi (daerah gue) ada tarsius ...aduuhhhhh....hihihiihihhih :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waduh ..... berarti sekarang wajib di samperin lho tarsius nya hahaha

      Delete
  8. Anonymous07:52:00

    Hеy! Would уou mind if Ι shаre your blog with my zyngа gгoup?
    There's a lot of folks that I think would really enjoy your content. Please let me know. Thank you

    Here is my web page :: celana pendek pria

    ReplyDelete
    Replies
    1. it is ok no problem....I guess. Thanks :)

      Delete
  9. Jepretannya bagus sekali Mbak,btw menyenangkan juga bisa merasakan dunia hutan yang penuh udara segar hehe :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehehe, btw aku yg mas nya nich :) makasih dah mampir

      Delete
  10. itu monyet...eh...gak takut dikeroyok monyet ya?

    *ups, salam kenal dulu ya...salaman...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Monyet nya pemalu jd malah takut ama manusia.
      Salam kenal juga, jabat tangan + senyum manis #ting

      Delete
  11. wooiii...cumilebay...serasa duluuuuu banget sering ke sini deh...

    maaf aku juarang ngeblog...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha .... Makasih banget dah sering berkunjung

      Delete
  12. wuih menarik..progam ini berapa budget per orangnya mas cum?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semua nya FREE alias GRATISSSSSSSSSS. Hub aku di email yaaa nanti aku jelaskan kalo tertarik :)

      Delete
  13. Replies
    1. Yap, lucu & imut seperti daku hahaha

      Delete
  14. Baru tau kalo binatang ini asli nya sulawesi, bukanya di tiap tempat ada ????

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada nya di sulawesi ama filipina, begitu kata guide nya. Coba dech cari di mbak google hahaha

      Delete
  15. waaaah, akyu juga udah pernah ke siniii :D
    *lagi belajar ngasih comment ga penting

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaha ... yang ngakpenting itu yang KEREN #ngakakkayang :)

      Delete
  16. waktu aku kesana beruntung banget baru masuk 100m udah ketemu rombongan yaki hampir 20 ekor memenuhi jalan dan ga bole diusir monyetnya jdilah kami nunggu sampe yakinya minggir dari jalan,,
    perhatiin ga kalo jalan menurun ke arah desa Batu Putih itu lembahnya seindah pemandangan di kintamani ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku nunggu agak lamaan untuk ketemu yaki ini, tapi sumpah lucu banget mengemaskan

      Delete
  17. BangCum itu Tarsius skrg ditemuinnya susah ga?
    pakai janjian dulu ga buat ketemuannya? minta kontak managernya dong bang..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ngak susah kok, gampang banget. Karena tarsius nya ini nangkring di pohon yang sama

      Delete
  18. Halo mas cum,
    Wah rupanya udah pernah ke sini juga yah.
    Aku pas ketemu yakinya cuma pas mereka lagi ML..cowok ama cowok pula,, dan kata ranger nya itu cuma main aja... halah!

    Btw foto tarsiusnya bagus.. aku malah ga dapet :[

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waksss kalo main nya ala2 ML gitu, trus ML beneran nya gimana yaa ??? hahaha
      Btw ngak ketemu tarsius ??? seriusan ????

      Delete

- Silahkan Tinggalkan Komen Yang Merangsang. Siapa Tau Kita Berjodoh, Nanti Aku Juga Kunjungi Kamu, Iyaaa Kamuuuuu

- Mau Ngobrol2 Seputar Dunia Nyata & Khayalan atau Kerjasama ??? Bisa Email ke toro2305@gmail.com


Jangan lupa follow IG & Twitter : @CumilebayCom

Best Regards
@CumilebayCom
toro2305@gmail.com