Manado, Tak Lengkap tanpa BAN HIN KIONG

Cantik ... Klenteng atau Swarie nya ???
Klenteng Ban Hin KiongKe Manado berasa kurang lengkap kalo tanpa berkunjung ke Klenteng Ban Hin Kiong. Lokasi nya berada di kasawan pecinan, tepat di pusat kota jadi sangat mudah untuk di cari dan dikunjungin J. Ini hukum nya wajib-wajiban buat para pelancong untuk singgah sejenak kesini hahaha J. Karena selain tempat ibadah, disini juga terdapat meriam peninggalan VOC Belanda di bangunan belakang lantai 3 klenteng ini.
Penuh Lampion
Saat kami datang kebetulan lagi suasana imlek menjelang Cap Go Meh jadi nuansa nya sangat kental dengan lampion warna merah dan bunga sakura yang mengelora dan mempesona #lebayyy.
Klenteng Ban Hin Kiong didirikan tahun 1819 dan masih tegar berdiri terawat dengan keindahan bangunan + ornamen nya. Ban arti nya banyak, Hin berlimpah berkah dan Kiong arti nya Istana. Jadi kalo mau di terjemahkan secara asal2an menurut gw yaitu Istana yang memberikan berkah rejeki berlimpah hahaha J. Klenteng ini termasuk Klenteng Tri Darma yang arti nya bisa di gunakan untuk umat penganut Kong Hu Cu, Tao serta Budha.
Lilin nya JUMBO
Tempat Hio
Altar Utama
















Klenteng ini perna di renovasi tahun 1854-1859, dan sempat rusak akibat di bom tentara jepang pada 7 september 1944, serta perna terbakar 14 maret 1970 dan di lakukan pembangunan kembali pada tahun 1971 – 1975. Pokok nya nich klenteng hebat banget melewati segala peristiwa memilukan L. Tapi masih kokoh berdiri sebagai bukti sejarah kota Manado.
Meriam VOC diambil dari "google"
Sayang nya waktu kami datang, lagi ada kerja bakti bersih2 alat ibadah di klenteng ini, jadi kami tidak bisa melihat meriam peninggalan VOC. Tapi kami cukup puas bisa melihat prosesi pencucian altar untuk perayaan cap go meh.
Thanks buat Iyus, Swarie, Pak Jafar, Marcel yang mau nemenin ke Klenteng ini. Meskipun  saat itu Manado sedang di landa banjir di setiap sudut kota nya hahaha J
Tridarma
Lilin nya Banyak & Jumbo




Akhirnya Gw Ke Klenteng

Altar
Klenteng Ban Hin Kiong
Jl. DI Panjaitan Manado
Sulawesi Utara

49 comments:

  1. keren ya Klenteng itu, merahnya merah
    belum pernah niy ke Manado *tambah sirik sama mas cumi*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sabar yoo mbakyu, seng ikhlassssss #setansenyumpuas :)

      Delete
    2. Hua hua hua .... Yo wes cusss berangkat, mumpung manado masih di sulawesi utara lho :-)

      Delete
  2. Ooo jadi pas ke Manado itu lagi musim-musimnya banjir itu?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yap, feb 2013 kmrn kami menyaksikan banjir dan longsor menimpa manado. Sempet foto2 ama babi yg ikutan ngungsi.

      Rencana mau ke tomohon, akhir nya batal dan kita balik hotel untuk tidur siang hahaha #indahnyaberlibur :)

      Delete
  3. Udah sering ke Klenteng :-D Banyak di kampung saya soalnyah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kampung nya dimana ??? Aku akan datang mengunjungi klenteng2 hahaha :)

      Delete
  4. kmrin gak sempet ke sini karena kelamaan nangkring di pinggir pantai sambil makan bakso
    hahaha
    tfs yaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waduh ... berarti harus mengulang ke manado dengan segera :)

      Delete
  5. Anonymous14:10:00

    mantap gan ..

    ReplyDelete
  6. Replies
    1. Hmmmm .... makin GR aja nich dek swa, kmrn sempet dibilang orang jepang ama polisi di manado :)

      Delete
  7. Klenteng n lampoon merahnya bagus banget ya... ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bagus karena ada mas iyus yaaa !!!!! hahahaha

      Delete
  8. horee akhirnya ke klenteng jga mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya nich ... ternyata puny afoto juga di klenteng :)

      Delete
  9. kalo ada tiket promo ajak aku wkkwkk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Males ah, lw banyak nanya kalo diajak hahaha #kaburrrr

      Delete
    2. Besok aku diam seribu basah

      Delete
  10. wuihh klenteng dan Swarie nya sama-sama cantik :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku nya menarik kan ???? #maksaAsahGolok :)

      Delete
  11. Cakep banget klentengnya :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pasti cakep karena ada gw nya jd makin hitz

      Delete
  12. nuansa merah akrab pada semua klenteng....saya juga pernah melihat klenteng tertua di singkawang, kalbar. letaknya pas ditengah kota dan sangat dekat sekali dengan pasar dan masjid. sementara singkawang juga sangat terkenal dengan kulinernya dan mendapat julukan hongkongnya Indonesia. dan ternyata pada beberapa klenteng di sana sangat akrab dengan nuansa merah. tahun depan tinggal tunggu festival tatung mas, pas tanggal 15 atau hari cap go meh. ok keren info ban hin kiongnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku blm perna ke singkawang, ah ngiler jadi pengen kesana. Bismillah semoga tahun depan bisa kesana

      Delete
  13. aiiih bolak-balik ke Manado tapi nggg ke Klenteeeng...segeeer yaaa...meraaah :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Berarti mesti balik lagi ke manado dan jangan lupa ajak2 aku yg tampan ini #muach

      Delete
  14. Cantikan Swarienya kak cumiyy mupeng hehehe...pizzz

    ReplyDelete
  15. cantiknye warna kemerahan lilin besar itu.. cerita yang sangat menarik!

    ReplyDelete
  16. Aaahhh dikau ini jalan-jalannya kece bener.... benar-benar sudah keliling Indonesia...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ah kakak ... aku mah apa atuh, cuman disitu2 aja. Doain semoga bisa terus mengexplore indonesia lebih dalam dan sharing di blog ini ;-)

      Delete
  17. iiih...saya lagi kangen berat ama manadooooo...bukan imlekannya, tapi divingnya hehehehe....udah dapet angpao banyaaak belum kakaaaaak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo aku kangen makanan nya yg bener2 juara mantap pedes menggelora haha

      Delete
  18. Yah ga bisa pegang meriam nih bang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Meriam nya jangan di pegang, nanti meledak yeee hahaha

      Delete
  19. suasana imlek di jakarta aja saya belom pernah datengin. Abis kalau musim hujan, enaknya emak tarik selimut hehe *emang dasarnya males :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ah bunda ... sama aja kalo ujan enaknya keruntelan di kasur hehehe

      Delete
  20. Mantappp kang, tahun depan pas Imlek ngeliput di Singkawang kang, biar joss :-D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mau banget ke singkawang, nunggu sponsor dulu hahaha

      Delete
  21. Kalau ke Manado bisa kali ya mampir kesini, suka penasaran sama dalemnya kelenteng^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wajib mampir ... lucu merah2 nya :-)

      Delete
  22. gilingan gue bolak balik ke Menado kagak pernah liat beginian, bolak balik liatnya gereja mulu tiap 100 meter..ada yah ternyata, hahaha..caem jugah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jadi .... kamu mesti balik lagi ke manado yessss. Eh tapi kalo aku diajakin ke manado juga ngak perna nolak, selalu jatuh cinta ama makanan nya hehe

      Delete
  23. Imleknya gak nonton? Kalau di klenteng Pekanbaru seru, ada semacam debusnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Imlek aku dirumah aja coz ujan. Ih aku agak2 ngilu liat atraksi debus bikin deg2an hehe

      Delete

- Silahkan Tinggalkan Komen Yang Merangsang. Siapa Tau Kita Berjodoh, Nanti Aku Juga Kunjungi Kamu, Iyaaa Kamuuuuu

- Mau Ngobrol2 Seputar Dunia Nyata & Khayalan atau Kerjasama ??? Bisa Email ke toro2305@gmail.com


Jangan lupa follow IG & Twitter : @CumilebayCom

Best Regards
@CumilebayCom
toro2305@gmail.com