NEWMONT tetap Menghijaukan Alam MINAHASA

Messel, Bekas Tambang Berubah Jadi Danau Cantik - Februari 2013
Newmont Minahasa Raya -  Yang terlintas dalam benak tentang efek penambangan adalah pengerusakan alam yang tidak akan perna ada habis nya. Kekayaan alam di keruk semua terus ditinggalkan begitu saja, dan ini banyak terjadi di Indonesia. Seperti kalo kita terbang ke Belitung, Batam, Kalimantan maka dari atas pesawat kita bisa lihat alam kita hancur berlubang2 akibat perambahan hutan, penambangan dll. Mereka tanpa memperdulikan reklamasi untuk kelangsungan alam selanjut nya yang merupakan warisan buat anak cucu kita.
Lokasi Tambang - April 2003
All Team + PTNNT + PTNMR + Detik News + Media Indonesia
Kami rombongan Sustainable Mining Bootcamp akhir nya terbang ke Sulawesi Utara untuk melihat langsung lokasi bekas tambang PT. Newmont Minahasa Raya (PTNMR). Mau membuktikan bagaimana alam disana ???????? Yang kita tau bahwa PTNMR melaksanakan operasi tambang emas mulai 1996 – 2004 dengan Kawasan Pinjam Pakai Kawasan Hutan seluas 443,40 ha. Dan PTNMR mempunyai kewajiban untuk melaksanakan pemantauan penghijauan sampai 2016.
Mesti Naik HardTop
Kami datang selama 2 hari disana untuk melihat kehidupan langsung masyarakat sekitar tambang dan melihat kondisi bekas tambang. Saat sampai di penginapan yang lokasi nya di depan Teluk Buyat, gw langsung nanya “Tambang + Pabrik nya ada dimana ???” dan jawaban nya cuman simple “Diatas”. Akhir nya pun kami menuju lokasi penambangan mengunakan Mobil Hardtop melalui jalan yang hampir rusak parah dan dikanan kiri nya hutan rimbun.
Lokasi Pabrik - 2002
Jalanan Berliku Dan Sudah Menjadi Hutan Kembali
Selama perjalanan sempet di jelaskan oleh Ibu Pretty Mamonto selaku Asisten Manager for Public Relations kalo jalan yang kami lalui ini dulu nya mulus beraspal dan merupakan jalur tunggal milik PTNMR untuk menuju pabrik, townsite, pit, mess dll. Yang sekarang sudah berubah menjadi hutan, tak kami lihat kalo ini dulu bekas daerah tambang yang sangat terkenal. Semua nya HIJAU RIMBUN dan hampir seperti tak perna tersentuh tangan manusia padahal dulu nya ini merupakan kawasan rame penambangan.
Mesti Berjuang Melewati Hutan, Dulu Tempat Ini Town Site
Yang tersisa dari lokasi bekas tambang ini hanya sebuah danau yang sangat cantik, yang dulu nya merupakan lokasi penambangan terbuka PTNMR. Saya benar2 terheran-heran dan bertanya-tanya kok bisa kembali seperti asal nya dulu berupa hutan belantara. Ternyata PTNMR mempunyai Program Penutupan Tambang Yang Bertanggung Jawab melalui Reklamasi mengembalikan fungsi ekologis area seluas 240,41ha.
Sebelah Kanan Jalan Ini Dulu nya Pabrik
Area bekas lahan tambang PTNMR telah menjadi hutan dengan tumbuh-tumbuhan bernilai ekonomi tinggi serta habitat yang sesuai bagi serangga dan hewan-hewan asli di Kabupaten Minahasa Tenggara, Sulawesi Utara. Tim Penilai Keberhasilan Reklamasi Hutan Bekas Tambang Propinsi Sulawesi Utara menyimpulkan pula bahwa realisasi pelaksanaan penanaman telah mencapai 100%, realisasi jumlah tanaman 152,83% dengan tingkat kesehatan tanaman 97,68%. Dan akhir nya Kawasan Pinjam Pakai Hutan PTNMR seluas 443,40 ha telah diserahkan kembali kepada Pemerintah Indonesia pada tanggal 12 Juni 2011.
Proses Reklamasi - Agustus 2005
Semua Sudah Kembali Hijau - Februari 2013
Kronologi Tambang PT. Newmont Minahasa Raya :
1985                            : Berdiri nya PTNMR.
1986                            : Kontrak Karya di tanda tanganin dengan Pemerintah Indonesia.
1992                            : Studi kelayakan.
1994                            : ANDAL, RKL/RPL disetujui.
1995                            : Kontruksi dimulai.
1996                            : Produksi emas dimulai.
2001                            : Penambangan berakhir.
2002                            : Rencana Penutupan Tambang di setujui.
2004                            : Produksi emas berakhir dan penghentian operasi.
2004 – 2009                : Pemantauan Pasca Tambang & Pemeliharaan Reklamasi.
Juli 2010                      : SK Menhut RI No. SK.435/2010 tentang Pengakhiran Perjanjian
                                        Pinjam Pakai Kawasan Hutan PTNMR.
Jan 2011                      : Penyerahan Kembali Area Pinjam Pakai Kawasan Hutan kepada   
                                        Pemerintah Indonesia.

Jadi akhir nya terbukti bahwa tidak semua penambangan memberikan efek buruk terhadap lingkungan, kami melihat PTNMR melakukan penghijauan kembali di Minahasa dan tergolong sukses.
Melewati Pos Polisi Hutan 

22 comments:

  1. Wow .. cantiknya setelah semua hijau ya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak .... Kita aja hampir ngak percaya kl lokasi ini dulu nya bekas tambang.

      Menurut rencana akan di jadikan kebun raya oleh propinsi sulut

      Delete
  2. Wow..mas cumi,,,menarik banget. Satu yang tetap jadi pertanyaan, kenapa ada perselisihan antara Walhi/warga dgn Newmont? lalu masalah teluk buyat?

    Emmm...ini sama dgn kasus Freeport sih, saat anggota DPR berkunjung, Humasnya membawa mereka ke jalur-jalur yang telah disiapkan sebelumnya...

    Menurut mas gimana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Perselisihan antara walhi/warga dengan newmont itu panjang cerita nya. Nanti akan saya ulas di postingan tersendiri. Tapi akan saya kasih sedikit gambaran.

      1. Tahun 1995 sebelum newmont beroperasi disana, LSM sudah menuduh Newmont telah mencemari teluk Buyat. Padahal saat itu Newmont blm melakukan operasi penambangan.

      Kasus buyat muncul, karena saat itu newmont di tuduh melakukan pencemaran lingkungan dan LSM meminta dana 15 milliar untuk ganti rugi. Akan tetapi karena Newmont merasa tidak melakukan pencemaran maka Newmont tidak bersedia mengeluarkan ganti rugi.

      Dari kondisi diatas akhir nya muncul lah kasus lain yg di plintir dan lebih heboh. Warga buyat dulu di bodohin oleh LSM, mereka merasa di tipu karena mereka di suruh pindah ke daerah sekitar 8 jam jauh nya dari desa mereka. Mereka di beri informasi yang salah bahwa teluk buyat sudah tercemar padahal bukti penelitian tidak ada kandungan logam berat yang melampaui batas normal.

      Mereka dijanjikan rumah, duit 30 juta, kendaraan dll tetapi saat mereka pindah di tempat baru mereka malah tidak dapat apa2. Dulu yang pindah 68KK, dan sekarang hampir 40 KK sudah kembali lagi ke desa asal mereka di buyat.

      Kami sempet mengunjungin desa mereka dan mengobrol banyak dengan mereka. Yang inti nya mereka mengeluhkan kehidupan selama dipengungsian dulu bahwa janji hanya tinggal janji, mata pencaharian susah dll. Mereka lebih nyaman tinggal di desa buyat seperti sekarang.

      2. Newmont sangat terbuka dengan pengunjung termasuk kami, saat kami datang memang hanya ada jalur tersebut dan kami langsung melakukan tanya jawab dan kami bisa menunjuk kemana kita akan berkunjung dan newmont pun menunjukan.

      Kami sempet berbicara dengan sebagian warga dan polisi hutan disana ttg kondisi alam yang ada sekarang. dan jawaban dari mereka sama bahwa lokasi ini sudah kembali hijau.

      Tempat ini rencana nya akan di bikin Kebun Raya lho hehehehe

      Eh newmont punya program Sustainable Mining Bootcamp jadi kita berkunjung kesana selama beberapa hari melihat kegiatan tambang dan mengunjungin masyarakat sekitar lingkar tambang, kalo minat bisa hub aku yaa nanti aku jelaskan hehehe

      Thanks

      Delete
    2. wah emang gitu ? kalau berdasarkan info dari dosen saya (kebetulan beliau pakar lingkungan yang meneliiti pencemarran teluk buyat) katanya tambang itu real sudah tercemar karena beberapa dari penelitinya sudah dibayar untuk menutupi kebohongan itu. bahkan loh dosen saya itu sampai ngundang profesornya dari jepang untun meneeliti langsung di buyat dan memang setelah diteliti memnag sudah tercemar.

      Delete
    3. Kalo mau liat kondisi sekarang, cussss datang ke buyat. Disana alam nya bagus, ikan2 berkeliaran trumbu karang tumbuh subur.
      Kalo ada pencemaran, ngak bakal bisa seperti sekarang. Oh yaaa buyat bekas tambang newmont sudah menjadi taman wisata yg keren sekarang

      Delete
  3. Semoga tiap perusahaan tambang di indonesia bertanggung jawab ya. tidak hanya asal ngeruk ambil trus ditinggalin begitu saja. kasihan alamnya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yap setuju ... tapi bukan hanya bertanggung jawab terhadap alam nya saja, akan tetapi juga terhadap masyarakat lingkar tambang.

      Kemarin sempet liat Rumah Sakit Umum Pusat Ratatotok yang di bangun oleh Yayasan yang didirikan Newmont dengan biaya 66 milliar. Hal ini menunjukan ada nya kesadaran untuk membangun daerah sekitar tambang.

      Mudah2an Perusahaan Tambang yang lain juga turut berpartisipasi melakukan pembangunan daerah setempat. Karena kalo hanya mengandalkan pemerintah pasti akan berjalan lambat.

      Delete
  4. tak kira newmont cuma ada di ntb doang mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang di minahasa ini sudah berhenti operasi, jadi tinggal di NTB aja.
      Btw minat ikut Sustainable Mining Bootcamp ????? kita berkunjung ke tambang lho

      Delete
    2. itu sustaibable mining apaa mas? wisata ke tambang?

      Delete
    3. Yap, kita mengenal dunia tambang dan masyarakat nya. Banyak pelajaran yang kita dapat disana, tinggal di lingkungan tambang selama 8 harian

      Minat ngak ???? kalo minat ntar mas jelasin hehehe

      Delete
  5. Gua mau ikutan bootcamp cum tp jangan april, bikin juni aja yaaaaaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kok jadi lw yg ngatur !!! Atau bikin bootcamp ke hitachi jepang aja, gimana ??? Acara kantor lw, ntar gw ikut hihi :D

      Delete
  6. Mudah-mudahan pertambangan lainnya mengikuti jejak Newmont ini kalau sudah selesai menambang nantinya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dan mudah2an newmont juga konsisten dan meningkatkan kepedulian nya thd lingkungan dan masyarakat sekitar tambang :)

      Delete
  7. Anonymous09:12:00

    Memang hutan sudah kembali hijau, tp dampat terbesar adalah penyakit yg ,elanda masyarakat hingga saat ini.....gb

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waduh ... Penyakit apa yg di derita masyarakat sampai saat ini ??

      Kebetulan kmrn kita juga berinteraksi dengan masyatakat setempat tetapi mereka tidak memberikan keluhan sedikitpun.

      Kami sempet berkunjung ke rumah sakit yg di bangun oleh newmont juga tapi pasien nya tidak begitu banyak dan rata2 ibu hamil ;-)

      Delete
  8. permisi
    kalau ada data tentang reklamasi tambang
    bisa tolong di share ke saya ya
    buat tugas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Langsung hub newmont nya aja, nanti pasti dikasih data lengkap

      Delete
  9. Halo Mas Cumi
    Informasinya bergizi sekali mengenai perjalanan #SMBCIII, Insya Allah menjadi bahan yang menarik sebagai pembelajaran saya dalam menyampaikan sebuah kebenaran, bukan pembenaran semata dalam program #SMBCIV. Masyarakat butuh dicerdaskan, bukan oleh keegoisan media melainkan kejujuran dari sebuah pengetahuan.

    NB :
    Terimakasih untuk gaya penulisannya yang kreatif (pemilihan kata, penulisan paragraph, tanda baca, warna huruf, gambar pelengkap, dll. Insya Allah menjadi latihan untuk saya.

    Ini saya baru baca 1 tulisan dari 4 tulisan menganai #SMBCIII, Mas Cumi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bismillah semoga bisa melihat mendengar yang sesuai kenyataan :-)
      Sampai ketemu yeeeee

      Delete

- Silahkan Tinggalkan Komen Yang Merangsang. Siapa Tau Kita Berjodoh, Nanti Aku Juga Kunjungi Kamu, Iyaaa Kamuuuuu

- Mau Ngobrol2 Seputar Dunia Nyata & Khayalan atau Kerjasama ??? Bisa Email ke toro2305@gmail.com


Jangan lupa follow IG & Twitter : @CumilebayCom

Best Regards
@CumilebayCom
toro2305@gmail.com