Romeo & Juliet di Londa

It's About The Journey, Not The Destination
Londa Toraja - Londa merupakan sebuah gua alam yg difungsikan sebagai salah satu kuburan/makam dari sekian banyak makam batu oleh masyarakat Tana Toraja (Tator) Sulawesi Selatan Indonesia. Dan berumur sudah ratusan tahun, tetapi tetap masih di fungsikan hingga sekarang, hal ini terbukti masih banyak nya peti mati baru terlihat masih utuh dan bagus serta tertulis tahun kematian nya th 2010 yg di letak kan di dalam gua tersebut.


Gerbang Londa
Oh yaa jenazah orang meninggal ini tidak di kubur tetapi di masukan peti mati dan peti mati tersebut di letakan di dalam gua londa. Banyak sekali peti mati yg umur nya sudah puluhan bahkan ratusan tahun, dan juga banyak sekali tengkorak2 terlihat di dalam gua ini.
Masuk Dalam Gua Terdapat Peti Mati Diatas Cela
Londa menjadi sebuah objek wisata menarik yang wajib di kunjungi apabila kita berkunjung di Tana Toraja Sulawesi Selatan. Gua nya tidak terasa pengap tetapi berhawa sejuk serta tidak berbau mayat meskipun di dalam nya terdapat banyak peti mati dan tengkorak.
Tengkorak Yang Terbuka
Peti Mati Yang Ditaruh Didalam Gua
Ini persingahan kami terakhir sebelum meninggalkan Tana Toraja setelah hari sebelum nya kita sudah berkeliling menikmati objek wisata di Tator yg antara lain Lemo, Bori, Batu Tumonga, Kete Kesu dll.
Peti Mati Baru Ditaruh Tahun 2010 Didalam Gua
Londa terletak di Desa Sendan Uai, Kecamatan Sanggalangi yang berjarak sekitar 7km sebelah selatan Kota Rantepao, ibu kota Kabupaten Tana Toraja Sulawesi Selatan.
Peti Mati Diselipkan Dicela Gua
Mesti Merangkak Masuk Gua
Banyak cela2 gua yg di fungsikan sebagai tempat menyimpan peti mati, yg menarik dari gua ini terdapat tengkorak sepasang kekasih yg bunuh diri karna jalinan percintaan mereka tidak di restui, hal ini di karenakan mereka masih mempunyai hubungan saudara. Yaaa ternyata kisah Romeo dan Juliet ada juga di kampung ini, tidak mengenal agama, suku dll kalo masalah cinta tak direstui, dimanapun sama.
Tengkorak Sepasang Kekasih Yang Bunuh Diri
Peti Digantung Didinding Tebing Depan Gua
Di depan dinding pintu masuk gua terdapat banyak sekali patung2 mayat menyerupai wajah asli dari orang yg meninggal tsb. Ada tradisi disana, apabila ingin di buatkan patung seperti itu, maka harus di buatkan ritual pemotongan kerbau sebanyak 24 ekor.

Thanks buat temen2 yang kelayapan bareng di Tana Toraja รจ  Nuniek, Jopit, Iyus, Asnie, Delisa, Yanni, Sheilla. 
Tengkorak + Peti Mati Berserakan


15 comments:

  1. Itu pantat siapa aja yg nunging begitu ?? hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo dari ukuran nya sech punya yanni ama delisa xixii

      Delete
  2. Anonymous14:10:00

    kapan itu mas cum? 3 minggu lalu aku baru klayapan ke sana juga

    ReplyDelete
    Replies
    1. Foto ini saat kelonda 4 tahun yg lalu kalo ngak salah. Tapi okt 2014 kmrn juga sempat singgah lagi di londa dalam rangka Terios 7 Wonders

      Delete
  3. Wah, kalau ini mah tempat wisata seram mas.
    Cadas banget. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Serem tapi lucu lho ... cobain aja pasti ngak ada serem2nya

      Delete
  4. tempatnya amazing banged.. Jadi pengen main kesana. :D moga kapan2 bisa main kesana..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semangat semoga bisa cussss kesana:-)

      Delete
  5. Lho, kok banyak tengkoraknya?
    Itu beneran?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nama nya juga kuburan, pasti banyak tengkorak hehe

      Delete
  6. Suasana bila ada di dalam gua itu seperti apa ya?
    Pasti seram banget ya mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ngka begitu serem kok, kan rame2 hahaha. Kalo sendirian yaa serem

      Delete
  7. Itu putung-putung rokok itu di maksudkan seperti apa mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu persembahan buat yg meninggal :-)

      Delete

- Silahkan Tinggalkan Komen Yang Merangsang. Siapa Tau Kita Berjodoh, Nanti Aku Juga Kunjungi Kamu, Iyaaa Kamuuuuu

- Mau Ngobrol2 Seputar Dunia Nyata & Khayalan atau Kerjasama ??? Bisa Email ke toro2305@gmail.com


Jangan lupa follow IG & Twitter : @CumilebayCom

Best Regards
@CumilebayCom
toro2305@gmail.com