Double Sunrise Sikunir Dieng

Sikunir adalah sebuah gunung/bukit yang terletak di Desa Sembungan, Kec Kejajar Kab Wonosobo di daerah Dataran Tinggi Dieng Indonesia, sekitar 2505m dpl (diatas permukaan laut). Tepat nya di selatan Telaga Cebong.
Berada Didesa Tertinggi Di Pulau Jawa
Gunung Sikunir memiliki kelebihan panorama alam yg sangat mengoda dengan double sunrise nya dan bayangan Gunung Sindoro. Sunrise nya sangat berbeda dengan yg ada di gardu pandang tieng atau tempat lain, oleh nya dinamakan GOLDEN SUNRISE. Karna pola cahaya yang membentuk sebuah bayangan diantara Gunung Sindoro, Gunung Sumbing, Merbabu dan Merapi.
Serasa Berdiri Diatas Awan
Menunggu Sunrise
Hari terakhir di Dieng, kami berencana tutup dengan menyaksikan keindahan matahari terbit dari gunung sikunir. Sabtu sekitar pukul 15.00 kami akhir nya kelar mengunjungi hampir semua objek wisata di dataran tinggi dieng. Kami lanjut perjalanan menuju kota wonosobo untuk menikmati sore di alon2 sambil menikmati mie ongklok.

Jam 9 malam kami dah sampai Penginapan Kalingga (lokasi nya di depan mesjid utama dieng pass, deket terminal dieng) tempat kami menginap. Rencana mau langsung tidur karna besok pagi jam 4 kami akan menanjak ke gunung sikunir  menikmati sunrise, akan tetapi semua berubah saat TV di nyalakan kita akhir nya nonton indonesia idol sampai pukul 23.30.
Tampak Gunung Sindoro Dan Merbabu
Oh yaa kami menyewa 1 rumah tingkat 2 lantai (Penginapan Kalingga) dengan harga menurut kami sangat murah, bangunan permanen bagus, ada 3 kamar tidur, 1 kamar mandi + air panas, TV, parkir 2 mobil di garasi lantai 1. Hawa dingin dieng begitu terasa, suhu sekitar 5 derajat, untung dipenginapan disediakan banyak selimut.

Minggu sekitar pukul 3.30 kami dah bangun langsung siap2 untuk menuju gunung sikunir. Tepat pukul 4 pagi, rombongan kami berangkat mengendarai mobil avanza yg kami bawa dari jakarta. Sampai di parkiran sekitar pukul 4.30 ..... langsung kami lanjut kan nanjak sekitar 30 menit.
Tepat pukul 5.00 kami udah sampai di puncak Sikunir. Hawa dingin begitu menusuk, matahari belum terbit karna bulan dan bintang masih bisa kita lihat dengan jelas. Kami duduk benggong sambil ngobrol menahan dingin. 

Untung ada yg jual Pop Mie + Kopi + Teh, jadi sambil benggong kami akhir nya mesem Popmie + teh anget. Saran aja nich, kalo mmg mau sunrise di sikunir mending bawa makanan ringan jadi bisa benggong sambil ngemil hehehehe.
Trio Lebay Penunggu Sunrise
Masih Berkabut Saat Kita Turun Melihat Sunrise, Pukul 07.30
Jam menunjukan pukul 5.20, matahari terlihat malu2 menampakan sinar nya, keliatan gunung sindoro di depan mata tampak begitu gagah nya dibelakang nya ada merbabu dan merapi.

Kami menikmati pesona matahari terbit sampai pukul 7 pagi, setelah itu kami kembali ke penginapan dan siap2 untuk balik ke jakarta. Rasa nya wajib buat yg sudah ke Dieng untuk menikmati sunrise meskipun butuh perjuangan bangun pagi menahan dingin yg menusuk.

Thanks buat Allah yg memberi kelancaran perjalanan kami menikmati dingin nya dieng. Buat Jopit, Yanni, Swa, Dean, Ella, Novi terus kan pengembaraan yaa menikmati karunia Allah yg diciptakan Nya untuk di nikmati dan di syukuri.


50 comments:

  1. Anonymous10:53:00

    foto yg ke 6 bagus mas

    ReplyDelete
  2. Replies
    1. kang klo ksna dr jakarta bawa mobil sndri brpaan biayanya>

      Delete
    2. Kmrn kita habis cuman 500 an ribu

      Delete
  3. Anonymous10:53:00

    dingin minta ampun disana

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lumayan tp ngak sampai hipotermia hahaha

      Delete
  4. tdk lengkap tanpa foto aku yg imut ini hi100x

    ReplyDelete
  5. dirimu malah milih tidur di penginapan kan

    ReplyDelete
  6. Koq gak nginep d Desa Sembungan, desa tertinggi di pulau Jawa...
    kurang merinding disko, tidak merasakan tinggnya desa sembungan

    ReplyDelete
  7. dingin nya ngak kuat, kita nginep di bawah aja dah merinding disco

    ReplyDelete
  8. IMHO, sunrise di gunung sikunir salah satu spot terbaik dipulau jawa.. ga kalah kerennya sama penanjakan bromo.

    ReplyDelete
  9. Memamng juara sunrise di sikunir, tp jalan kaki nya bikin ngos2an maklum ngak perna olah raga hehehe

    ReplyDelete
  10. Manteb banget foto-fotnya mas, kapan nih ke sikunir lagi
    http://paketwisatatourdieng.com/sunrise-sikunir.html

    ReplyDelete
  11. Replies
    1. Makasih kang mas, sek asek jossss ;-)

      Delete
  12. Permisimas, boleh minta cp penginapannya? Kami mau kesana juga, tapi maklum kurang info, hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kirim email ke aku yaaa, baca contact cumi. ntar aku kasih cp nya ... thanks

      Delete
  13. 5 derajat celcius? dingin banget ya.. dari dulu pengen ke Dieng ini mas (banyak banget pengennya :D), tapi belum kesampaian :D untuk sementara, menikmati tulisan dan foto mas sajalah :D keren foto sunrisenya mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Beneran dingin gila, ampe mengiggil. Ketemu air aja jadi takut hehehe. Makasih :)

      Delete
  14. Setuju mas bro....sikunir emang joss... kereeeen... yg blm pernah kesana....buruaaan...gak bakal nyesel..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaha ... Yg pasti bukan buka dikit joss kan ??? Tp mesti di buka semua nya dan dinikmati ;-)

      Delete
  15. Anonymous18:03:00

    waduh mas,, saya tadi kesana berkabut,, g bisa liat apa2,,hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waduh sayang banget, padahal bagus lho. Mesti ngulang balik ke sana tuch haha

      Delete
  16. daku pernah kesini loh dulu kala.. masih indah aja ya menunggu sunrisenya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masih tetep indah dan tetep dingin membeku hahaha

      Delete
  17. kira2 bulan apa yaa ksananya?cz paz q ksana ga dpet sunrise soalnya kbutnya tbel bgt

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku ke sana sekitar bulan mei, tp mmg sering berkabut. Jadi mesti harus di barengin doa yg kenceng biar sunrise nya keren hahaha

      Delete
  18. Ah aku kesana terakhir tahun 2012 deh, salah satu trip terbaik saya karena dari Jombang penuh perjuangan naik bis sampai oper 5 kali hhahaha... golden sunrisenya mempesona deh om cum,,, dinginnya nggak nahan >_<

    ReplyDelete
    Replies
    1. Eh busyet naik bus 5x ??? lama bener tuch kesannya hehehe. Waktu itu gw bawa mobil dari jakarta, nyetir sendiri dan lumayan capek karena jalanan ancur dari purwokerto nya :-(. Gw nahan dingin nya menggigil diatas sambil makan indomie :-0

      Delete
  19. huaaaaa ga nyampe puncak...ga kuat dinginnya :((

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waduh sayang banget dah sampai sana tp ngak kepuncak nya, gw juga menahan dingin ampe menggigil :-)

      Delete
  20. Anonymous19:31:00

    Kalau naik mobil,kan dari sana harus naik motor untuk mencapai desa terakhir,anda naik ojek atau bwa motor ? Kira2 kalau naik ojek berapa ya ? Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa kok naik motor sampai parkiran deket bukit sikunir nya, trus tinggal jalan kaki. Jalanan nya lumayan bagus kalo naik ojek paling 50an PP

      Delete
  21. Cakep2 photonya. Menikmati karunia Tuhan ga ad abisnya, menjadikan pribadi yg slalu bersyukur dl sgl kondisi... keren mascum :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ah ... Dari dulu mmg aku keren banget ;-)

      Delete
  22. Keren Bossss... Saya asli orang Dieng, tapi malah belum sempat sekalipun menikmati indahnya golden sunrise di Sikunir, karena jarang2 pulang ke kampung halaman...kelamaan di Jakarta.
    Makasih yak...buat ulasanya. Salam Sukses

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih juga atas keindahan dieng, semoga alam nya tetep lestari #Halah

      Delete
  23. Keren yaa..
    Kayanya selama ini sunrise di Sikunir yang paling cantik deh, apalagi pas masih merah2 gitu :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Keren banget ... dan aku suka liat matahari terbit nya terlihat putih merah merona #halah

      Delete
  24. Mohon info dong mas soal penginapan disana hihi kurang info aja mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waktu itu penginapan aku go show, banyak kok rumah penduduk yg disewakan. Kalo yg gw tempatin persis di depan mesjid dieng. Tapi contact nya dah ngak ada hehehe #maaf

      Delete
  25. InsyaAllah,,Agustus dpan tahun ini 2015 sambang ksana,,:) smoga lancar,,amiin,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bismillah ... semangat kakak :-)

      Delete
  26. Waktu ke Dieng nggak sempet ke Sikunir -_____-

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jadi mesti balik lagi ke dieng yaaa hahaha

      Delete
  27. Replies
    1. Harus terus bersyukur dengan nikmat NYA

      Delete
  28. Wisata ini masuk Banjarnegara atau Wonosobo, atau sebagian Banjarnegara dan sebagian Wonosobo, Bang ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Se inget ku malah masuk ke 3 kabupaten lho #AhLupaMaaf

      Delete

- Silahkan Tinggalkan Komen Yang Merangsang. Siapa Tau Kita Berjodoh, Nanti Aku Juga Kunjungi Kamu, Iyaaa Kamuuuuu

- Mau Ngobrol2 Seputar Dunia Nyata & Khayalan atau Kerjasama ??? Bisa Email ke toro2305@gmail.com


Jangan lupa follow IG & Twitter : @CumilebayCom

Best Regards
@CumilebayCom
toro2305@gmail.com