Sunrise & Dendeng di Pantai Maluk

Menikmati Sunset
Pantai Maluk merupakan andalan wisata dari Pulau Sumbawa, Nusa Tenggara Barat. Lokasi nya yg sangat mudah di capai dan berada di keramaian kota kecil maluk sehingga memudahkan pelancong untuk bisa menikmati keelokan pantai ini. Pantai Maluk berada di Desa Maluk, Kec Jereweh, Kab Sumbawa Barat Indonesia.
Maluk dulu nya sekitar ± th 1985 merupakan sebuah daerah yg sepi dan hampir tak dilirik untuk wisata atau pun untuk di tinggali. Tapi semua itu berubah saat penambangan Newmont mulai beroperasi, banyak pendatang pekerja tinggal disana dan akhir nya sekarang menjadi kota yg ramai.
Berpasir Putih & Halus
Senja Menguning 
Terdapat banyak fasilitas penunjang wisata di sekitar pantai ini, mudah di temukan penginapan, rumah makan, lapangan voli pantai, taman bermain anak2, toilet, mushola sampai kehidupan malam nya juga bergeliat. Karna kehidupan malam nya inilah akhir nya MALUK mendapat julukan MANUSIA LUPA KELUARGA hahahaha.
Untuk mengunjungi pantai ini cara nya juga sangat mudah, dari kota Mataram Lombok, kita bisa naik bus damri dengan ongkos sekitar ± Rp. 70.000, - jurusan Mataram – Taliwang – Maluk. Sampai di maluk akan di sambut keramaian sebuah kota kecil, untuk sampai di pantai nya cukup naik ojek Rp. 10.000 -.
It's About The Journey, Not The Destination
Pantai berpasir putih yg lembut dan landai menambah kenyamanan menikmati pantai ini. Saat kedatangan saya ke pantai maluk ini untuk menikmati sunset, cahaya kuning terang berubah agak keemasan yg sangat indah dan cantik.
Senja Mengguning
Ombak di pantai ini tergolong cukup besar, jadi banyak wisatan yang menikmati ombak dengan bersurfing. Buat kita yg tidak bisa mengayunkan papan selancar, yaaa cukup menikmati pantai yg elok ini sambil menikmati makan siang atau sekedar minum es kelapa muda.
Tidak jauh dari bibir pantai terdapat lokasi penangkaran penyu, disini telur2 penyu di pelihara sampai menetas menjadi tukik  dan dilepas lagi setiap sore di bibir pantai maluk. Oh yaa telur2 penyu ini di peroleh dari pantai2 sekitar maluk seperti daerah pantai balas disebrang maluk  & pantai talonang di satuan pemukiman 3 transmigrasi talonang.
Konservasi Penyu
Sekedar info ada warung di sekitar pantai maluk yg menjual dendeng daging yg sangat lezat + sambel nya mantap bikin merem melek hahaha. Selain dendeng daging juga terdapat ayam taliwang, plecing kangkung, ikan bakar dll. Dan mmg bener2 yg bikin betah di maluk yaa makanan nya ini, sampai2 terbawa mimpi rasa dendeng + sambel nya.
Plecing Kangkung, Dendeng Sapi + Pisang Goreng
Thanks buat Mas Arie Newmont, Mas Mollet Newmont, Mas Ardho Newmont, Nova, Abe, Christ Sagala, Ully, Ridwan, Swarie, Rohib, Eko, Alva yg sudah menikmati 2 minggu bersama di sumbawa hehehe.
Melepas Tukik
Mengila Di Maluk

17 comments:

  1. Anonymous12:32:00

    sunset keren warna kuning nya mas

    ReplyDelete
  2. bebekelana15:32:00

    Sukseskan Sumbawa jadi pilihan destinasi selanjutnya....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pasti .... Ayuk tetep berusaha dan berdoa hehehe.

      Delete
  3. pantai maluk ini ada di pulau lombokj ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dipulau sumbawa, jd mesti nyebrang pake kapal dari pelabuhan kayangan lombok menuju pelabuhan taliwang sumbawa. Lanjut perjalanan darat sekitar 2 jam menyusuri pantai2 yg indahl

      Delete
  4. Anonymous19:34:00

    bro itu di banner atas ente (background) ente d pantai mana yak? penasaran euy hehe
    thanks bro, keren blognya :)

    ReplyDelete
  5. Itu di pantai lawar sekongkang, sekitar 5-8 km dari maluk. Ada kok di blog aku.

    Btw makasih dah mampir di blog nya cumi

    ReplyDelete
  6. jadi mau ama dendeng nya :)

    ReplyDelete
  7. dendeng nya lain ama yg perna kita makan, disini dipotong kecil2 + sambel nya juara banget

    ReplyDelete
  8. Terimakasih atas artikelnya , sangat menarik sekali :) sukses selalu, semoga kita semua Slalu ada dalam lindungannya :)
    http://goo.gl/dhvhjc

    ReplyDelete
  9. Anonymous20:56:00

    baguuuuussss bangeeeettttt... tp panaaaaas nyaaa maluk... ko mlm berubah jd kota malam... klo kta org tangerang mah bujuuuuggggg buseeeettt mantaaappp...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehebe ... maluk punya nilai tersendiri. Siang ok malam lebih ok hahaha

      Delete
  10. aseeem aku ndelok wajah om cumi neng kene kok kudu guyu ya :D, masih lugu2 gimana gitu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sial hahaha ... aju imut gemesin kan ;-)

      Delete
  11. Jadi kangen setelah ngeliat foto2 ini, , makasih buat artikelnya !!?
    Dulu pernah tinggal disini dah 16 tahun gk pernah kesana lagiii

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waduh lama banget ngak balik, sekarang tinggal dimana ??? #kepo
      Maluk dah banyak berubah, bulan kmrn aku baru balik dari sana

      Delete

- Silahkan Tinggalkan Komen Yang Merangsang. Siapa Tau Kita Berjodoh, Nanti Aku Juga Kunjungi Kamu, Iyaaa Kamuuuuu

- Mau Ngobrol2 Seputar Dunia Nyata & Khayalan atau Kerjasama ??? Bisa Email ke toro2305@gmail.com


Jangan lupa follow IG & Twitter : @CumilebayCom

Best Regards
@CumilebayCom
toro2305@gmail.com