Sakit Hati Menuju Curug Cikondang

Curug Cikondang - Curug Cikondang lokasi nya sekitar 37 km dari kota Cianjur. Penuh perjuangan untuk mencapai nya karna jalanan rusak. Lokasi nya di Desa Sukadana, Kecamatan Cempaka, Kabupaten Cianjur Jawa Barat Indonesia. Dengan ketinggian sekitar 50m dan berada di tengah2 perkebunan teh PTP VIII Penyairan dan dihimpit oleh sawah2 teras siring yg tidak kalah indah nya jika dibandingkan dengan Ubud Bali.
Jalanan Ancur, Akhirnya Ban Kempes

Perjalanan kami ke curug cikondang ini adalah serangkaian perjalanan dari situs gunung padang, jarak nya sekitar ±7km dari situs. Sepanjang 7km ini sekitar 5 km nya jalanan rusak parah berbatu melewati perkebunan teh. Mobil kami sempet mengalami kempes ban, akhir nya kami dongkrak ganti dengan ban cadangan tp ini jadi cerita seru perjalanan kami, dan paling menyebalkan adalah sekitar 50 m dari tempat kami harus berjuang penuh peluh menganti ban ternyata ada tukang tambal ban ......... Ini sangat menyakitkannnnnnnnnnnnn.
Dibalik Sawah Ini lah Curug Cikondang Itu
Tiket menuju curug ini Rp. 3000,- dikelola oleh warga sekitar. Kita mesti jalan sekitar 1km menurunin persawahan + perkebunan teh yg sangat indah. Akan tetapi ada sedikit yg menganggu dari air terjun ini yaitu ada nya penambangan timah dan emas. Jadi diatas air terjun terdapat banyak sekali Glondongan Mesin sebagai alat untuk pencucian atau memisahkan hasil penambangan yg kebanyakan mengunakan bahan mercury (Air Raksa).
Mesti Trekking 1km
Pencemaran merkuri ini biasanya terjadi dari hasil proses pengolahan emas/timah secara amalgamasi. Proses amalgamasi ini biasa nya mmg dilakukan oleh masyarakat secara tradisional yg dapat terlepas nya mercury ke lingkungan.

Saat proses tahap pencucian inilah, limbah yg umum nya masih mengandung mercury dibuang langsung ke badan air dan ikut dalam aliran air terjun (Curug Cikondang). Hal ini menjadikan merkuri tercampur, terpecah2 berwujud butiran2 halus yg tentu sifat nya sulit dipisahkan. Sehingga berdampak lingkungan seperti perubahan kualitas air, sedimen, hewan air dan vegetasi akibat merkuri ini. Saat sepulang dari air terjun ini tangan gw + novel sempet terjadi bintik2 gatal dan langsung hilang saat kami basuh dengan sabun, yaaaa mudah2an ini bukan efek dari mercury hahahaha.
It's About The Journey, Not The Destination

Semoga saja penambangan di sekitar curug cikondang tidak mengunakan mercury yaaa sehingga alam nya tetap dijaga, hidup masyarakat sekitar tetap sehat tanpa kena dampak dari mercury.

Dari Curug Cikondang kami balik ke jakarta melalui cibeber lanjut kota Cianjur trus puncak - jakarta. Jalanan dari curug cikondang menuju jalan  utama raya cibeber 9km tetep hancur tapi more better di bandingkan jalan dari situs gunung padang ke curug cikondang. Dapat info kalo mau naik ojek dari jalan raya utama cibeber menuju curug cikondang + situs gunung padang sekitar ±Rp. 120.000 pp, hal ini disebabkan jarak yg lumayan jauh + jalanan ancur rusak parah. Sekedar info dari jalan raya utama cibeber tempat pertigaan menuju curug cikondang untuk sampai ke alon2 cibeber nya sekitar 17 km.
Ada Pelangi
Semoga pemerintah setempat sadar dan tersadar trus sadar akan pembangunan jalanan menuju 2 lokasi wisata (situs gunung padang & curug cikondang) sehingga bisa menjadi andalan wisata Cianjur, karna hal ini juga berdampak akan kemajuan kehidupan masyarakat sekitar dengan ada nya pariwisata.

Makasih sangat buat She2, Novel, Juju, Sheilla, Shan2, Anggie. Mari kita kelayapan lagi yeee ketempat lain yg lebih mantap hehehe.

49 comments:

  1. Anonymous00:53:00

    manteb mas cum !!!!!!!

    ReplyDelete
  2. Anonymous01:38:00

    cum, kpn kesono lagi ?

    ReplyDelete
  3. mau nya kapan ???? ayuk ajalah hihihihih

    ReplyDelete
    Replies
    1. bang ini pintu masuknya sama sama gn padang ?

      Delete
    2. Masih jauhhhhhhhhhhhhhh ... ada kali 10 km an

      Delete
  4. Lw kagak ajak gw sech, makanya jadi bocor kan !!!!!

    ReplyDelete
  5. woiiiiw jahat sekali kau ini ihik1000x

    ReplyDelete
  6. Kenape poto aye cuman sekutil disini ?? Ayo jawab papi cumi

    ReplyDelete
  7. yuk poto ulang, kita jalan2 lagi

    ReplyDelete
  8. Replies
    1. Ayo ... Pasti bisa kesini

      Delete
    2. mantep bener dah curugnya

      Delete
    3. Merapat .... ketemuan di jakarta, mari lah kemari :)

      Delete
  9. Anonymous09:04:00

    pernah ke curug malela ga?
    kalau pernah, jelekan mana jaannya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah dah perna, baca disini http://www.cumilebay.com/2012/01/curug-malela.html

      Jalan nya hampir2 sama, cuman ancur nya lebih panjang ini :(

      Delete
  10. Buat sicecep perhatikan fasilitas untuk tempat tempat pariwisata dikabupaten cianjur dong......
    Tong loba teuing korupsi euy..????

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya nich kang, harus nya pemerintah juga ikut serta memajukan daerah pariwisata nya :)

      Delete
  11. waaaa,, air terjunnya dasyat.. debit airnya pas musim hujan y mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini kita kesini kalo ngak asalah bulan juli, udah termasuk penghujan blm yaaa ??? kayak nya masih galau2 ngak jelas cuaca nya hahaha

      Delete
  12. sama istri kayanya enak ke situ....?
    ajiiiibbb.
    siap aktifkan lg kuda perang nya deh buat meluncur dan refreshing lg..

    ReplyDelete
  13. Tercampur dgn mercury? Wah sungguh sgt disayangkan smg masyarakat setempat bs menjaga kelestarian air terjunya. Btw berarti ga bs nyemplung2 di air terjunya dg #sdhtercemarmercury

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yaaa gitu deh, gw sempet kena air nya dan langsung gatal. Mesti di bilas pake air sabun. Maklum kulit anak bupati kan sensitif hua100x

      Delete
  14. setuju jalannya jelek...tapi liat air terjunnya seruu...sayang blm dikelola dengan baik

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya air terjun nya seru banget, cuman air nya agak gatal ;-(

      Delete
  15. air terjunnya sih bagus tapi sayang ya tercemar dengan mercury...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, mudah2an masyarakat nya sadar ;-)

      Delete
  16. PAdahal deket ya sama Jakarta sebenernya ... tapi aku belum pernh ke sana .... thanks infonya ya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo kak disamperin, lumayan deket dari puncak meskipun jalanan ancur haha

      Delete
  17. Replies
    1. Iya, air terjun nya mmg keren mampus

      Delete
  18. Om klo naik motor dr atta'awun puncak k cikondang, rute nya mana yaaa...
    Info ya k no 08561266650 (chivay)
    Mksh gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dari atta'awun lurus aja sampai perempatan cianjur, ntar belok kanan ambil arah ke situs gunung padang. Nanti ada petunjuk jalan nya, kalo dah sampai gunung padang, tinggal tanya aja dan smeua orang dah tau jalan nya kok. Gampang banget

      Delete
  19. Setengah jalan setelah dr gunung padang. Ane balik kanan ndan. Ga kuat lewatin jalanannya. Mana sepi rusak batu smw. Dr oada kendaraan g bsa balij mending puter kanan hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahah akhirnya nyerah yaaa :-( jalanan nya berarti masih ancur tanpa perbaikan PARAH ... aku aja sampai ganti ban gara2 bocor kena batu

      Delete
  20. perjuangan bgt menuju sini sampe2 nyari bengkel katanya jauh ternyata depan mata wkwkwkwkkk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ember ... pingin marah2 kalo inget kejadian itu hehehe

      Delete
  21. om.. klo ksini pake mini bus bisa atau tdk yaa? thankyouu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jalanan nya ancur, kayak nya ngak bakal selamat tuch minibus hahaha tapi ngak tau lagi kalo sekarang dah bagus yaa daku kurang paham. Tapi waktu aku kesana sampai 6 bulan lalu temen kesana juga ancur

      Delete
  22. kerennnn,,,pengen ahh kesituuu

    ReplyDelete
  23. Jalan rusak parah. Tp kebayar dengan pesona curugNya.......

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yap tapi lelah juga nyetir nya hahaha

      Delete
  24. haha bener kang saya sbgai warga asli cikondang merasa sedih dgn keadaan infrastruktur cianjur.. :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo bisa jalanan nya di perbaikin dikit hehehe

      Delete

- Silahkan Tinggalkan Komen Yang Merangsang. Siapa Tau Kita Berjodoh, Nanti Aku Juga Kunjungi Kamu, Iyaaa Kamuuuuu

- Mau Ngobrol2 Seputar Dunia Nyata & Khayalan atau Kerjasama ??? Bisa Email ke toro2305@gmail.com


Jangan lupa follow IG & Twitter : @CumilebayCom

Best Regards
@CumilebayCom
toro2305@gmail.com