Kemilau Danau Maninjau & Kelok 44

Danau Maninjau terletak di Kecamatan Tanjung Raya, Kabupaten Agam, Provinsi Sumatera Barat Indonesia. Perjalanan paling mudah di akses dari kota Bukit Tinggi sekitar 1 jam dengan mobil dan melalui jalanan berkelok-kelok.

Danau Maninjau merupakan danau vulkanik dan memiliki luas sekitar 99,5 km. Dan berada di ketinggian 461,5 mdpl, terasa sangat sejuk karena di kelilingin perbukitan yg rimbun.
Mesti melewati 44 kelokan
Danau Maninjau merupakan sumber air sungai yg bernama Batang Sri Antokan, Puncak tertinggi diperbukitan danau maninjau dikenal dengan nama Puncak Lawang. Danau ini merupakan danau terbesar ke sebelas di Indonesia.
Untuk sampai ke Danau Maninjau, kita akan melewati jalanan menurun dengan banyak kelokan, sekitar 44 kelokan oleh karena itu jalan menuju Danau Maninjau banyak disebut sebagai KELOK 44.
It's About The Journey, Not The Destination
Karna keindahan, ketenangan, keheningan serta damai nya suasana Maninjau, Presiden Soekarno perna berkata “Jangan Datang Ke Ranah Minang, Kalau Tak Mampir Ke Maninjau”. Karna teringat akan perkataan inilah kami ber 5 (gw, ditta, nova, lukman, juki) akhir nya sengaja menyisipkan jadwal perjalanan kami keliling sumatera barat ini untuk sejenak singgah di Danau Maninjau.
Persinggahan kami ke maninjau bisa tergolong sangat singkat, tidak kurang dari 1 jam. Sempat numpang foto2 di kelok 43 dan mencicipi es kelapa muda serta numpang sholat ashar. Lanjut turun ke bawah sampai ke danau nya.
Budidaya Ikan Tawar
Bingung mau kemana lokasi wisata nya, ternyata disana kita bisa singgah dimana saja tanpa di punggut biaya masuk alis gratis. Kami akhir nya menikmati danau maninjau di belakang Lapas Maninjau, terdapat budidaya ikan tawar.
Puas menikmati maninjau, sempet mual di kelok 44, sempet kasih makan monyet di sepanjang jalan kelok 44, kami putuskan balik ke bukit tinggi. Persinggahan yg cukup sebentar tapi membawah kepuasan tersendiri buat kami.

“Kemilau Maninjau Tunggu Kami Kembali Lagi”

2 komentar:

  1. iriiii liat foto2 nya ^o^ pgn bgt bisa kliling indo bgini...bener mas, tiket utk destinasi2 di indo itu lbh mahal dr LN.. :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Indonesia mmg pantas untuk di bayar mahal karen amenawarkan berjuta keindahan :)

      Hapus

Pembaca Yang Baik, Pasti Meninggalkan Jejak "COMMENT" Yang Menggoda. Thanks