Mistis Gerimis di Candi Cetho

Candi Cetho terletak di Dusun Ceto, Desa Gumeng, Kec Jenawi, Kab Karanganyar Jawa Tengah Indonesia, sekitar 3 jam perjalanan dari Kota Solo. Kita akan melewati perkebunan Teh Jenawi dan bisa melihat dari kejauhan air terjun drojokan sewu (Tawangmangu) dari jalanan menuju lokasi candi.















Lokasi nya mmg tidak begitu jauh dari Air Terjun Drojokan Sewu. Begitu masuk gerbang nanti ambil ke kiri akan menuju Candi Cetho dan candi Sukuh kalo ambil ke kanan nanti mengarah ke Drojokan Sewu. Ini perjalanan kami yg ngak jelas, karna ngak tau mau ngapain aja di solo. Niat awal hanya mau ke jogja tapi langkah kami akhir nya berlabuh di Candi Cetho yg menawarkan suasana mistis ditemanin gerimis.


Suasana sunyi karna mmg tidak ada pengunjung lain selain kami, menjadi kan tempat ini sedikit rada2 serem versi kita yaaaa, bangunan candi berwarna hitam dan meningkat keatas makin sepi ditemanin gerimis yg tak perna reda selama kami disana. Sesajen berupa bunga2 banyak terhampar di setiap sudut candi menambah ke galauan kami untuk melangkah jauh. Kami putuskan untuk balik dan tidak berlama2 disana karna aura nya semakin mengoda kami hehehehe.
It's About The Journey, Not The Destination
Cetho dalam bahasa jawa berarti jelas atau jernih, Candi cetho berada di ketinggian 1400 meter lereng Gunung Lawu dan merupakan peninggalan umat Hindu abad ke – 14 M. Berbeda dengan candi2 di Jateng yg pada umum nya menghadap ke barat, candi cetho ini menghadap ke timur mungkin karna pembangunan nya pada masa Majapahit sehingga terpengaruh oleh candi2 dari Jawa Timur.
Sebagai tempat pemujaan Dewa Siwa, candi cetho di hiasi arca phallus yg menjadi simbol Dewa Siwa. Terdapat pula patung Brawijaya V serta penasehatnya dan susunan batu bentuk lingga dan yoni yg berukuran dua meter. Bangunan utama candi berbentuk trapesium berada di teras paling atas. Sampai saat ini masih di pergunakan oleh penduduk sekitar sebagai tempat beribadah.
Perjalanan tahun 2007 bareng Ditta dan Nova ..... Akhir nya terdampar di Solo + Numpang nginep di rumah mbak hani di daerah makam haji solo. Thanks buat mbak hani yg kasih tumpangan gratis plus kasih info ttg candi cetho.

24 comments:

  1. Candi Cetho yang eksotis dan mistis, aku suka bangettt!!!

    ReplyDelete
  2. Waktu kesana beberapa tahun lalu, suasana nya gerimis + sepi, rada2 merinding. Pingin kesana lagi tp langit cerah hahaha.

    ReplyDelete
  3. Anonymous23:45:00

    pingin banget ke sini tapi belum terlaksana

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya juga pingin balik lagi ....

      Delete
  4. Anonymous11:08:00

    drojokan tu bhs mana mas? setau saya grojokan..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waduh yg pasti bahasa jerman hahaha. Mmg yg bener dro atau gro ???

      Delete
  5. kok foto yang terakhir duduk diatas lingga ?

    ReplyDelete
  6. ngak boleh yaa duduk diatas lingga ???? waduh mesti diturunkan nich foto hehehe. Btw makasih dah berkunjung

    ReplyDelete
  7. Abnig putry karizky10:21:00

    aku kesana sama pacar dulu ,, sekarang dah putus jadi itu tempat terindah yg pernah aku kunjungin sama mantan aku he he he malah curcul

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hua hua hua ... tragis banget trus putus, yo wes buruan cari pacar yg lain. Masih banyak yg bertebaran tuch siap di jadikan mantan hahahaha

      Delete
  8. tulis route dari solo yg jelas soalnya penasaran sama yg mistisnya.............kang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ah jalanan nya lupa hehehe. Tp banyak petunjuk arah nya kok.
      Dari solo lurus aja ke karang anyar, lokasi nya deket sama drojokan sewu. Nanya aja dan hampir semua warga sana tau arah nya ;-)

      Delete
  9. Anonymous15:42:00

    asyik sekaleeee

    ReplyDelete
  10. mistis nya terasa palagi pas magrib datgnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waksss jangan maghrib, itu pasti serem :-(

      Delete
  11. Udaranya enak banget di Candi Cetho, pemandanganya bagus.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bener2, udara nya sejuk banget dan waktu aku datangitu gerimis kecil2 jadi makin syahdu

      Delete
  12. Kesini kalo cuman bawa temen pasti rugi nih, harus bawa pasangan hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waduh kenapa mesti pasangan ??? mau mesum yaaa hahaha

      Delete
  13. Candi hindu dan budha memiliki perbedaan, simak ulasan perbedaan candi hindu dan budha

    ReplyDelete
  14. rindu candi cetho..rindu kamu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cetho mmg selalu bikin rindu yaaa ... Miss u

      Delete

- Silahkan Tinggalkan Komen Yang Merangsang. Siapa Tau Kita Berjodoh, Nanti Aku Juga Kunjungi Kamu, Iyaaa Kamuuuuu

- Mau Ngobrol2 Seputar Dunia Nyata & Khayalan atau Kerjasama ??? Bisa Email ke toro2305@gmail.com


Jangan lupa follow IG & Twitter : @CumilebayCom

Best Regards
@CumilebayCom
toro2305@gmail.com