Wisata Tambang di Newmont Nusa Tenggara

Newmont Nusa Tenggara (NNT) merupakan sebuah perusahaan tambang di Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) Indonesia. Newmont sendiri merupakan perusahaan Amerika yang fokus di penambangan emas. Tetapi di NNT yg dikelola adalah Tembaga karna saat eksplorasi banyak di temukan jebakan tembaga di bandingkan emas. 

Wajib Medical Check Up buat semua pekerja
Selama ini pandangan masyarakat terhadap Newmont bisa di bilang agak sedikit miring alias negatif di karenakan berita2 yg terekspos yaitu kasus Newmont Minahasa atau lebih di kenal dengan kasus BUYAT ttg pencemaran lingkungan dan penyakit minamata. Padahal seiring berjalanan nya waktu kasus ini tidak terbuki bahwa Newmont mencemarkan lingkungan dan penyakt minamata yg di gembar gembor kan ini tidak di temukan yg sesungguh nya.
It's About The Journey, Not The Destination
Belajar dari kasus Buyat yg memakan waktu lama, dan persidangan yg melelahkan antara 2004-2009 maka Newmont mulai membuka diri terhadap masyarakat bahwa perusahaan tambang tak semua nya buruk dan mencemarkan lingkungan. Newmont melalui Newmont Nusa Tenggara mencoba transparan dan mengundang masyarakat untuk melihat proses tambang yg di kelola oleh NNT.
PIT ... tempat penambangan
Kebetulan kami ber 8 (Adie, Abe, Ridwan, Swarie, Christ, Alva, Eko, Rohib) dari profesi  serta latar belakang yg berbeda di undang Newmont untuk ikut SUSTAINABLE MINNING BOOTCAMP. Sebuah program selama 10 hari dimana kami di ajak untuk melihat proses tambang yg sebenar nya itu bagaimana dan kami juga diajak merasakan kehidupan warga sekitar lingkar tambang.
Haul Truck Pengangkut Batuan
Hasil pengeboran batuan yg akan di teliti kandunganya
Kilas balik ttg Newmont Nusa Tenggara ..... Tahun 1985 di tanda tanganin kontrak karya antara NNT dan pemerintah. Sekitar 1986 mulai di lakukan ekplorasi dan 1990 di temukan jebakan tembaga. Setelah melalui proses maka 1996 Amdal yg di ajukan oleh NNT di setujui oleh pemerintah. Maka 1997 mulai di lakukan kontruksi dan sekitar Maret 2000 NNT mulai berproduksi.
Pabrik NNT
Visi dari Newmont Nusa Tenggara yaitu “Menjadi Perusahaan Tambang Yang paling Dihargai dan Dihormati Melalui Pencapaian Kinerja Terdepan Dalam Industri Tambang”. Mencoba di wujudkan dengan membangun perusahaan secara berkelanjutan dan berkesinambungan. Hal ini untuk mencapai Laba tertinggi bagi pemegang saham,  menjadi terdepan dalam keselamatan kerja, perlindungan lingkungan serta tanggung jawab sosial.
Proses penghancuran batuan di Sag Mill
Kedatangan kami yg mewakili sebagian kecil masyarakat Indonesia ke NNT untuk melihat langsung proses penambangan dan kinerja NNT. Membuka mata kami bahwa NNT memang benar2 mau membuka diri thd masyarakat ttg segala hal mengenai pertambangan. Niat awal saya hanya ingin jalan2 melihat indah nya sumbawa dan cuek terhadap program BOOTCAMP ternyata berbalik saya malah antusias mengikuti program bootcamp karna disini kami banyak belajar ttg pertambangan.
Haul Truck pengangkut batuan yg akan di olah di pabrik
Kami melihat langsung bagaimana sebuah bukit diambil tanah dan batuanya sehingga menjadi semacam danau. Dimana batu2 tersebut akan diolah menjadi konsentrat yg siap di kapalkan ke Smelter antara lain dikirim ke Gresik, Cina, Jepang, Filipina dll.

Di pabrik kami melihat langsung dan dijelaskan bagaimana batuan2 itu di proses menjadi konsentrat melalui proses fisika. Dari mulai penghancuran batu2an menjadi butiran pasir2 halus di Sagmill dan Ballmill dilanjutkan dengan proses pemisahan antara mana yg akan menjadi konsentrat dan mana yg akan di buang menjadi tailing.
Ruang monitoring mesin2 pabrik
Oh yaaa hasil prosuksi dari NNT ini menjadi 2 yaitu konsentrat dan tailing. Dimana tailing ini lah yg banyak di ributkan oleh LSM, Masyarakat dll karna dianggap limbah berbahaya dan akan merusak lingkungan. Kami diajak langsung untuk melihat bagaimana proses tailing ini di tempatkan yaitu di palung laut sebuah teluk yaitu Teluk Senunu. Tailing ini di alirkan dari pabrik mengunakan pipa dengan jarak sekitar 3,5 km dari bibir pantai dan kedalaman mencapai ± 400M dari permukaan laut.
Proses pengapungan untuk memisahkan antara konsentrat atau tailing
Sebelum tailing ini di lepas di laut, maka tailing ini melalui proses penetralan sehingga saat di tempatkan di palung laut, tailing ini sudah tidak mengandung bahan berbahaya buat lingkungan dan tidak memcemari. Pihak NNT selalu melakukan study dan pengecekan langsung terhadap kandungan serta segala hal mengenai tailing ini sehingga bener2 aman.

Newmont Nusa Tenggara sangat bertanggung jawab terhadap lingkungan, hal ini terwujud dengan adan nya Departemen Environmetal. Banyak sekali tugas2 yg di emban oleh departemen ini sebagai contoh ada nya sidak ke setiap departemen untuk mengecek ttg pemisahan sampah, dimana sampah ini di bagi menjadi 3 yaitu sampah basah, sampai kering dan sampah B3 (bahan beracun berbahaya).

Kalo ada salah penempatan maka enviro akan memberi teguran dan berefek thd pemotongan bonus. Hal ini membuat setiap pegawai NNT bersikap disiplin. NNT juga melakukan reklamasi dari lahan yg di buka untuk tambang, sebagian sudah di kembalikan lagi menjadi hutan seperti sedia kala dan ini kami melihat langsung reklamasi nya. Newmont Nusa Tenggara juga mendapat berbagai penghargaan antara lain Proper Hijau 2009 & 2010
Banyak sekali yang kami lihat dan kami rasakan secara langsung selama 10 hari ikut Mining Bootcamp ini, semoga apa yg dijelaskan terhadap kami bener2 transparan dan tidak ada yg di tutup2i hahahahaha. Semoga program seperti ini juga di contoh oleh tambang2 lain sebagai wujud keterbukaan tehadap apa yg mereka lakukan terhadap alam ini. Bahwa apa yg mereka kerjakan tidak merusak lingkungan dan tidak melakukan pencemaran.
Pipa Tailing dari pabrik dialrikan menuju teluk senunu
Proses pencucian hasil produksi
Thanks buat : 
- Newmont Nusa Tenggara (Pak Ruby, Bu Jenni, Pak Yovi) & Markplus yg telah membawa saya berpetualang menikmati sebuah pengalaman ttg dunia tambang yg selama ini tidak perna saya bayangkan.
- Christ Sagala : Hail jepretan nya keren, mas bro terus berkarya yaaaa
- Temen Bootcamp : Swa, Christ, Alva, Rohib, Ridwan, Abe, Eko
- Mas Arie NNT : Makasih dah sabar nemenin kita
- Mas Molet, Mas Ardho : Sorry kalo banyak ngerepotin
Konsentrat hasil produksi siap dikirim ke smelter

17 comments:

  1. Anonymous23:57:00

    penasaran sama dunia tambang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sangat menarik dan yg pasti gaji nya gede, itu yg kami liat dan kami temui disana

      Delete
  2. duhhh ngak sabar mau segera ke sana neh mas cum ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seru lho acara nya, sampai ketemu minggu depan yaaaa :)

      Delete
  3. ADA INFO YAYASAN PENDIDIKAN NEWMOT TDK?SAYA BERKEINGINAN UNTUK MELAMAR JD TENAGA PENGAJAR DSANA.BAGAIMANA CARANYA? BISA MINTA TLNG HUB 081946205607.TERIMAKASIH BANTUANNYA

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba langsung ke newmont nya aja, kebetulan kami hanya ikut bootcamp aja selama 10 hari. Jadi hanya melihat dunia tambang dan lingkungan sekitar tambang kalo urusan lowongan agak kurang tau hahaha #maaf

      Delete
  4. bagus banget tempatnya,,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yuk ikutan sustainable minning bootcamp batch 4. Tunggu berita nya di koran2, trus daftar n berlibur ke newmont hahaha

      Delete
  5. ikutan bootcamp begini syarat2nya apa sih mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kirim cv nya ke panitia trus kasih alasan knp kita mesti memilih kamu. Nanti kita yg seleksi. Seru lho acara nya

      Delete
  6. Trims Infonya Mas :)

    Sedang tertarik menulis mengenai pertambangan nih karena perlu banget diketahui masyarakat.. apalagi sejak saya ke Cibaliung di daerah Banten, semakin tertarik!

    Jadi ingin ikut bootcampnya niiih !


    Salam!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayuk join bootcamp, lagi buka pendaftaran batch ke 4. Silahkan langsung meluncur ke www.ptnnt.co.id

      Delete
  7. Anonymous16:22:00

    duh baru baca, ini setiap tahun ada ya programnya, tadi sudah coba meluncur ke sana tp sudah terlambat! hehehe... (mia)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya nich dah tutup seleksi untuk batch 4 ini, akan umumkan akhir bulan ini dan petengahan feb nanti bakal di berangkatkan ke sumbawa. Nanti ikut bacth 5 aja sekitar nov 2014

      Delete
  8. harus diakui mas, terkadang ada 2 sisi mata pedang dalam industri energi. di satu sisi dia bisa memberikan dampak pendapatan di masyarakat, di satu sisi terkadang sehebat apapun program EHS ( Enviromental, healt & Safety ) terkadang dia bisa memberikan bencana...

    semoga alam selalu ramah untuk kita, btw pengalamannya asiiiik mas :D

    --

    sedikit cerita adanya industri gas yang mampu mengubah suatu kota.

    https://bukanrastaman.wordpress.com/2014/08/20/pesona-luwuk-dari-kilo-lima-hingga-saraba-sulawesi/

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jangan lupa ikut batch selanjutnya yaaa, biar tahu proses di newmont

      Delete

- Silahkan Tinggalkan Komen Yang Merangsang. Siapa Tau Kita Berjodoh, Nanti Aku Juga Kunjungi Kamu, Iyaaa Kamuuuuu

- Mau Ngobrol2 Seputar Dunia Nyata & Khayalan atau Kerjasama ??? Bisa Email ke toro2305@gmail.com


Jangan lupa follow IG & Twitter : @CumilebayCom

Best Regards
@CumilebayCom
toro2305@gmail.com