Ada Apa di House Of Sampoerna

House Of Sampoerna
Jl. Taman Sampoerna No. 6 Krembangan
Pabean Cantikan, Surabaya Indonesia
031-3524340  
Gerbang Depan
Ke Surabaya rasa nya belum lengkap kalo belum mengunjungi House Of Sampoerna, tempat ini merupakan pabrik rokok pertama milik keluarga sampoerna masih masih terus di jaga dan dilestarikan.
Replika Warung Asal Muasal nya Sampoerna
HM. Sampoern atau Sampoerna merupakan perusahaan rokok terbesar di Indonesia saat ini, didirikan oleh Liem Seeng Tee (1893-1956). Sampoerna berkembang dari sebuah warung kecil yg menjual berbagai bahan pokok serta produk tembakau. Tahun 1913 Liem Seeng tee mendirikan Handel Maastchpaij yg kemudian berubah menjadi HM. Sampoerna.
Di luas 1,5 hektar terdiri atas beberapa bangunan. Bangunan ini sendiri didirikan th 1864 yg awal nya di gunakan sebagai panti asuhan untuk anak yatim piatu. Pada tahun 1912 panti asuhan di pindahkan ke embong malang dan th 1932 Liem Seeng Tee membeli bangunan ini dan menjadikan nya pabrik sampai sekarang.
Foto2 Sejarah Sampoerna
Koleksi Rokok Sampoerna Tersusun Rapi
It's About The Journey, Not The Destination
Saat memasuki House Of sampoerna ini akan tercium bau cengkeh, disini ada replika warung rokok yg pertama kali dibangun oleh Liem Seeng Tee, ada juga sepeda tua miliknya serta benda2 pribadi milik nya di pamerkan disini.
Di bangunan belakang, terdapat pabrik yg lumayan luas untuk memproduksi rokok. Sampai saat ini masih digunakan untuk memprosuksi. Kita bisa melihat prosuksi rokok Sampoerna ini dari panggung lantai 2. Ada sekitar 234 pekerja yg bisa memprosuksi 325 batang rokok perjam.
Proses Pelintingan Rokok
Bisa Melihat Proses Pembuatan Rokok
Kedatangan ke House Of Sampoerna ini sudah yg ke 4x nya, rata2 karna nemenin temen yg datang ke surabaya. Kali ini nasib nya juga sama, nemenin Tikka yg lagi galau ngak jelas (piss tikka). Dihari terakhir kunjungan tikka di surabaya, kami sempatkan mengunjungi tempat ini.
Cafe Sampoerna
Oh yaaa disisi kanan bangunan utama, awal nya dulu di tempati Adi Sampoerna (anak pertama pendiri sampoerna). Tapi saat ini bangunan ini digunakan sebagai Cafe. Jadi kalo capek jalan2 bisa mampir disini menikmati makanan dan minuman.  
Tampak Depan 
Bus Untuk Mengelilingin Bangunan2 Tua Surabaya

6 comments:

  1. wajib dateng sini yah kalo ke surabaya... noted...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jangan lupa sekalian mampir ke gresik yaaa hahaha

      Delete
  2. ihhh ruangannya pasti enak bgt ya wanginya...cengkeh gitu ^o^ sbgi mantan perokok, kdg kalo nyium2 wangi yg menjurus ke rokok, jd pngin ngerokok lagi :) agak ga yakin suami bakal mw ke tempat ini pas keliling jawa des bsk.. huhh..dia tau bgt kelemahan aku kayaknya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ruangan nya ketutup, bau nya ngak begitu kok. Jgn lupa nongkrong2 di cafe nya

      Delete
  3. Iiiish keren banget ya sampoerna, bisa jadi destinasi wisata baru Indonesia

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jadi kapan mak tanti ke sby ??? jangan lupa oleh2 sambel bu rudi

      Delete

- Silahkan Tinggalkan Komen Yang Merangsang. Siapa Tau Kita Berjodoh, Nanti Aku Juga Kunjungi Kamu, Iyaaa Kamuuuuu

- Mau Ngobrol2 Seputar Dunia Nyata & Khayalan atau Kerjasama ??? Bisa Email ke toro2305@gmail.com


Jangan lupa follow IG & Twitter : @CumilebayCom

Best Regards
@CumilebayCom
toro2305@gmail.com