Ujung Kulon Penuh Cinta

Cidaon
Ujung Kulon terletak di bagian paling barat Pulau Jawa, dan merupakan Taman Nasional pertama yg di resmikan di Indonesia serta merupakan Taman Warisan Dunia yg di akui oleh UNESCO tahun 1992. Ujung Kulon yg lebih akrab di sebut UK oleh rekan2 traveller ini memiliki luas sekitar 1206 Km persegi dimana sekitar 443 km adalah lautan yg berbatasan langsung dengan samudra hindia.

Dermaga Desa Sumur
Homestay Pak Komar, Sebelum Menuju UK
Dermaga Pulau Peucang Dari Kejauhan
Akhirnya Mendarat DiPeucang
Di UK juga terdapat beberapa pulau, antara lain Pulau Panaitan, Pulau Handeulem dan Pulau Peucang, kedua pula ini sekarang menjadi tempat penginapan untuk para wisatawan atau ilmuan yg akan melakukan konservasi. Yang paling ngetop dari UK adalah sebagai Hutan Lindung yang sangat luas tempat berkembang biak nya 50an badak jawa (Rhinoceros sondaicus). 
Depan Penginapan
Aula Penginapan Fauna
 Depan Penginapan Fauna
Semakin sedikit nya populasi Badak Jawa ini dikarenakan semakin sempit nya ketersediaan makanan, ancaman letusan gunung Krakatau dan Tsunami serta persaingan makanan dengan banteng ditambah lagi perambahan hutan yg semakin mengila.
Tapi ada kabar baik dari semakin langkah nya badak jawa ini, yaitu di temukan beberapa badak remaja serta anak badak, hal ini di lihat dari video trap yg di pasang oleh lembaga perlindungan badak di dalam hutan sekitar ujung kulon tempat badak2 itu berkembang.
Mesti Jalan Kaki
Cibom
Menikmati UK membutuhkan tantangan tersendiri di karenakan lokasi nya yg lumayan jauh dari jakarta juga karna disana tempat endemi malaria. Oleh karena itu bagi siapa saja yg hendak ke Uk di harapkan untuk meminum obat anti malaria sebelum kesana semacam Reschocin atau Pil Kina.
Mercusuar Cibom

Tanjung Layar


Perjalanan ke UK membutuhkan waktu sekitar 8 jam dari jakarta. Hari jum'at sekitar jam 19.00 rombongan kami berkumpul di Slipi Jaya, dengan menyewa Mini Bus kami melakukan perjalanan dimulai dengan Tol jkt-merak keluar di serang timur, lanjut ke pandeglang trus  tanjung lesung labuan. Jalanan dari jakarta sampai Labuan tergolong mulus tetapi perjalanan selanjut nya penuh penderitaan yaitu Labuan - Desa Taman Jaya - Desa Sumur jalanan ancur berlubang serta penuh genangan, di tambah banyak nya jembatan yg bentuk nya sudah mengkhawatirkan, sempat beberapa kali bus kami terpentok dengan sisi jembatan.
Tanjung Layar
Sengaja kami menuju Desa Taman Jaya karna desa ini yg terdekat dengan Pulau Peucang sebagai tujuan kita untuk menikmati UK. Di desa Taman Jaya kami mengunakan jasa Pak Komar yg sudah terkenal sebagai penyedia jasa kapal, catering, ranger dll di UK. 
Sampai di basecamp nya pak komar sekitar pukul 3 pagi, kami rombongan ber 29 orang langsung mengambil posisi untuk tidur menikmati malam yg tersisa.
Oh yaaa tiap perjalanan ke UK ini, selalu saja penuh pasangan yg ngak jelas juntrung nya. Sempet ada Nuniek - Rizky yg ngak tau status nya, End - AR yg kandas di perempatan (padahal sangat mesra waktu ke UK), Daoc - Imam yg akhir nya nikah, Dinda - Randy yg masih malu2 tp malah menghilang, Edu - fio yg menikah dan punya junior. Kalo mau di jelasin pasti panjang lagi + ngak penting hahahaha. Yaaaa UK bertebaran cinta ngak jelas inti nya.
Cidaon
Sunrise Di Peucang
Sekitar jam 6 pagi kami sudah bangun dan langsung sarapan nasi uduk yg telah disediakan. Rencana menyebrang ke pulau peucang jam 7 pagi terpaksa agak sedikit molor 1/2 jam di karenakan ujan dan badai. Tapi alhamdulillah saat kami berada di kapal, cuaca mendingan hanya gerimis yg menyertai perjalanan.
Seru2an Diatas Kapal
Tepat jam 10 pagi kami dah sampai di pulau peucang. Di Pulau ini rombongan kami akan menginap, kami sewa 7 kamar fauna yg 1 bulan sebelum nya kami dah reservasi melalui telp ke kantor Taman Nasional di Labuan. Di Pulau peucang ini terdapat beberapa macam penginapan yaitu barak, fauna, flora jadi dari mulai tidur rame2 di barak tanpa ac, atau di kamar2 yg nyaman sekamar ber 3 di fauna atau sekamar ber 2 dengan ac dan kamar mandi pake air hangat juga ada. Diseputaran penginapan terdapat tanah lapang dimana banyak sekali babi hutan, rusa, monyet berkeliaran dengan bebas.
Setelah beres menaruh barang di kamar yg telah di bagi, kami lanjutkan untuk snorkling di Citerjun, karang nya lumayan dan ikan2 nya juga lumayan meskipun air nya agak sedikit bergelombang. Tapi kami mencoba menikmati apa yg bisa di nikmati tanpa perlu mengeluh.
Snorkling Citerjun
Sekitar jam 1 siang di lanjut kan menyebrang ke Cibom disana ada mercusuar untuk tanda kapal2 yg berlayar di samudra hindia. Mercusuar ini hanya di jaga oleh 2 orang yg berdinas selama 6 bulan dan tiap 3 bulan sekali dikirim bahan makanan. Di cibom ini juga terdapat Tanjung Layar berupa batu2 besar menyerupai layar dengan hempasan ombak yg besar.
Bawah Laut nya Lumayan Keren
Untuk mencapai Cibom kami harus naik kapal dari pulau peucang sekitar 2 km dan di lanjut jalan kaki membela hutan sejauh 2 km an.
Waktu menunjukan pukul 16.00 saat kami meninggalkan cibom, tujuan kita selanjut nya adalah cidaun. Disini terdapat padang gembalaan yg tiap sore terdapat banyak banteng, rusa, burung merak, babi dll berkumpung di sebuah tanah lapang.
Di cidaun kami hanya foto2, tidak bisa mendekat ke segerombolan banteng yg lagi merumput. Dikarenakan kalo kita terlalu dekat makan semua gerombolan itu akan kabur masuk kedalam hutan.
Malam ini kami hanya ngobrol sambil bersenda gurau di sekitar penginapan. Suasana sunyi dan sekali2 terdengan suara babi mendesis.
Peucang
Minggu pagi saat nya menikmati sunrise di pantai pulau peucang yg terkenal berpasir putih dan halus, sempet narsis2, bergulung2 di pasir jumpalitan dll.Tepat pukul 8 pagi, kami tinggal kan pulau pecang dengan sejuta kenangan, perjalanan kami lanjut kan ke Pulau Handeulem untuk ijin di penjaga pulau sekalian sewa cano, untuk bercano ria di sungai cigenter. Disungai ini terdapat banyak ular, buaya dll tapi saat kami kesana hanya menemukan ular.
Cigenter
Kebetulan ini perjalanan saya yg ke 3 di Ujung Kulon, sehingga tidak begitu narsis hahahhahahhaha. Sekitar jam 13.00 kamu sudah sampai di basecamp nya pak komar kembali, saat nya kami siap2 untuk balik jakarta.
Kalo mau menikmati UK secara utuh mungkin butuh waktu beberapa hari, kita bisa trekking melewati hutan, sampai di sang hyang sira dll. Kita bisa sewa potter serta guide untuk menemati kita berpetualan di UK.
Sungai Cigenter
Cannoing Sungai Cigenter

24 comments:

  1. ujung kulon emg bener" bersih bro, masih jarang orang yg kesana

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mudah2an saja terus bersih dan terpelihara keaslian nya

      Delete
    2. Dimana kira kira tempat yang masih jarang dikunjungi orang tetapi bagus utk foto landscape? thanks

      Delete
    3. Aish jadi bingung jawab nya, indonesia itu indah dan semua cakep hehehe

      Delete
  2. wah bagus tuh buat tempat mesum bro.

    by anwar hadi pemegang indramayu barat yg gak pernah bisa lepas dari wiwi mawiriyah.
    love panji anom.
    karjo masalalu gua.
    panji masadepan gua..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waduh jgn mesum dong ditempat beginian, ntar kesambet lho hahahahhaa

      Delete
    2. Wajib di kunjungin .... ayo berangkat

      Delete
  3. Mas/mba Cumilebay kira2 ada rencana kesana lagi ga? Kalo boleh mau gabung dong...
    Atau saya minta nomor kontak penyewaan kapal , masih simpen ga yah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kesana lagi blm jelas, udah 3x kesana jadi nunggu ada yg mau bayarin :)
      Sewa kapal nya mahal sekitar 3-4 juta jadi mesti banyakan biar sharing nya murah

      Delete
  4. Di pulau peucang, penginapan nya dimana ya? Ada referensi gak..? 2 bulan lagi mau kesana, tapi cari2 penginapan nya di mbah gugle sulit..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di pulau peucang nya ada penginapan kok, booking nya ke taman nasional ujung kulon, cari aja no telp nya di google banyak.

      Delete
  5. Awalnya tertarik mas..Tapi mndengar 'ada ular' di sungai cigenternya, AAGHHHHH...#Pingsan ;p Aku paranoid bgt emg ama ular..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tapi sumpah tempat ini keren banget, wajib di kunjungin lho :)

      Delete
  6. wih mantab tuh mas cumi :D

    ReplyDelete
  7. Akhir Januari nanti berencana travelling ke Ujung Kulon
    Kalo punya kontak/nomor telepon penginapan yang ada di Desa Sumur, apakah boleh di-share ke saya ?
    Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silahkan baca contact cumilebay yaaa

      Delete
  8. Keren Om, mantep banget

    ReplyDelete
  9. keren om cumi, gili bisa kalah nih sama UK, bsa snork jga, saya ada niatan kesana tapi tgl 1 jan cuma ber2 low bajet, trip bagus cma mahal yah, gak ada yg mrah apa disana hehe, i love beach

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waduh kalo ber 2 mana asyik, ke uk seru nya rame2 coz sewa kapal lumayan mahal lho hahahaha

      Delete
  10. Om saya rencana mau ke peucang share cost sama temen2 cuma belom tau kontak orang sana nya, klo boleh minta kontak orang peucang nya om

    ReplyDelete
    Replies
    1. Email aja yesss, baca contact cumilebay

      Delete

- Silahkan Tinggalkan Komen Yang Merangsang. Siapa Tau Kita Berjodoh, Nanti Aku Juga Kunjungi Kamu, Iyaaa Kamuuuuu

- Mau Ngobrol2 Seputar Dunia Nyata & Khayalan atau Kerjasama ??? Bisa Email ke toro2305@gmail.com


Jangan lupa follow IG & Twitter : @CumilebayCom

Best Regards
@CumilebayCom
toro2305@gmail.com