Ngaku Gaouuuul, Wajib ke Tidung

Mari Bercinta di Jembatan Cinta
Pulau Tidung merupakan salah satu kelurahan di Kepulauan Seribu dan termasuk di Propinsi Jakarta Indonesia, lokasi nya tidak begitu jauh dari Jakarta sekitar 2 jam perjalanan dengan kapal laut. Pulau ini terdiri dari 2 bagian yaitu Tidung Besar dan Tidung Kecil, dimana kedua pulau ini di hubungkan dengan sebuah jembatan yg di sebut Jembatan Cinta.

Naik Kapal Rakyat Dari Muara Angke
Pulau Tidung merupakan pulau yg berpenghuni di kepulauan seribu, dengan luas wilayah sebesar 50 heaktar persegi dan jumlah penduduk sekitar 4500-5000 jiwa. Pulau ini tergolong ramai dan padat penduduk nya. Di mana hampir semua penduduk nya mendiami Pulau Tidung Besar. Sedangkan Pulau Tidung Kecil merupakan kawasan pengembangan mangrove, terdapat pula makam yg dikeramat kan. Di Pulau Tidung Kecil ini kita bisa menikmati indah nya alam sambil bersepeda.
Selamat Datang di Pulau Tidung
Perjalanan saya ke Pulau tidung kali ini bisa tergolong yg ke ?????? hampir lupa yg keberapa karna saking sering nya saya kesini mengantarkan temen2 sekaligus bersantai di pulau. Awal kesini dulu sekitar April 2008, suasana masih sepi dan tidak banyak pengunjung. Pulau ini bener2 lagi naik daun di kalangan muda Jakarta, rata2 hampir anak2 muda Jakarta sudah perna ke pulau tidung hahahhahaha.
Mari Bersepeda


Sangat muda sekali untuk mencapai pulau ini. Buat kamu yg suka akan petualangan menikmati kapal rakyat, berdesak2an, duduk di kapal tanpa kursi akan menjadi pemandangan yg sangat lumrah apabila hendak ke Kepulauan Seribu, biaya nya juga cukup murah.
Hampir semua perjalanan ke Kepulauan Seribu bisa diawali dari Pelabuhan Muara Angke Jakarta Utara, termasuk ke Pulau Tidung. Lokasi pelabuhan ini sangat mudah di capai. Buat yg bawa kendaraan pribadi bisa langsung mengarah kearah Pluit - Muara Karang - Muara Angke. Kalo mengunakan transportasi umum bisa dari citraland grogol naik mikrolet warna merah jurusan muara angke, ongkos nya cuman Rp. 4000,-
Muara Angke ini merupakan pasar ikan tradisional yg juga merangkap sebagi pelabuhan. Kalo binggung saat disana, tanya aja SPBU Muara Angke, lokasi pelabuhan ini ada di belakang SPBU. Oh yaa kapal berangkat dari Muara Angke ke Pulau2 yg ada di Kepulauan Seribu ini rata2 jam 7 pagi. Jadi diharap kan jam 6 pagi sudah ada di pelabuhan. Perjalanan ke pulau tidung ini memakan waktu sekitar 2,5 jam dengan kapal rakyat, ongkos untuk kapal nya juga lumayan lah murah.


Di pulau tidung tidak ada penginapan semacam resort atau hotel, jadi kita bisa tinggal di home stay yg dikelola warga setempat. Saat kami kesana tahun 2008-2010 rata2 kami menginap di rumah penduduk. Trus kita bisa memesan makanan buat kita makan siang, makan malam sampai sarapan, harga nya juga relative standart.
Pembuatan Kapal
Salah Satu Sudut Homestay
Kondisi Pulau Tidung sudah banyak berubah sekarang, semakin banyak nya wisatawan datang, semakin menciptakan peluang bisnis yg sangat bagus. Sekarang ini kita bisa nginep di home stay yg mmg dibikin untuk wisatawan. Fasilitas nya juga lumayan, ada Spring Bed, AC.
Jangan takut untuk berkelana di pulau ini, banyak sekali warga setempat yg menyediakan jasa layanan wisata dan akan membantu kita dengan ramah dan baik hati hahahahaha. Di pulau ini kita bisa beraktifitas seperti bersepeda, berjalan kaki mengelilingin pulau, snorkeling, banana boat atau sekedar menikmati jembatan cinta.
Merenungin Nasib Jadi Jomblo
Sekitar pukul 9.30 an biasa nya kapal dari muara angke sudah merapat di pulau tidung.  Sampai di pulau tidung langsung menuju penginapan, di lanjut bersepeda menikmati suasana pulau dengan semilir angin.  Kita menikmati perkampungan, melihat aktifitas warga sambil berfoto2 narsis sampai ujung pulau yg terkenal indah dengan pasir putih dan pohon2 kelapa nya. Sepeda nya sendiri kita bisa sewa dari warga setempat.
Lompat Dari Jembatan Cinta
Jam 12.00 kita kembali kepenginapan untuk makan siang, trus persiapan untuk snorkeling. Tepat jam 13.00 perjalan mengunakan perahu yg kita sewa berangkat menuju pulau2 di dekat tidung untuk snorkling. Oh yaaa sewa perahu ini biaya nya sekitar Rp. 300.000 – Rp. 500.000 tergantung dari besar kecil nya perahu yg kita sewa. Rata2 muat antara 10-20 orang. Alat snorkeling juga sangat mudah kita sewa disana.
Snorkling di Pulau Aer & Pulau Payung
Banyak pilihan pulau untuk bersnorkling. Ada pulau Payung, Pulau Aer, Pulau Karang Beras atau hanya ke Pulau tidung Kecil. Yang paling menarik sech ke pulau Aer karna trumbu karang nya masih bagus dan juga terdapat semacam lorong sungai di pulau nya yg di tumbuhin pohon cemara.
Puas bersnorkling, maka perahu akan kembali ke pualu tidung. Tidak lupa untuk mampir di jembatan cinta menikmati sore sambil bersenda gurau atau sekedar minum es kelapa atau mau lebih asyik main banana boat dengan sahabat2. Di jembatan Cinta ini pula kita bisa adu keberanian untuk melompat dari atas jembatan  setinggi 10-15 meter.
Begitu matahari tenggelam maka kembali kepenginapan untuk beres2 setelah seharian berkelana. Makan malam bisa di sajikan dengan barbeque atau kalo malam cukup pesan makanan diatar kepenginapan.
Puas tidur malam …. Pagi nya lanjut berburu sunrise di jembatan cinta. Kali ini kita bersepeda dari penginapan menuju jembatan cinta. Disekitar jembatan cinta disediakan parkir sepeda jadi kita tidak bisa melewati jembatan dengan bersepeda. Santai2 dijembatan ini sambil menikmati sunrise dan berjalan kaki menuju Pulau Tidung Kecil menjadi keasyikan tersendiri. Sambil melihat trumbu karang + ikan2 dari atas jembatan.
Oh yaaa disekitar jembatan cinta banyak terdapat warung yg menjual berbagai makanan dan souvenir. Kita bisa sarapan atau sekedar jajan disini. Terakhir kesini Mei 2012, di tempat ini sudah ada arena outbond yg bisa kita gunakan.
Menjelang siang … saat nya kita kembali ke ibu kota. Puas menikmati liburan di Pulau Tidung maka tepat pukul 13.00 kapal pertama akan berangkat kembali ke Jakarta. Usahakan sampai di dermaga kapal sebelum pukul 13.00 biar kita bisa mencari tempat duduk yg nyaman dan menghindari panas hahahaha.
Mengila Bareng Temen-Temen

82 comments:

  1. Alhamdulillah berarti gw gaoul hi39x

    ReplyDelete
    Replies
    1. keren yaa mak, kamu mmg paling gauolllll

      Delete
    2. wah keren juga :D , moga tahun ini gua kesana om :D

      Delete
  2. jadi gw blom gaol donk wkwkwk

    ReplyDelete
  3. Maka nya buruan ke tidung hua1000x biar gaoullllll. Btw makasih dah berkunjung :»

    ReplyDelete
  4. blog racun gan -_-

    *brb ngurus cuti ke Tidung

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayuk ke tidung .... Ngak pake cuti bisa lho, kan brkt sabtu balik minggu hehehe.

      Delete
  5. Mau ke Pulau Tidung lg ga sobat?
    Yuk bareng Kami.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mauuuuu tapi gratissss hehehehe :)

      Delete
  6. keren perjalanan wisata dan foto2nya.ke pulau tidung memang sangat mengasyikan.Salam kenal dari pulau tidung gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih dah mampir, salam kenal juga :)

      Delete
  7. asli gak pernah kepikiran mau ke pulau 1000..tapi gara2 lihat ini blog jd pengen ksana..semoga akhir maret pas long weekend bisa ksana :D

    ReplyDelete
  8. artikel yang di buat keren.......

    salam kenal cumilebay.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih dah sudi singgah di blog yang sederhana ini :)

      Delete
  9. klo ke tidung beli tiket kapalnya gimana si om?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Langsung aja ke pelabuhan muara angke, bayar diatas kapal. Tinggal nanya mana kapal ke tidung :)

      Delete
  10. Nais share gan, 26-27 Juni ini mau ke sana

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semangat .... Selamat berlibur :-)

      Delete
  11. berarti saya ga gaul... hiks hiks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo ngak gaul, yaaa mari kita gauli hahaha. Tp dirimu kan dah muterin dunia yg lain #envy

      Delete
  12. Jembatan cinta Pulau Tidung sudah selesai di perbaiki.
    Sekedar info buat yang mau berkunjung ke tidung..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih info nya, semoga makin rame pariwisata disana ;-)

      Delete
  13. pulau tidung memanglah menawan dan mempesona

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terus di jaga kebersihan, keindahan nya agar makin banyak kunjungan kesana ;-)

      Delete
  14. duuh di p.tidung jd pengen tidung #ngasal :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. cuss segera berangkat, btw mbak imel tinggal dimana ???

      Delete
    2. msh di kota pahlawan cakbro, yukk klo mudik kpn2 ketemuan :)

      Delete
    3. Ayuk ayuk ... kita kopdar sambil makan sego bebek koyok'e enak. Sby endi awakmu ???

      Delete
    4. mas gak boleh 'ngomong jorok' disini, ntr yg lain pada ngiri loh...hihihi *melipir

      Delete
    5. Waduh .... Jorok yg mane nich ??? #kacau hahaha

      Delete
    6. ngomong jawa mksdnya,ntr byk yg gak ngerti :D

      Delete
    7. Hua hua hua saat nya kita kembali ke daerah. Ada google translate ;-)

      Delete
  15. wah teimakasih sudah memberikan liputan informasi mengenai pulau tidung agan admin salam sapa kami cv pulau seribu traveling

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai hai hai ... terima kasih dah mampir kesini :)

      Delete
  16. ahahahaha,,,,akhirnya nemu juga ni gambar...
    Alhamdulillah mski mabok kesampean jg ke tidung. kyknya ni pertama kaliny aku ikt trip lu y cum...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaa ... kenangan ngak terlupakan bersama orang ganteng yaaa :)

      Delete
  17. maluuu...udh brp thn di Jakarta aku blm prnh kesiniii...hiks...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waks .... Berarti ngak gaul dong haha. Btw mesti lompat dari jembatan cinta nya, seru gila ;-)

      Delete
    2. adain paket donk...

      Delete
  18. Replies
    1. Ayuk biar gaul ke tidung yaaa

      Delete
  19. sepertinya kalo ke Jakarta harus direncakan ke sana deh..pengin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kabari aja kalo ke jakarta, siapa tau kita bisa kopi darat jalan bareng

      Delete
  20. Baru disini saya secara ga sengaja melihat Pulau Tidung, .., hanya seperti pulau-pulau lainnya, tapi untuk refreshing keluar dari kesibukan Jakarta, masih pantas kesana

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya buat iseng2 liburan murah meriah kayak nya pas banget ke tidung ;-)

      Delete
  21. gan, sya mau penelitian untuk pengembangan wisata bahari dsana selama 3 bulan... salam kenal sama tambah teman selama disana....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal juga, tapi aku ngak tinggal disana lho hehehe. Ane tinggal di jakarta selatan, yuk kalo mau ketemuan di mall aja hehehe

      Delete
  22. Katanya sekarang uda banyak sampah, bener gak sih? :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waduh ngak paham, dah lama sekali ngak kesana. Tp jembatan nya kata nya dah bagus di beton ;-)

      Delete
  23. Kalu gw super gaul yak,,dah 3 kali kesana hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ah kamu mmg juara dech #angkatjempol

      Delete
  24. Tahun ni targetku Karimun Jawa dlu kak yg deket insyaallah thn dpn ke Tidung. Semoga masih tetep gauull meskipun bru thn dpn :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo ke karimun jangan lupa cek cuaca dan ombak, coz temen ku perna terkurung hampir seminggu disana karna cuaca jelek ngak bisa balik jepara dan itu sedih banget hahaha

      Delete
  25. Jembatan cintanya masih kayu :matabelo
    berasa daku anak modern karena jembatannya kini sudah dibetonisasi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wakssss iyesss kata nya jembatan sekarang dah beton

      Delete
  26. Mas Cumi...
    saya berarti sama sekali tidak gaul...aduh foto2nya keren abis...(bukan mas cumi yang keren ya..he he he)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo kamu ngak gaoul cusss segera di gauli hahahaha. Eh tapi daku juga keren kan ??? #nanyaserius

      Delete
  27. asli keren abis ini pantai pulau tidung. bagi yang masih jomblo juga cocok banget ini, bisa langsung jatuh cinta dengan tetjun dari jembatan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waduh kalo dah nemu cinta, jangan terjun dari jembatan yaaa hahaha

      Delete
  28. Kondisi sekarang Di tahun 2015 kayak apa makcum?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waduh blm perna kesana lagi, tp kata nya makin rame trus jembatan nya udah di beton bukan kayu

      Delete
  29. aku cintaaaa pulau tidung..terkahir ke sini tahun 2014 sebelum berangkat..perpisahan judulnya sebelum ke NY hehehe...dan seruuu snorkeling sekantor cobaaa....aaah, saya jadi rindu snorkeling dan diviiing cumiiiii...tanggung jawaab..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aih kalo pergi rame2 pasti seru yaaa, coba snorkling nya untuk sementara di atas salju aja dulu hehehe

      Delete
  30. Asikkkkkkk gue udah jadi anak G4hO3l bIn6itzzzzz~

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah yaaa gaul banget hua hua

      Delete
  31. blognya informatif banget, berisi tentang surga-surga yang ada di Indonesia
    nice gan, semoga blognya semakin maju, sukses, ramai, ammiinnn :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amien ..makasih makasih

      Delete
    2. om cumi lebay... adain dong ajak kopdar dan sekalian referensiin paket buat ke tidung,, sekalian nambah temen baru dan have fun bareng

      Delete
    3. Kalo cuman kopdar mah hayuk aja atuh. Kalo mau jalan2 juga hayuk, tinggal email ntar di sesuaiin jadwal nya.
      so kapan kita kemana ???

      Delete
  32. Seru nih kayaknya pegi kesini rame-rame..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yap, liburan mmg paling kece kalo rame2

      Delete
  33. Diriku telat banget nih.... Baru mau ada rencana ke tidungnya sekarang :D. Sebelumnya kudu intip dulu donk ensiklopedia jalan2 yaitu blognya cumilebay hehehe btw di jurnal ini tulisan mas cum msh normal ye... Blm bertaburan hesteg hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini pertama kali ngeblog masih takut2 dan masih memegang aturan. tapi kelamaan kok yaa bukan diri gw. So mari kita jadi diri sendiri yg lebay hahaha

      Delete
  34. pulau tidung memang asik :3 aku pernah kesana sekali

    ReplyDelete
  35. Replies
    1. Jadi kangen tidung, dah lama ngak kesana

      Delete
  36. Aduh aku sudah lama sekali gak ke pulau ini. Baca postingan ini jadi membawa nostalgia jaman baheula main-main kesana pas masih sepi tentunya. Sesepi hatimu #Eh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahahaa ... aku kesini dulu juga zaman masih sepi banget tapi kmrn agustus 2016 baru balik lagi piknik manja ke tidung

      Delete
  37. warna airnya bisa sampek kayak gitu ya.. seger banget @.@

    ReplyDelete

- Silahkan Tinggalkan Komen Yang Merangsang. Siapa Tau Kita Berjodoh, Nanti Aku Juga Kunjungi Kamu, Iyaaa Kamuuuuu

- Mau Ngobrol2 Seputar Dunia Nyata & Khayalan atau Kerjasama ??? Bisa Email ke toro2305@gmail.com


Jangan lupa follow IG & Twitter : @CumilebayCom

Best Regards
@CumilebayCom
toro2305@gmail.com