Dadakan ke Sempu

Begitu Indahnya Karunia Allah
Pulau Sempu merupakan sebuah pulau kecil di selatan jawa timur, masuk di Kec Sumber Manjing Wetan, Kab Malang Jawa Timur Indonesia. Merupakan sebuah cagar alam yg luas sekitar 877 Hektar. Pulau ini dapat di tempuh dari Pantai Sendang Biru dengan mengunakan perahu rakyat yg banyak berjejer di sepanjang pantai sendang biru. Pulau ini tidak berpenduduk, kebanyakan berupa hutan mangrove.
Pantai Sendang Biru
Yang paling ngetop di pulau sempu dan wajib di kunjungi adalah SEGARA ANAKAN,  jadi ada semacam danau di dalam pulau, berpasir putih dengan air payau. Di danau ini ada tebing berlubang yg menghubungkan antara danau dengan laut selatan. Sehingga deburan ombak dari laut bisa masuk ke danau ini melalui celah lubang tersebut.
Pantai Pasir Panjang
Untuk mencapai segara anakan, kita harus menyewa perahu dari pantai sendang biru biaya nya sekitar Rp. 100.000,- pp. Kita akan di turunkan di teluk semut, dari teluk semut ini kita akan jalan kaki sekitar 1 jam perjalanan, nanti setelah itu kita akan temukan segara anakan yg begitu keren. 

Untuk masuk ke kawasan cagar alam Sempu kita wajib mendapat ijin dari petugas cagar alam. Berupa surat yg ada tanda tangan dll untuk diserahkan ke tukang perahu yg mengantar kita ke sempu. Perijinan ini agak sedikit ribet dan banyak merepotkan tapi saat kami kesana semua nya lancar saat uang berwarna biru itu kami sisipkan di buku tamu hahahhaha. 
Teluk Semut
Dibalik Tebing Itu Lautan
It's About The Journey, Not The Destination
Perjalanan kali ini dadakan tanpa persiapan, iseng sms an sama anie, akhir nya jalan. Kebetulan mmg posisi lagi di gresik, pagi itu nyamperin anie trus berangkat bawa mobil jam 7 pagi. Kami jalan ber 4 (gw, tomy, anie, afan). sampai sendang biru sekitar jam 10 siang, lgs nyebrang ke sempu untuk menuju segara anak.
Sore sekitar jam 3 an kami dah balik lagi ke sendang biru, sengaja kami tidak menginap. Kedatangan kami hanya pinggin tau aja seperti apa itu segara anakan sendang biru yg kata nya sungguh indah  tapi mmg keren + bagus banget asli nya. 
Mesti Trekking
Selain segara anakan yg terkenal itu, sempu juga memiliki pantai2 yg cukup bersih dan berpasir putih. Yaitu Pantai Kembar I, Pantai Kembar II serta Pantai Pasir Panjang. Tapi diantara ke 3 nya yg sangat menarik yaitu Pantai Pasir panjang karna pasir nya halus dan banyak batu karang besar2 di sekitar pantai.
Perjalanan dari surabaya sungguh mudah di capai, ambil rute sby-pasuruan-malang-turen-sendang biru. Banyak penunjuk jalan dan juga orang2 disana sungguh ramah kalo di tanya arah dan juga semua tau arah ke sendang biru.

8 comments:

  1. Anonymous11:10:00

    cumi .. ajak aku kesini

    ReplyDelete
  2. mas, sbnrnya aku penasaran ama bbrp akun di twitter yg suka marah2 sendiri tiap baca artikel ttg CA Sempu. emgnya kenapa sih kalo ada org yg nulis ttg keindahan Sempu..Takut bgt org2 di luaran sana dtg dan merusak Sempu ya? Aku jd segan gitu kalo mw nulis2 ttg yg begini.. Serem dihujat ;p

    Tapi bukannya dgn adanya pengunjung bisa bantu perekonomian masy di sana ya? Kalo ttg menjaga alam dan lingkungannya, itu kan emg kewajiban para turis dan masy di sana utk jaga.

    Yg bikin aku heran, itu slh satu akun twitter yg ngomel2 ttg Sempu, bilang bgini,

    ['Aplg kl traveling cm cari tempat yg "hidden" & "virgin". Ntar begitu elu promosiin trus banyak yg kesana & rusak gmn? Mau tanggung jwb?']

    [Kl gitu sih sm aja kayak elu pamerin foto tmn elu trus kl ada yg suka & deketin dia tp akhirnya tmn elu disakitin, elu akan bilang hal yg sma]

    [Gue kan cm promosiin aja krn gue mau elu bahagia, soal yg deketin elu ternyata nyakitin ya bukan salah gue." Gitu? Mehh! -_______-"]

    aku tunggu trus apa solusi yg bakal dia kasih.. Tapi ga ada...cuma ampe sgitu.. Jadi intinya CA Sempu ato apaun itu ga perlu dilirik, didatangin apalagi dipeduliin ya mksdnya?? tutp mata aja gitu ama sesuatu yg indah dan eksotis. DIsamain ama temen yg disakiti lgi..beda kali konteksnya.. ..

    Hihihii..jd kelepasan nulis ;p.. abis heran mas..


    ReplyDelete
    Replies
    1. Inti nya sech kesadaran kita untuk ikut melestarikan alam. Yang kejadian dengan sempu itu sama kayak ranu kumbolo kmrn yaitu banyak nya sampah. Tapi kalo semua wisatawan yg datang ikut serta menjaga kebersihan dan kelestarian nya mungkin ngak bakalan kayak gitu.

      Trus orang yg ngoceh2 di twiter itu mau eksis aja kali yaaa, sekarang banyak yg berkoar2 tapi tanpa tindakan nyata. So mulailah dari diri kita sendiri aja yaa hahaha

      Delete
  3. mantap mas cumi...iyalah mulai skrg mulailah sampah adalah masalah saya bukan masalah tkg sampah...dijamin smua bersih krn tiap individu udah beberes masing2....rencana aku mau kesini nih mas...eeeeh mertua mau ikut...kira2 gmn ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ajak aja, kalo bisa jalan nya pagi hari biar bisa santai2. Trus rencana disana mau nenda ????

      Delete
  4. Aku masih ingat lubang yang ada di sempu itu. :)
    Keren banget. :D

    ReplyDelete

- Silahkan Tinggalkan Komen Yang Merangsang. Siapa Tau Kita Berjodoh, Nanti Aku Juga Kunjungi Kamu, Iyaaa Kamuuuuu

- Mau Ngobrol2 Seputar Dunia Nyata & Khayalan atau Kerjasama ??? Bisa Email ke toro2305@gmail.com


Jangan lupa follow IG & Twitter : @CumilebayCom

Best Regards
@CumilebayCom
toro2305@gmail.com