Batu Besar di Tanjung Papuma

Batu Besar ini Jadi Maskot Papuma
Tanjung Papuma ini merupakan singkatan dari Pasir Putih Malikan, sementara kata Tanjung sendiri merupakan gambaran dari posisi pantai yg agak menjorok ke barat daya. Lokasi nya bukan hanya berupa pantai tapi juga 50 heaktar hutan yg di kelola oleh perhutani.
Lokasi nya terletak di Kec. Ambulu Jember Jawa Timur Indonesia. Sekitar 37 km dari kota Jember, dideket pantai ini terdapat pantai dengan nama Watu Ulo, yaitu ada sebuah batu panjang yg bentuk nya seperti ular. Pantai ini sebenarnya 1 paket dengan papuma karna lokasi nya bersebelahan. Tapi nama jalan yg menuju ke papuma di beri nama Jl. Watu Ulo. Jadi kebanyakan orang akan sangat familliar dengan sebutan watu ulo.

Perjalanan kami kesini merupakan perjalanan menyusui sebagian jatim yaitu BaluranKawah IjenBromoMadakaripura. Dan Pantai Papuma menempati urutan ke 3 setelah kita cabut dari Ijen bondowoso jam 8 pagi. Sampai di papuma sekitar jam 3 sore. Perjalanan yg lumayan menguras tenaga  meskipun kita bawa mobil sendiri karna hanya saya yg menyetir dan sebagai navigator sedangkan yg lain enak tidur dalam perjalanan tp lumayan gw ngak ikut patungan so perjalanan gratis hahahaha.
Pantai ini gampang banget di cari, hampir semua orang di sepanjang jalan bondowoso - jember tau arah pantai ini. Kebetulan kami bertanya di sebuah warung di kota bondowoso. Dan di tunjukan jalan arah menuju jember tanpa muter2. Dan saat memasukin kota jember juga begitu, petunjuk arah nya sangat mudah menuju pantai ini.
Papuma menawarkan banyak pesona, antara lain banyak nya batu2 besar yg berdiri kokoh di dekat pantai,  posisi nya menjorok kelaut sehingga keliatan seperti pulau. Keindahan batu2 itu bisa kita nikmati begitu indah nya dari atas bukit. 
Dari Papuma kita bisa menyebang ke pulau Nusa Barong, merupakan pulau kosong yg jarak nya sekitar 50 mill atau 4 jam perjalanan dengan perahu. Oh yaaa Pulau ini tidak perpenghuni dan agak keramat menurut nelayan setempat sehingga jarang sekali nelayan yg mau mengantarkan kesana. tapi panorama yg mmg keren banget kata masyarakat setempat.

Pantai Papuma ini merupakan andalan wisata kabupaten jember,  dan merupakan surga bagi wisatawan
It's About The Journey, Not The Destination

11 comments:

  1. waksss udah sampe Papuma aja om Cumi, aku yg orang JAwa Timur malah belon pernah T_T

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku yoo wong jawatimur lho hehehe

      Delete
    2. pemandangannya masih alami betul !

      Delete
  2. hmmmmm...jadi kalo nyupir PP, ga ush ikutan patungan ya...:D adil...adil... ;p Btw, kamu kayaknya udah kliling Indonesia ya mas... Kota mana sih yang belum pernah kamu dtgin?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahah ... kebetulan aku suka banget road trip, karena banyak banget yg bisa di lihat dan dirasakan. Dan dengan jadi sopir maka kita punya kelebihan menentukan tujuan, waktu + mengatur segala nya, oleh karen aitu wajar kalo gratissss hahaha, syukur2 dapat untung :)

      Delete
  3. Nice blog mas....sy akan ke Papuma by oktober akhir ini....eh explore dan nemu blog mu ini....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo lanjutkan petualangan mu hehe. Jangan lupa sekalian ke ijen ;-)

      Delete
  4. sumpah aku baru tahu kalau ada pantai papuma. Ah terlalu cuper aku.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jadi kapan kamu kesini kak ??? hahaha

      Delete
  5. Dari Bondowoso ke Jember emang ga bakal pake muter-muter Mas Cum, lha wong jalannya emang cuma itu aja. Ha..ha..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaha ... aku muterin hati aja :-)

      Delete

- Silahkan Tinggalkan Komen Yang Merangsang. Siapa Tau Kita Berjodoh, Nanti Aku Juga Kunjungi Kamu, Iyaaa Kamuuuuu

- Mau Ngobrol2 Seputar Dunia Nyata & Khayalan atau Kerjasama ??? Bisa Email ke toro2305@gmail.com


Jangan lupa follow IG & Twitter : @CumilebayCom

Best Regards
@CumilebayCom
toro2305@gmail.com