Keramahan Warga Curug Cigangsa

Air Terjun nya Mengoda
Curug Cigangsa terletak di Desa Batusuhunan/Pasiripis Kec Surade Sukabumi Bagian Selatan Jawa Barat Indonesia, atau sekitar 22km sebelum Ujung Genteng. Lokasi nya kalo dari jakarta kita akan melewati pertigaan tugu surade, di pertigaan itu nanti belok kanan trus mengikuti jalan, tinggal tanya penduduk setempat karna lokasi nya ngak jauh dari jalan raya pasar tersebut.

Mesti Menyebrangi Sungai
It's About The Journey, Not The Destination
Mobil hanya parkir di perkampungan warga, setelah itu di lanjut jalan kaki melewati sawah2 teras siring. Di lanjut kita akan menyebrang sungai kecil sekitar 7 meter, nah aliran air curug cigangsa ini dari sungai yg kita seberangi. Jadi posisi kita dari atas akan turun ke bawah untuk sampai ke curug nya.
Jalan kaki dari parkiran rumah warga ke air terjun nya sekitar 15 menit dengan pemandangan yg sangat asri dan hijau persawahan. Curug ini terdiri dari 2 tingkat dan air nya tidak begitu besar karna debit air nya di pengaruhi oleh irigasi diatas nya. Kalo irigasi nya di buka maka debet nya akan besar.
Sawah Teras Siring Yang Menghijau
Kebetulan waktu kami datang kesana, saat musim hujan sehingga air nya meluap. Kami dibantu penduduk setempat untuk sampai ke air terjun nya. Kebetulan di pinggir sungai sedang ada gotong royong pembangunan jalan menuju air terjun sehingga nanti nya wisatawan tidak perlu lagi menyebrang sungai untuk sampai ke air terjun nya.
Antara Sawah Dan Sungai
Saat kami balik dari air terjun nya ternyata hujan turun lumayan deras, masyarakat yg awal nya bergotong royong akhir nya teriak2 menyuruh kita cepet2 balik menyebrang sungai karna di takutkan irigasi di ujung sungai di buka dan air akan meluap sehingga kita nanti nya ngak bisa menyebrang.
Deras Mengalir

Terima kasih sekali buat ibu2 bapak2 adek2 yg telah membantu kami dengan selamat sampai kembali ke parkiran, plus dapat makanan yg di berikan ibu2 yg harus nya buat peserta gotong royong, meskipun itu berupa singkong rebus, pisang goreng tp kebaikan itu yg harus tetep kita hargai. Indah nya berbagi yaaaa hahahahha. Mari kita lanjut perjalanan ke Curug Cikaso.
Aliran nya Deras

24 comments:

  1. Anonymous23:48:00

    keren air terjun nya

    ReplyDelete
  2. Makasih dah berkunjung

    ReplyDelete
  3. Anonymous11:12:00

    tidak sempet mampir waktu ke ujung genteng.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sayang sekali, mesti mengulang nich ke UG nya hahaha

      Delete
  4. Sangat bermanfaat,krn jarang yang menuliskan komplit situasi ke Curug Cigangsa,terimakasih

    ReplyDelete
  5. info yang sangat bermanfaat,jarang yang menulis dengan komplit,plus foto lagi,luarbiasa,terimakasih

    ReplyDelete
  6. Sudah menjadi tugas kita bersama untuk ikut serta mempromosikan pariwisata, sebagai wujud rasa syukur kita atas kerunia Allah.

    Btw thanks dah berkunjung di blog ku

    ReplyDelete
  7. kok gue tdk kesini waktu ke ug !!!! dimana nya mas cum

    ReplyDelete
  8. Jadi ingat ditawarin makan ama ibu2 disini.

    ReplyDelete
  9. @nuniek : lw buru2 balik takut macet
    @makjo : yap, pepes peda + singkong rebus juara nya

    ReplyDelete
  10. air terjun di indonesia itu emg keren2 ya...bntuknya macem2... ^o^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener sekali, bawaannya pingin nyebur aja kalo dah liat seger nya air terjun :)

      Delete
  11. Thanks infonya bermanfaat banget....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama2 makasih sudah berkunjung ke cumilebay

      Delete
    2. Sayang banget kmren tgl 8 ane satronin tuh curug keadaan aer nya lg kering, tapi tetep salut sma pemandangan curug cigangsa, keringnnya aja bagus, gmna kalo airnya lg banyak yaaa.....
      Kapan2 ane mao ksana lg pas lg musim hujan.....:-)

      Delete
    3. Padahal musim hujan yaaa, harusnya masih deras debit airnya. Tp cigangsa mmg keren ...

      Delete
  12. Ini sob artikel lengkap tentang Curug Cigangsa :)

    http://inisukabumi.blogspot.com/2014/02/curug-cigangsa-kecamatan-surade-sukabumi.html

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siap kakak, nanti di kunjungi :-)

      Delete
  13. 3 kali ke UG belom pernah ke curug cigangsa :D,
    minta info nya dong harga tiket masuk nya berapa? apa sama kaya curug cikaso. makasi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waktu kami kesana cuman bayar 5000 untuk parkir dan sumbangan suka rela buat bangun jalan. Tp ngak tau lagi kalo sekarang yaaa

      Delete
  14. jadi pengen ke curug cigangsa lagi. .

    ReplyDelete
    Replies
    1. Berangkat ... mandi curug seger banget

      Delete
  15. Indahnyaaa, semoga terjaga terus kealamiannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amien ... semoga ngak ada tangan2 jahil juga :-)

      Delete

- Silahkan Tinggalkan Komen Yang Merangsang. Siapa Tau Kita Berjodoh, Nanti Aku Juga Kunjungi Kamu, Iyaaa Kamuuuuu

- Mau Ngobrol2 Seputar Dunia Nyata & Khayalan atau Kerjasama ??? Bisa Email ke toro2305@gmail.com


Jangan lupa follow IG & Twitter : @CumilebayCom

Best Regards
@CumilebayCom
toro2305@gmail.com